Business Insight

7 Strategi Pemasaran Online yang Belum Banyak Diketahui

By Jordhi Farhansyah on February, 19 2022
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Sama halnya dengan jualan offline, berjualan secara digital pun butuh strategi pemasaran online. Hanya saja, strategi pemasaran untuk jualan online ini harus lebih menitikberatkan pada dunia digital. Sehingga wajar jika banyak pemilik UMKM yang belum memahaminya. Untuk itu, berikut ini strategi pemasaran online yang bisa Anda terapkan agar jualan Anda jadi lebih laris.


7 Strategi Pemasaran Online 

Strategi pemasaran online 2

1. Buat konten promosi

Dalam dunia digital, konten adalah segalanya. Pemasaran konten ini bisa dilakukan dalam media gambar, video, audio, dan tulisan. Pada awalnya Anda bisa membuat konten berisi pengenalan bisnis dan produk Anda. Setelah itu, Anda bisa membuat berbagai konten yang sesuai dengan tren, tentunya dengan gaya yang selaras dengan identitas dan value bisnis Anda.

Untuk meningkatkan brand awareness, Anda bisa unggah konten-konten ini ke semua halaman media sosial Anda. Inilah mengapa media sosial memegang peranan penting dalam strategi pemasaran online. Sebab, media sosial merupakan jembatan yang dapat menghubungkan Anda langsung ke target pasar Anda. 

Baca juga: Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi

2. Maksimalkan Search Engine Optimization (SEO)

Strategi pemasaran online 3

Strategi pemasaran online berikutnya adalah SEO. Semua orang mencari sesuatu di internet dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Agar brand Anda mudah ditemukan dalam pencarian ini, pastikan konten-konten Anda sudah menganut kaidah-kaidah SEO yang baik. Konten ini bisa berupa artikel dan video, karena dua konten inilah yang selalu muncul di hasil pencarian Google. 

Caranya adalah dengan menambahkan kata kunci tertentu pada judul, isi artikel, deskripsi, dan meta description. Jika sudah memuat kata-kata kunci tersebut, maka Google akan lebih mudah untuk merekomendasikan konten Anda pada hasil pencarian. 

3. Buat website yang baik

Strategi pemasaran online membutuhkan website yang bisa diakses oleh target pasar Anda. Website ini bisa berisi informasi perusahaan, katalog produk, blog, dan lain sebagainya. Gunanya website adalah untuk menciptakan digital presence yang membuktikan bahwa bisnis Anda memang benar-benar eksis di jagat maya. 

Jangan lupa untuk selalu update bagian Blog pada dengan konten-konten yang ramah SEO untuk meningkatkan traffic menuju website Anda. Dengan demikian, Anda akan jadi lebih mudah untuk mengkonversi pengunjung website menjadi pembeli. 

4. Jalankan affiliate marketing

Affiliate marketing adalah cara jualan online yang cukup sering dilakukan di era digital ini. Anda bisa mengajak kerja sama para content creator atau influencer untuk bantu memasarkan produk Anda. Untuk itu, yang perlu Anda lakukan adalah membuat kode referral unik untuk setiap influencer yang Anda ajak kolaborasi. 

Jika terjadi penjualan yang menggunakan menggunakan kode referral tersebut, maka Anda bisa membagikan sebagian keuntungan kepada influencer tersebut. Mudah bukan?

Baca juga: Pengertian Marketing Plan untuk Bisnis dan Cara Membuatnya

5. Gunakan layakan iklan Pay Per Click (PPC)

Anda juga bisa memanfaatkan layanan iklan yang disediakan oleh platform seperti Instagram Ads, Google Ads, atau Facebook Ads. 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat materi iklan terlebih dahulu. Kemudian, siapkan budget yang akan digunakan untuk menayangkan iklan tersebut. Setelah itu, unggah materi iklan tersebut ke ketiga platform tersebut. Anda akan dibebankan biaya untuk setiap pengunjung yang klik iklan Anda. 

6. Terapkan Search Engine Marketing (SEM)

Untuk melengkapi strategi SEO dan PPC, Anda juga bisa menerapkan SEM. SEO yang baik bisa menempatkan konten Anda pada halaman hasil pencarian dan SEM bisa bantu memastikan bahwa konten Anda berada di urutan teratas. Jadi, produk Anda akan jadi lebih mudah ditemukan. 

7. Sebar email promosi

Strategi pemasaran online 4

Strategi pemasaran online berikutnya adalah sebar email. Email blast sangat berguna untuk berinteraksi langsung dengan target pasar Anda. Tentunya untuk itu Anda membutuhkan alamat email sebanyak-banyaknya. Caranya adalah dengan memberikan potongan harga sekian persen bagi siapa saja yang mau mendaftarkan alamat email-nya.

Inilah mengapa website sangat penting dalam jualan online karena bisa dijadikan sarana mengumpulkan alamat email pembeli. Email blast ini bisa berupa newsletter atau informasi promo khusus bagi pelanggan yang telah subscribe newsletter Anda.

Baca juga: Panduan Digital Marketing dan Social Media Ads untuk Bisnis F&B


Itu dia strategi pemasaran online yang bisa bantu jualan online Anda jadi lebih laris. Dalam dunia digital, inilah cara jualan online yang paling efektif. Tak perlu risau jika Anda kurang memahaminya, karena segalanya bisa dipelajari di internet. 

Untuk memaksimalkan jualan online Anda, maka Anda akan membutuhkan sebuah aplikasi kasir dengan beragam fungsi, tidak hanya mencatat transaksi dengan tepat. Untuk itu, Anda bisa gunakan Moka POS. 

Moka POS dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat memudahkan operasional bisnis Anda seperti Inventory Management, Loyalty Program, hingga akses pembuatan toko online. Jadi, apa pun bisnis Anda, pastikan Moka POS aplikasi kasirnya!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia