Business Insight

Mengapa Stock Opname Bisnis Retail Penting untuk Usaha Anda?

By Samina Sharanani on May, 13 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Mengapa Stock Opname Bisnis Retail Penting untuk Usaha Anda? - Sebelum menjalani bisnis ritel, pastikan terlebih dahulu Anda paham cara menghitung stok barang yang Anda miliki dengan gunakan stock opname. Namun, apa sih sebetulnya stock opname itu? 

Stock opname adalah kegiatan di mana Anda menghitung stok yang masih ada di gudang sebelum diletakan di rak-rak toko untuk dijual. Jika kegiatan ini terlihat akan membutuhkan waktu yang banyak, jangan terintimidasi! Selain pergunakan waktu sebaik mungkin, Anda juga dapat menggunakan bantuan barcode, lho. 

Selain membantu memotong waktu, barcode juga akan mengurangi kesalahan dalam pencatatan dan perhitungan stok barang yang Anda miliki. 

Baca juga: Apa Itu Stock Opname dan Mengapa Penting untuk Bisnis? 

Kapan Harus Stock Opname

Pentingnya Stock Opname Bisnis Retail (2) (1)

Tidak ada satu waktu yang sangat tepat untuk menghitung persediaan produk Anda. Tetapi bukan berarti Anda dapat melakukannya selama lima tahun sekali. Buatlah jadwal rutin yang tepat untuk bisnis Anda dan sesuaikan dengan stock opname yang akan Anda gunakan.

 Ada tiga jenis stock opname yang Anda bisa gunakan yaitu daily stock taking, annual stock taking, dan periodic Stock taking.

Daily stock taking, di mana pegawai bisnis yang ditugaskan untuk melakukan kegiatan ini memastikan persediaan barang yang ada sama dengan yang tertulis di laporan – membuat data tersebut bersifat aktual. 

Jika Anda memiliki toko kelontong atau minimarket di mana setiap harinya selalu ada barang yang terjual, daily stock taking merupakan jenis stock opname yang dapat Anda gunakan. 

Baca juga: Bagaimana Cara Stock Opname yang Benar dan Efisien? 

Annual stock taking, jenis stock opname yang cocok digunakan pada bisnis dengan gudang besar berisi barang yang bersifat tahan lama dalam kuantitas besar, dilakukan setiap satu tahun sekali.

Kegiatan ini dilakukan setiap penghujung tahun atau saat penutupan laporan keuangan tahunan untuk mengetahui apakah produk yang ada masih layak jual atau tidak pada tahun berikutnya. 

Selain itu, ada juga periodic stock taking di mana Anda lakukan stock opname setiap tiga atau empat bulan sekali yang cocok diterapkan oleh bisnis kecil. 

Apa pun jenis stock opname yang Anda kira cocok untuk digunakan dalam bisnis Anda, pastikan jadwal yang tetap untuk melakukannya dan taatilah agar Anda dan semua pegawai terbiasa dengan jadwal tersebut. 

Baca juga: 25 Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan 2021 

Walaupun terlihat seperti kegiatan yang akan memakan waktu banyak, melakukan stock opname secara rutin akan membawa banyak manfaat pada bisnis retail Anda. Apa saja?


3 Manfaat Stock Opname Bisnis Retail

1. Menjaga Ketersediaan Barang

Pentingnya Stock Opname Bisnis Retail (4) (1)

Bagaimana Anda dapat memastikan kuantitas serta kualitas barang yang dimiliki bisnis retail Anda jika tidak dihitung? Jawabannya simpel, tidak akan bisa. Penjadwalan stock opname secara rutin adalah satu-satunya cara Anda dapat mengetahui hal tersebut.

Baca juga: 7 Tips Mengelola Bahan Baku Selama Ramadan 

2. Monitor Pergerakan Stok di Berbagai Outlet 

Pentingnya Stock Opname Bisnis Retail (3) (1)

Pernahkan Anda pergi ke toko lain untuk membeli sebuah barang karena di lokasi sebelumnya out of stock? Nah, pegawai di toko sebelumnya mengetahui barang yang Anda ingin beli ada di tempat lain karena bisnis tersebut melakukan stock opname untuk mengetahui jumlah stok di berbagai outlet. 

Selain dapat menguntungkan konsumen, bisnis retail Anda juga dapat memiliki manfaat dari hal tersebut karena Anda dapat secara langsung menghitung pergerakan jumlah stok barang di sejumlah outlet bisnis Anda. 

3. Mencegah Terjadinya Tumpukan Deadstock 

Pentingnya Stock Opname Bisnis Retail (5) (1)

Sama seperti barang yang tergeletak di laci bertahun-tahun tanpa digunakan, produk yang sudah tidak layak dijual akan menjadi sampah yang dapat merugikan bisnis retail Anda. 

Tanpa melakukan stock opname secara rutin, Anda tidak akan mengetahui jumlah  produk yang dimiliki sehingga membuat quality control serta proses restock barang tidak efektif karena Anda tidak mengetahui jumlah serta barang apa saja yang tidak diperlukan atau diperlukan. 


Bagaimana Moka POS Dapat Membantu Bisnis Retail Anda?

Pentingnya Stock Opname Bisnis Retail (1) (1)

Untuk memudahkan bisnis retail Anda dalam melakukan stock opname, fitur Inventory Management di aplikasi Moka dapat membantu secara real-time untuk mencatat produk yang masuk-keluar secara akurat. 

Jangan khawatir, karena Moka menggunakan teknologi cloud, Anda dapat secara langsung mengakses berapa jumlah stok yang tersedia secara online dengan laporan yang tersaji secara komprehensif dan mudah untuk dimengerti. 

Selain itu, Moka juga sudah mendukung penggunaan barcode scanner yang akan membantu Anda untuk mempercepat proses checkout dan stock opname, terutama jika Anda memiliki jumlah barang dalam jumlah banyak.

Baca juga: Apa Itu Cloud Kitchen dan Bagaimana Trennya Tahun Ini? 

Kemudian, sebagai aplikasi kasir digital, Moka pun juga telah mendukung banyak bisnis retail lokal dengan tidak hanya membantu dalam Inventory Management, tetapi juga dalam menyajikan data seperti produk terlaris, pelanggan terloyal, waktu paling ramai, dan masih banyak lagi. 

Jadi, tunggu apa lagi? Rasakan keuntungan menggunakan Moka untuk bisnis retail Anda!

Aplikasi Kasir Moka POS untuk Coffee Shop

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia