Business Insight

8 Strategi Jualan Online untuk Usaha Agar Unggul di Online Commerce

By Jordhi Farhansyah on May, 28 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

8 Strategi Jualan Online untuk Usaha Agar Unggul di Online Commerce - Meski terkesan mudah, berjualan secara online juga membutuhkan strategi yang jitu. Selama ini mungkin Anda mengira bahwa berjualan secara online bisa langsung mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Tentu saja, selama Anda tahu bagaimana cara meramu strategi jualan online untuk usaha Anda.

Bagaimana tidak, berjualan online berarti Anda akan dihadapkan pada persaingan yang sangat ketat sehingga Anda harus mencari cara agar usaha Anda bisa unggul di kancah online commerce. Tak perlu risau, karena artikel ini akan banyak berbagi strategi jualan online untuk usaha Anda. Berikut ini 8 strategi agar toko Anda unggul di online commerce!

8 Strategi Jualan Online untuk Usaha Agar Unggul di Online Commerce

beli online - keranjang - 8 Strategi Jualan Online untuk Usaha Agar Unggul di Online Commerce

1. Buat nama toko yang menarik dan mudah diingat

Mau toko Anda unggul di online commerce? Pemilihan nama toko adalah strategi jualan online untuk usaha yang pertama. Nama adalah identitas, sesuatu yang membedakan Anda dari para kompetitor. Nama juga bisa menjadi media branding untuk menampilkan kualitas terbaik dari toko Anda. 

Dalam memilih nama toko, Anda bisa mulai dari barang atau jasa apa saja yang ingin Anda jual. Tak ada salahnya untuk memilih nama yang sejalan dengan produk Anda.

Misalnya, Anda ingin menjual perlengkapan audio di online commerce. Maka Anda bisa menggunakan nama seperti Gudang Audio, Raja Speaker, Toko Audio Murah, dan lain sebagainya. Selain nama ini mudah diingat, tetapi juga sejalan dengan produk-produk yang dicari oleh pembeli sehingga kemungkinan toko Anda ditemukan jadi lebih besar.

Baca juga: Strategi Promosi Penjualan Toko Online untuk Pebisnis Pemula

2. Beri nama produk dengan rumus khusus

Sekali lagi, pemberian nama yang tepat adalah strategi yang harus dimiliki oleh setiap pemilik toko online. Jika Anda sudah memilih nama toko, maka selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah penulisan nama produk pada toko online Anda. Untuk itu, Anda bisa gunakan rumus jenis produk+merek produk+keterangan khusus. Mengapa?

Faktanya, pengguna online commerce lebih banyak yang menuliskan jenis produk dalam kolom pencarian pada saat berbelanja. Jadi, dengan menaruh jenis produk di depan, produk Anda bisa lebih mudah muncul di hasil pencarian. Sebagai contoh, toko Anda menjual beragam jenis pakaian olahraga dengan berbagai merek, yang salah satunya adalah UrbanWear.

Maka penamaan produk yang tepat adalah Celana Training UrbanWear Black. Celana training adalah jenis produk, UrbanWear adalah merek produk, Black adalah keterangan warna dari produk tersebut. Dengan demikian, konsumen bisa lebih cepat menemukan produk Anda dan juga lebih mudah memahami produk yang Anda tawarkan.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan

3. Gunakan logo sebagai identitas

Selain nama, penggunaan logo juga bisa membuat toko online Anda lebih mudah dikenali oleh konsumen, terlebih konsumen setia. Nama toko bisa diduplikasi oleh seller lain, tapi logo yang unik bisa membantu toko Anda lebih menonjol dibanding yang lainnya. Ini adalah strategi jualan online dasar yang harus Anda pahami sejak awal.

Jika Anda belum bisa membuat logo sendiri tak perlu khawatir, karena Anda bisa mencari banyak sekali pekerja lepas atau freelancer yang mampu untuk membuatkan logo sesuai dengan budget Anda.

Hanya saja, pastikan Anda membuka ruang diskusi dengan pembuat desain logo, karena pertukaran ide antara Anda dan desainer bisa menghasilkan logo yang paling tepat supaya toko Anda unggul di online commerce.

Bagaimana, sudah mempraktikkan strategi jualan online untuk usaha yang satu ini?

Baca juga: Desain Logo Toko Online Penting untuk Bisnis, Mengapa?

4. Deskripsi produk yang jelas

Penamaan produk yang tepat bisa mengundang konsumen untuk mengklik produk Anda, tapi deskripsi produk lah yang mendorong mereka mengambil keputusan untuk membeli atau tidak membeli produk Anda.

Tak hanya itu, deskripsi produk yang jelas juga bisa memastikan kepuasan pelanggan dan mencegah retur dari pembeli. Untuk itu, Anda harus tahu tips membuat deskripsi produk yang baik.

Pertama, tuliskan deskripsi produk selengkap mungkin. Cantumkan spesifikasi dari produk Anda sedetail mungkin agar pembaca bisa langsung mengetahui apakah produk Anda sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau tidak.

Kedua, Anda bisa berikan informasi tambahan seperti kondisi barang, ketersediaan stok, garansi, aturan pengiriman, dan disclaimer.

Ketiga, gunakan bahasa yang sederhana dan to the point. Jadi, pembaca tidak kebingungan saat membaca deskripsi produk Anda. 

5. Gunakan foto asli dengan resolusi tinggi

Saat ini banyak pemilik toko online yang menggunakan foto produk hasil pencarian di internet atau foto produk yang terlalu “iklan”. Memang tak ada salahnya, tapi hal ini justru menampilkan kesan kurang orisinil. Alih-alih memikat pembeli, foto-foto tersebut justru membuat pembeli ragu.

Nah, agar toko Anda unggul di online commerce, strategi jualan online untuk usaha yang bisa digunakan adalah sediakan waktu, biaya, dan tenaga untuk melangsungkan sesi pemotretan produk Anda. Gunanya adalah untuk menampilkan kesan bahwa produk Anda memang otentik dan kondisinya bisa dipertanggungjawabkan. Inilah yang seringkali membuat pembeli lebih mempercayai foto hasil review pembeli lainnya daripada foto produk dari seller

6. Ramah dan cepat dalam menjawab pertanyaan pelanggan

Meskipun deskripsi produk sudah ditulis secara jelas dan sederhana, tetap saja ada calon pembeli yang mengajukan pertanyaan. Umumnya, pertanyaan ini seputar ketersediaan barang, ketersediaan varian produk, atau produk apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Artinya, mereka sebetulnya sudah ingin membeli produk Anda, dan hanya membutuhkan sedikit informasi tambahan untuk bantu mereka memutuskan.

Maka dari itu, Anda harus sigap dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan. Jika Anda terlalu lama dalam menjawabnya, konsumen bisa dengan mudah berubah pikiran. Tak lupa, gunakan tata bahasa yang ramah dan hindari kalimat penolakan.

Perasaan senang ketika dilayani dengan baik juga bisa semakin mendorong calon pembeli untuk menyelesaikan transaksi dengan lebih cepat.

7. Pastikan toko dapat ditemukan dengan mudah di internet

Salah satu strategi jualan online untuk usaha di kala pandemi adalah dengan meningkatkan visibilitas di kalangan pembeli. Seperti yang diketahui, angka penjualan online selama pandemi mengalami peningkatan hingga 15 persen. Artinya, jumlah pembeli mengalami peningkatan, yang akan berpengaruh pada meningkatnya jumlah penjual juga. 

Untuk itu, agar toko Anda unggul di online commerce, terutama di antara para pesaing, Anda harus meningkatkan online presence toko online Anda. Caranya bisa dengan menjalankan campaign di media sosial atau membuat website agar bisa berinteraksi langsung dengan pembeli. Lebih mudahnya lagi, Anda bisa menggunakan layanan GoStore, lho!

GoStore adalah platform dari Gojek yang dapat digunakan untuk membuat website toko online dan dapat diakses dari Back Office Moka. Anda pun bisa menghubungkan website toko online Anda dengan Facebook Shops, Instagram Shop, dan Google Shopping sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak pembeli. Untuk informasi lebih lanjut tentang keunggulan dari GoStore, Anda bisa klik di sini.

Baca juga: Bikin Website Toko Online GoStore dan Nikmati Promo Gratis Ongkir!

8. Berikan apresiasi kepada loyal customer 

Apresiasi kepada loyal customer adalah strategi untuk menjaga hubungan baik dengan mereka. Meskipun berjualan secara online, keberadaan loyal customer juga mampu menjaga angka penjualan Anda.

Bahkan, pelanggan setia juga lebih aktif merekomendasikan toko Anda ke orang-orang terdekatnya. Dengan demikian, jumlah pembeli toko online Anda bisa terus berkembang dari waktu ke waktu. 

Anda bisa membuat serangkaian promo menarik bagi para pelanggan setia Anda. Cara ini akan lebih mudah dilakukan jika Anda menggunakan fitur Customer Relation Management (CRM) Pro dari Moka POS

Tahukah Anda, dengan mengaktifkan fitur CRM Pro, Anda berpotensi untuk meningkatkan jumlah transaksi dan pelanggan per bulan hingga 48%! Bagaimana bisa?

Ya, fitur ini akan membantu Anda lebih dekat dengan para pelanggan setia karena sistem Moka POS dapat menganalisis para pelanggan Anda, misalnya, produk apa yang paling mereka suka.

Kemudian, Anda pun juga bisa menginformasikan beragam promo-promo menarik agar para pelanggan tak ketinggalan info paling baru. Menarik, bukan?

Itu dia 8 strategi agar toko online Anda unggul di online commerce. Dengan memanfaatkan strategi jualan online yang tepat, Anda tentu bisa meraih kesuksesan di era digital ini. Tentu saja, GoStore dan Moka siap sedia untuk mendukung bisnis Anda!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia