Moka Logo
Split Payment adalah Pembagian Cara Bayar, Ini Pengertian Lengkapnya

Tips Bisnis

Split Payment adalah Pembagian Cara Bayar, Ini Pengertian Lengkapnya

3 min
JordhiJordhi

Split Payment adalah Pembagian Cara Bayar, Ini Pengertian Lengkapnya – Sekarang ini, metode pembayaran online sudah semakin beragam jenis dan caranya. Salah satu yang terbaru adalah metode pembayaran split payment. Apa itu split payment?

Singkatnya, split payment adalah metode pembagian cara bayar, dengan menggunakan lebih dari satu cara atau sumber. Sebagai informasi, metode split payment ini kini sudah banyak diterapkan di berbagai platform yang memfasilitasi pembayaran digital, seperti e-commerce. Untuk menemukan penjelasan lengkap tentang split payment serta keuntungannya untuk usaha Anda, ayo simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Dengan Digiresto, Anda Bisa Terima Pesanan dan Pembayaran Online Lewat WhatsApp


Split Payment adalah Cara Bayar dari Berbagai Sumber 

Split Payment adalah cara bayar yang memudahkan 5

Pengertian split payment adalah pembayaran secara terpisah. Dalam pengertian jual beli, split payment berarti membayar harga suatu barang atau jasa dengan berbagai metode atau sumber pembayaran. Adapun metode split payment muncul karena adanya pertimbangan bahwa di masa sekarang ini, kita cenderung memiliki lebih dari satu rekening atau dompet digital.

Misalnya, kita ingin membayar sebuah produk senilai Rp100 ribu. Dengan menggunakan metode split payment, kita bisa memecah pembayaran tersebut menjadi Rp70 ribu dari transfer menggunakan rekening A, lalu sisa Rp30 ribunya kita bayarkan menggunakan saldo GoPay.


Split Payment adalah Cara Pembayaran Menguntungkan

Split Payment adalah cara bayar yang memudahkan 3

Dengan menggunakan split payment, baik penjual maupun pembeli akan sama-sama mendapatkan manfaat. Bagaimana penjelasan lengkapnya?

1. Keuntungan Split Payment untuk Pembeli:

1.1 Mudah mengatur keuangan 

Mengingat ada banyak opsi menyimpan uang digital, kerap kali kita sudah mempunyai alokasi tertentu di setiap rekening atau dompet digital. Saat uang Anda di rekening A kurang mencukupi untuk membayar barang, Anda bisa memenuhinya dengan split payment menggunakan rekening A dan rekening B.

1.2 Bisa cicil sebagian 

JIka Anda memiliki kartu kredit, Anda bisa menggunakan split payment untuk mencicil sebagian harga barang. Sebagai contoh, Anda ingin membeli ponsel seharga Rp1,5 juta. Namun, uang yang Anda miliki hanya Rp800 ribu. Mengingat bahwa Anda memiliki kartu kredit, maka Anda bisa membayar sisa Rp700 ribu dengan cara mencicil. Dengan metode split payment ini, Anda bisa mendapatkan barang impian tanpa cicilan yang berlebih.

1.3 Dapat membeli barang impian

Ya, dengan adanya metode split payment, pembeli tentunya akan merasakan kemudahan untuk melakukan pembayaran. Pembeli tidak harus membayar harga total di depan, melainkan bisa mencicil sebagian harganya. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan barang impian.

1.4 Patungan bersama teman 

Pembayaran dengan metode split payment juga bisa dilakukan dari rekening teman atau keluarga Anda, asalkan mereka setuju untuk melakukan pembagian pembayaran ini. Metode patungan ini biasa digunakan dalam acara makan-makan atau kumpul-kumpul bersama teman atau membeli barang yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Baca juga: Transaksi Lebih Mudah, Ini Cara Terima Pembayaran lewat OVO di Backoffice Moka


2. Keuntungan Split Payment untuk Penjual:

2.1 Meningkatkan angka penjualan

Kemudahan metode pembayaran split payment jelas akan memudahkan pembeli dalam bertransaksi. Jika Anda menyediakan opsi pembayaran ini, tentu muncul potensi peningkatan penjualan produk Anda. Jadi, mulai sekarang Anda bisa mempertimbangkan, bahkan mengaktifkan fitur split payment, ya!

2.2 Menambah jaringan reseller atau distributor

Banyak dari pebisnis online shop yang menerapkan metode pembayaran split payment dengan para mitranya. Jelas untuk para reseller, menggunakan metode pembayaran split payment bisa sangat memudahkan proses bisnis antara kedua belah pihak.


Contoh Penerapan Split Payment

Split Payment adalah cara bayar yang memudahkan 4

1. Contoh dari sisi pembeli

Bapak Budi bekerja sebagai karyawan swasta di Jakarta. Saat ini, Pak Budi sedang membutuhkan laptop baru untuk mobilitas sehari-harinya. Namun melihat keuangan dari Pak Budi, rasanya belum memungkinkan bagi dirinya untuk membeli laptop secara cash.

Setelah melihat-lihat ke beberapa merek dan toko, akhirnya Pak Budi pun menemukan dealer yang memiliki metode pembayaran untuk membantunya untuk membeli laptop itu.

Toko itu menawarkan metode pembayaran dengan split payment ke Pak Budi, sehingga laptop seharga 10 juta rupiah pun dapat dimiliki Pak Budi dengan membayar cash di awal sebesar 2 juta rupiah dan 8 juta lagi dicicil dalam jangka waktu yang sudah disepakati.

2. Contoh dari sisi penjual

Ibu Marni adalah seorang penjual smartphone di e-commerce. Akhir-akhir ini penjualannya menurun, sehingga Ibu Marni mencari cara agar penjualannya dapat kembali naik. Akhirnya, Ibu Marni menemukan cara bahwa split payment bisa jadi metode pembayaran baru yang dapat ditawarkan ke konsumen.

Dengan adanya metode split payment, penjualan Ibu Marni pun berangsur membaik. Hal ini terjadi karena kemudahan yang diberikan kepada konsumen untuk pembelian smartphone. Konsumen tidak harus membayar secara keseluruhan, tetapi bisa membayar dalam dua bagian, yaitu dengan cash dan sisanya dapat dibayarkan secara kredit dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Revolusi Sistem Pembayaran di Era Ekonomi Digital


Bagaimana penjelasan dan contoh dari split payment? Metode pembayaran split payment adalah cara yang sangat mudah dan solutif, bukan? Ya, jika dijalankan dengan benar bersama penyedia kredit yang tepat, split payment tentunya dapat bermanfaat baik bagi penjual maupun pembeli.

Selain menghadirkan metode pembayaran yang memudahkan, sebagai pengusaha, Anda jelas membutuhkan aplikasi point of sale yang mumpuni. Di sinilah Moka POS hadir untuk membantu memudahkan dan mengembangkan bisnis Anda, lewat berbagai fitur lengkapnya.

Salah satu fitur yang menarik dari Moka POS adalah metode pembayaran e-wallet. Jadi, Anda dapat menerima pembayaran dari berbagai e-wallet, tanpa harus menambahkan alat dan biaya. Mudah!

Yuk, kembangkan usaha Anda sekarang juga dan pelajari lebih lanjut tentang Moka POS di sini.

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka