Business Insight

Securities Crowdfunding: Pengertian, Syarat, Keuntungan bagi Bisnis

By Jordhi Farhansyah on August, 19 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Securities Crowdfunding: Pengertian, Syarat, Keuntungan bagi Bisnis - Sebagai pemilik bisnis, salah satu komponen yang paling penting adalah modal. Dengan modal yang cukup, Anda bisa mengembangkan bisnis jadi lebih besar lagi sekaligus memastikan Anda memiliki cukup dana sebagai biaya operasional awal bisnis Anda.

Namun, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, akses permodalan menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM.

Melihat permasalahan itu, pemerintah hadir untuk memfasilitasi pelaku UMKM dengan mereka yang siap untuk menggelontorkan dana agar bertemu di satu program, yaitu securities crowdfunding. Program dengan syarat yang lebih mudah serta dapat menjangkau berbagai pelosok daerah karena semuanya menggunakan sistem online

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial


Apa Itu Securities Crowdfunding?

securities crowdfunding untuk bisnis dan umkm (3)

Securities crowdfunding adalah metode pengumpulan dana yang dilakukan oleh para pemilik modal dengan cara patungan, dan bertujuan untuk memberikan pembiayaan modal bagi pemilik UMKM.

Biasanya, pembiayaan yang dilakukan secara online melalui website atau aplikasi ini memungkinkan para pemilik modal untuk mendapatkan kepemilikan melalui saham, surat bukti kepemilikan utang atau obligasi, serta surat tanda kepemilikan bersama (sukuk). 

Dengan sistem securities crowdfunding, mempertemukan investor dan pihak yang membutuhkan dana sangatlah mudah karena dapat dipertemukan melalui suatu platform secara online. Keuntungan yang didapat investor dalam bentuk dividen atau bagi hasil dari keuntungan usaha yang dibagikan secara periodik. 

Sementara itu, para pelaku UMKM akan mendapatkan sumber dana untuk ekspansi bisnis atau untuk biaya operasional selama pandemi agar bisnisnya tetap berjalan hanya dengan kewajiban yang sangat ringan, yaitu dengan bagi hasil laba usaha.

Di dalam layanan securities crowdfunding, jangka waktu penawaran bisa mencapai 12 bulan untuk satu kali penawaran atau bisa juga beberapa kali penawaran.

Sebagai informasi, ada beberapa efek yang ditawarkan, antara lain efek bersifat ekuitas, utang, sukuk dengan nilai maksimal 10 miliar rupiah dan masa penawaran berlangsung 45 hari. Hal itu membuat tentu saja memperbanyak opsi bagi pengguna securities crowdfunding untuk memakai opsi yang terbaik bagi kedua belah pihak.

Securities crowdfunding sendiri sudah memiliki payung hukum yang jelas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diatur dalam peraturan OJK yakni POJK Nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi (Securities Crowdfunding).

Tentu saja dengan adanya payung hukum yang jelas, ini membuat para pemilik UMKM akan lebih tenang dalam mengambil keputusan untuk memakai sistem ini.

Baca juga: 8 Tips Memulai dan Mencari Modal untuk Usaha Warung Kopi


Syarat Securities Crowdfunding

dana - modal - uang - pendanaan - 7 Tips Agar Usaha Rumahan Makin Sukses Pasca COVID-19 - cara mengelola keuangan - 10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Syarat untuk mengikuti program ini sangatlah mudah untuk Anda ikuti, antara lain:

1. Merupakan perusahaan rintisan (start up) maupun UMKM dengan jumlah modal tidak lebih dari 30 miliar rupiah.

2. Bukan merupakan perusahaan terbuka.

3. Wajib menyerahkan dokumen kepada penyelenggara berupa akta pendirian, jenis dan jumlah efek yang ditawarkan, rencana bisnis dan proyeksi dari pendapatan ke depannya.

4. Penerbit wajib menyampaikan laporan keuangan.

Baca juga: 8 Alasan Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Ditolak


Keuntungan Securities Crowdfunding

securities crowdfunding untuk bisnis dan umkm (2)

Ada beberapa poin keuntungan yang bisa dirasakan langsung oleh perusahaan startup dan UMKM saat memutuskan untuk menggunakan securities crowdfunding sebagai opsi pendanaan usahanya, antara lain:

1. Tidak ada kewajiban agunan untuk mendapatkan pendanaan. Perusahaan penggalang dana hanya perlu untuk menawarkan saham di perusahaannya sebagai bentuk kompensasi terhadap investasi yang diberikan oleh investor. Dengan itu maka pihak investor akan mendapatkan keuntungan berupa pendapatan sesuai dengan besar saham yang diikutsertakan saat proses crowdfunding berlangsung.

2. Mudahnya untuk mengakses platform online pada layanan securities crowdfunding, Anda dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Dengan demikian, perusahaan dan investor dapat memantau update terbaru crowdfunding yang dilakukan.

Dua hal itu adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika memakai program securities crowdfunding untuk pendanaan bisnis Anda.

Moka lewat layanan Moka Capital juga bisa mendukung para pemilik bisnis untuk mendapatkan modal yang bisa dimanfaatkan untuk perkembangan bisnis, lho!

Moka Capital akan menghubungkan Anda dengan partner penyedia modal atau investor yang siap memberikan suntikan modal bagi bisnis Anda. Moka Capital memiliki 2 jenis layanan, yaknni Capital Lending dan Capital Investment dengan model equity crowfunding. Mana yang paling cocok untuk Anda? Temukan jawabannya pada halaman ini.

Yuk, manfaatkan pembiayaan modal agar bisnis Anda bisa lebih maju dengan pasti!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia