Moka Logo
Smoked Garage Bali: Dari Bengkel Rumahan sampai Bengkel Elite

Cerita Sukses

Smoked Garage Bali: Dari Bengkel Rumahan sampai Bengkel Elite

4 min
SaminaSamina

Smoked Garage Bali: Dari Bengkel Rumahan sampai Bengkel Elite – Motor sudah menjadi kendaraan andalan bagi masyarakat Indonesia. Selain lebih affordable dibanding harus membeli mobil, alat transportasi ini pun dapat melaju lebih cepat.

Dengan desain motor yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil, membuat para pengendaranya bisa mencari celah di tengah kemacetan.

Motor sendiri memiliki beberapa jenisnya, mulai dari motor biasa hingga motor sport yang selalu menjadi idaman para pria.

Namun, tak jarang beberapa pengguna kendaraan kurang puas dengan model motor yang mereka beli. Memodifikasi motor sering menjadi jalan keluar bagi mereka yang ingin membuat motor mereka terlihat lebih “tampan”.

Downlod E-Book: Strategi Instagram untuk Bisnis Lebih Maksimal 2019

Bagian yang dimodifikasi pun ada banyak pilihan tergantung si empunya motor. Mulai dari ban dan velg agar terlihat lebih keren hingga knalpot agar memiliki suara yang lebih macho.

Di Indonesia sendiri sudah banyak pengusaha bengkel yang menawarkan perbaikan atau modifikasi motor, mulai dari bengkel kecil sampai bengkel besar dengan teknologi yang mutakhir.

Salah satu bengkel motor yang cukup terkenal di Bali adalah Smoked Garage Bali. Tak hanya di Bali, nama Smoked Garage Bali pun sudah cukup dikenal oleh para pencinta motor seantero Indonesia.

Penasaran dengan kisah bisnis bengkel motor yang sangat terkenal di Pulau Dewata ini? Yuk, simak!

Smoked Garage Bali: Dari Bengkel Rumahan sampai Bengkel Elite

Usaha Bengkel Smoked Garage Bali (3)

Semua bisnis pasti memiliki sejarah mereka masing-masing, di mana ceritanya menggambarkan bagaimana seseorang memulai usaha mereka.

Mulai dari brainstorm ide-ide bisnis yang bisa dijalankan, hingga kisah yang sangat menginspirasi dan menjadikan bisnis kecil bisa menjadi besar.

Smoked Garage Bali salah satunya! Usaha bengkel motor ini juga memiliki sejarah yang tak kalah menarik dan inspiratif.

Perjalanan usaha dari Smoked Garage sendiri diawali dengan proses brainstorm. Semua pemikiran, perencanaan, sampai suatu mimpi untuk membangun usaha ini dimulai oleh seseorang.

Nicko Eigert adalah sosok yang memulai ide bisnis bengkel ini. Semangat untuk membuka usaha ini muncul ketika ia membuat scooter yang dimodifikasinya sendiri di tahun 2004.

Baca juga: Butuh Pemasukan Tambahan? Usaha Bengkel Las Solusinya!

Sejak itu, keinginannya untuk membuka bengkel pun mulai ia rintis. Dengan berbekal beberapa peralatan dan onderdil yang ada, Nicko Eigert pun mengawali bisnis di rumahnya sendiri.

Walaupun barang-barang yang ia miliki sebelumnya tidak cukup untuk membuka bisnis bengkel, Nicko Eigert tidak menyerah.

Passion terhadap dunia otomotif dan kegigihan mengisi semangatnya untuk membangun sebuah bisnis bengkel yang sudah menjadi tempat modifikasi motor terbaik di Indonesia.

Awalnya Smoked Garage Bali adalah sebuah bengkel tradisional di mana para pekerjanya harus bekerja ekstra untuk memotong dan membentuk bagian dari motor yang dimodifikasi.

Bahkan, beberapa dari mereka tak jarang terkena cipratan oli dari lantai yang sudah digenangi oli. Sekarang, bengkel yang berbasis di Kuta ini telah berubah menjadi tempat yang tidak hanya memberikan servis perbaikan.

Namun, juga menyediakan juga galeri dari spareparts dan onderdil yang mutakhir dengan beragam model mulai dari gaya vintage sampai dengan model-model terbaru yang modern.

Selain itu, Smoked Garage Bali juga menyediakan bagian-bagian motor yang dibuat oleh mereka sendiri atau DIY beserta dengan ban motor sampai apparel yang dirancang secara authentic oleh bengkel ini.


Ide Kreatif Lahirkan Desain Motor yang Macho

Sejak dimulainya bisnis ini pada 2004, Smoked Garage Bali sudah berhasil memproduksi beberapa project modifikasi motor yang bisa membuat para penggila motor iri.

Desain dari motor-motor yang telah dimodifikasi terlihat sangat keren dan cocok bagi para kolektor motor yang eksotis.

Salah satu desain modifikasi mereka bernama Mr. Bond. Seperti namanya, model motor yang satu ini akan membuat pengendaranya merasa seperti berada dalam scene film James Bond.

Baca juga: Usaha Bengkel Motor, Meraup Untung Berbekal Keahlian

Dengan desain retro klasik, motor Honda 1978 CB 160 yang mesinnya dimodifikasi menjadi 200cc membuat motor ini tidak hanya terlihat keren, tetapi memiliki kekuatan yang dapat membuat si pengendara bisa melaju lebih cepat dengan gaya seperti karakter Mr. Bond.

Ide-ide kreatif dari Smoked Garage tidak berhenti di situ saja. Di tahun 2018, bisnis ini bersama dengan salah satu perusahaan motor tertua di dunia, Royal Enfield, berkolaborasi untuk mengeluarkan modifikasi motor mereka yang dinamai “SG-411 Himalayan”.

Diambil dari model motor “Himalayan” dari Royal Enfield sendiri, jenis modifikasi yang satu ini dikhususkan bagi mereka dengan jiwa petualang yang tinggi.

Dengan desain-desain yang keren dan macho, tarif yang diberikan kepada para pelanggan pun tidak sedikit.

Jika biasanya Anda pergi ke bengkel biasa hanya diminta beberapa ratus ribu saja, motor customized yang sudah dimodifikasi oleh bengkel ini bernilai sekitar Rp250 juta hingga Rp1 miliar.

Namun, dengan harga seperti itu, para pelanggan yang sudah menggunakan jasa Smoked Garage Bali tidak pernah mengeluh karena kualitas, desain, dan performance dari produk-produk yang mereka telah hasilkan sesuai dengan price tag-nya.


Kesuksesan Usaha Bengkel Berawal dari 2 Hal Ini

Usaha Bengkel Smoked Garage Bali (1)

Dalam menjalani bisnis bengkel ini, ada dua hal yang selalu ditanamkan dalam Smoked Garage Bali, yakni

1. Selalu percaya dengan proses

Memang dalam memulai suatu bisnis akan selalu ada beberapa halangan yang membuat seseorang ragu untuk melangkah ke depan.

Baca juga: Pentingnya Konten Kreatif untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Bahkan, tantangan dan rintangan pasti akan terbentang dan membuat seseorang jatuh dalam berbisnis. Namun, seperti yang dilakukan oleh Nicko, dengan modal material seadanya dan tekad yang kuat, ia berani mengambil langkah untuk memulai bisnis bengkel yang sekarang sudah menghasilkan puluhan juta rupiah ke dalam kantongnya.

2. Fokus pada apa yang dilakukan

Banyak hal yang membuat para pelaku bisnis kehilangan fokus seperti keraguan atau godaan yang lainnya.

Namun, jika Anda selalu fokus kepada satu tujuan dalam menjalankan usaha tanpa memedulikan “badai” yang datang, kesuksesan sudah pasti ada di tangan Anda.


Peran Moka dalam Menjalani Bisnis Bengkel Smoked Garage

Usaha Bengkel Smoked Garage Bali (4)

Selain dari dua tips di atas, kesuksesan Smoked Garage Bali juga dibantu dengan adanya aplikasi aksir Moka.

Proses modifikasi motor membutuhkan waktu dan energi yang banyak sehingga seringkali para pekerja di bengkel ini tidak memiliki waktu untuk mengurus transaksi, menghitung jumlah pemasukan, juga pengeluaran.

Namun, setelah aplikasi kasir Moka hadir di Smoked Garage, proses transaksi bisa dilakukan dengan mudah.

Ditambah lagi, fitur easy transaction process membuat para pelanggan yang datang bisa membayar via e-wallet seperti Dana dan OVO, atau menggunakan mobile banking dengan fitur electronic data capture (EDC) hanya dengan scan kode bar yang telah disediakan.

Selain itu, Moka menyediakan data laporan dari penjualan dan pengeluaran dengan lengkap, beserta dengan layout yang simpel dan dapat dipahami dengan mudah. Jadi, tidak perlu menghitung lagi dengan kalkulator.

Terakhir, bisnis ini pun sangat diuntungkan dengan adanya fitur loyalty program di mana Smoked Garage dapat mengakses data pelanggan yang sering menggunakan jasa mereka.

Baca juga: Menjawab Kebutuhan Para Merchant, Moka Luncurkan Fitur Loyalty Program

Nantinya dari data tersebut, Smoked Garage Bali dapat memberikan reward dalam bentuk apapun kepada pelanggannya. Aplikasi kasir Moka sangat mendukung kesuksesan Smoked Garage Bali menjalankan bisnisnya.

Melihat kisah bisnis bengkel Smoked Garage Bali yang dimulai dari bengkel rumahan, hingga akhirnya bisa menjadi bengkel elite, dapat dipelajari bahwa determination dan passion adalah dua hal terpenting dalam menjalani suatu bisnis.

Nah, setelah membaca kisah inspiratif Nicko Eigert dalam memajukan Smoked Garage Bali, apakah Anda juga terinspirasi untuk membuka usaha bengkel di tempat Anda?

Bisnis apapun yang Anda jalani, Moka siap menyukseskan bisnis Anda! Yuk, kunjungi halaman berikut ini untuk info lebih lanjut atau klik tombol di bawah ini untuk mencoba beragam layanan fitur dari Moka, gratis selama 14 hari! Tunggu apa lagi?

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.