Moka Logo
5 Skill Penting untuk Pebisnis Perempuan Agar Sukses dalam Bisnis

Tips Bisnis

5 Skill Penting untuk Pebisnis Perempuan Agar Sukses dalam Bisnis

2 min
JordhiJordhi

Di zaman sekarang, sudah seharusnya seorang perempuan memiliki kesempatan serta akses yang setara dengan laki-laki. Dengan semangat tersebut, kini makin banyak perempuan yang sukses berkarier di bidangnya masing-masing bahkan hingga mencapai posisi sebagai CEO, Founder, dan posisi lainnya yang tak kalah tinggi.

Perempuan pun banyak yang sukses membangun bisnis, bahkan di usia muda. Ini semakin menunjukkan bahwa semakin tidak ada jarak antara perempuan dengan laki-laki. Apalagi ini sejalan dengan semangat International Women’s Day yang dirayakan setiap 8 Maret, yakni sebuah gerakan yang diinisiasikan perempuan untuk memperjuangkan hak-hak mereka.

Baca Juga: Teladani 3 Sikap Kartini agar Sukses bagi Pebisnis Perempuan

Untuk itu melalui artikel ini, Moka akan memberikan beberapa tips bagi para perempuan yang ingin sukses di dunia bisnis. Apa saja yang Anda butuhkan? Yuk, simak artikelnya berikut ini.

 

1. Punya visi yang jelas

skill pebisnis perempuan

Salah satu aspek paling penting saat Anda hendak membangun bisnis adalah memiliki visi atau pandangan yang jelas. Misalnya, Anda perlu menentukan jenis bisnis apa yang akan Anda lakukan dan beri alasan kenapa bisnis Anda memiliki potensi untuk sukses ke depannya. Apakah Anda memiliki goal tertentu, misalnya akan jadi apa bisnis Anda selama lima tahun ke depan, berapa banyak karyawan dan pelanggan Anda, dan lain sebagainya. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, bisnis Anda akan memiliki peluang untuk sukses yang lebih besar.

 

2. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik

skill pebisnis perempuan

Ini adalah salah satu kemampuan dasar yang kerap disepelekan tapi sangat penting. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, Anda bisa berbicara dengan siapa pun meski berbeda jabatan. Orang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dapat menyesuaikan dengan siapa ia berbicara, misalnya pada atasan, karyawan, atau bahkan dengan rekan bisnis. Kemampuan ini juga penting untuk Anda menjalin relasi dengan para stakeholder lain.

 

3. Kemampuan analisis yang baik

skill pebisnis perempuan

Sebagai pebisnis, Anda harus memiliki kemampuan analisis yang baik untuk menentukan langkah-langkah yang Anda akan ambil. Karena itu, langkah yang Anda ambil bukan semata-mata hanya karena insting, melainkan dengan memperhitungkannya secara matang. Kemampuan memecahkan masalah hanyalah salah satu dari sebagian kemampuan yang harus bisa Anda kuasai. Anda harus bisa beradaptasi dengan kondisi-kondisi baru yang belum pernah Anda hadapi, agar bisnis Anda terus berinovasi dan bertahan hingga waktu yang lama.

 

4. Jadilah seorang marketer yang baik

skill pebisnis perempuan

Biasanya, bisnis bisa sukses berkat strategi pemasaran yang sudah dijalankan dengan matang. Jadi, pastikan Anda memiliki rencana yang efektif untuk memasarkan bisnis Anda. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan channel marketing sebanyak mungkin. Misalnya dengan media sosial, email, website, billboard, dan lain sebagainya.

 

5. Mengikuti perkembangan zaman

skill pebisnis perempuan

Dengan perkembangan teknologi, yang dulunya tidak mungkin sekarang menjadi mungkin. Dunia bisnis pun berputar dengan cepat. Kata orang, data adalah “mata uang” terbaru di dunia bisnis. Anggapan ini ada benarnya, karena semakin banyak data yang Anda dapat, Anda akan semakin yakin dalam membuat keputusan bisnis. Ini adalah contoh bagaimana teknologi dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Misalnya, dari data yang dihasilkan, konsumen Anda sebagian besar adalah remaja, Anda bisa membuat strategi marketing dikhususkan untuk para remaja-remaja ini. Target market Anda sudah pasti, tinggal mempersempitnya lagi menjadi remaja yang seperti apa yang ingin Anda tuju.

Baca Juga: Ide Bisnis Paling Menarik bagi Perempuan dan Ibu Rumah Tangga di 2019

Itulah 5 hal yang harus Anda miliki agar kamu bisa menjadi pebisnis perempuan yang sukses. Apapun bisnis yang Anda jalani, asalkan Anda menyiapkannya dengan baik, didukung dengan data-data yang kuat, serta memiliki goal yang jelas, bukan tidak mungkin Anda menjadi pebisnis sukses selanjutnya. Jadi, selamat mencoba ya, girls!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka