Ruko Roxy Mas, Tampilkan Kerajinan dan Tenunan Bernuansa Indonesia

Dilihat dari namanya, mungkin Anda tidak mengira kalau Ruko Roxy Mas adalah salah satu usaha anak muda Jakarta yang paling kreatif. Didirikan oleh Felicia Budi, Ruko Roxy Mas menawarkan karya-karya para pengrajin Indonesia yang memiliki nilai artistik yang sulit ditemukan pada produk-produk impor yang dibuat secara masif. Sehingga Anda bisa merasakan sentuhan personal pada barang-barang yang ada ditawarkan.

ruko roxy masFelicia, pemilik Ruko Roxy Mas saat ini

Bagaimana awal mula Ruko Roxy Mas berdiri?

Felicia Budi adalah seorang lulusan sekolah desain fashion yang punya passion kuat dalam bidang fashion dan kerajinan tangan. Sebelum mendirikan Ruko Roxy Mas, Felicia sendiri sudah pernah menjalankan bisnis di bidang fashion terlebih dahulu. Bisnisnya tersebut membawa Felicia berkeliling menemui pengrajin-pengrajin di beberapa daerah kawasan di Indonesia.

Sebelum mendirikan Ruko Roxy Mas, Felicia hanya menitipkan barang dagangan ke toko-toko fashion. Namun, hal ini ternyata memiliki kesulitan dari segi sumber daya.

Baca Juga: Tingkatkan Pendapatan Bisnis Kerajinan Anda dengan 3 Cara Berikut Ini

ruko roxy mas

“Fashion itu ‘kan industri. Ada deadline. Tapi kalau dengan pengrajin, menenun itu lebih seperti keseharian mereka. Bukan dijadikan sebagai industri. Bukan dijadikan mata pencaharian. Kadang cukup susah menemukan dua hal itu,”

Dari kondisi ini Felicia pun berinisiatif untuk mendirikan bisnis sendiri yang lebih fleksibel. Dengan demikian, ia tidak harus selalu kejar deadline. Para pengrajin pun bisa membuat karya-karya terbaiknya tanpa tekanan.

 

Bagaimana proses kreatif Felicia dalam membangun Ruko Roxy Mas?

Di atas kertas, Ruko Roxy Mas memang milik Felicia. Namun, produk dan proses kreatifnya dimulai dari kolaborasi antara Felicia, teman-temannya, dan para pengrajin. Jadi, Felicia tidak terlalu menganggap para pegawainya sebagai karyawan semata, namun sebagai kolaborator. Felicia juga menganggap para karyawannya sebagai konsumen, yang artinya ia selalu mendengarkan masukan, kritik, dan saran yang membangun.

ruko roxy masBeberapa produk kerajinan di Ruko Roxy Mas

Ruko Roxy Mas didesain bukan hanya sebagai toko, tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai event. Sehingga bisa dilihat kalau interiornya cukup unik. Misalnya, tembok yang bisa digeser dan tembok yang bisa dialihfungsikan jadi meja. Sehingga Ruko Roxy Mas lebih dari sekedar toko biasa, melainkan sebagai melting pot kegiatan-kegiatan kreatif.

Baca Juga: Cyclo Coffee & Apparel, Revolusi Bisnis Coffee Shop ke Restoran

 

Bagaimana Moka membantu Ruko Roxy Mas mengembangkan bisnis?

Sebelum mendirikan Ruko Roxy Mas, Felicia sudah terlebih dahulu mencari-cari sistem pembayaran digital. Kebetulan, teman Felicia yang memiliki bisnis butik menggunakan Moka. Temannya pun merekomendasikan Felicia untuk juga menggunakan aplikasi kasir ini. Setelah riset sendiri, Felicia akhirnya memutuskan untuk menggunakan Moka sebagai sistem perkasirannya. Meskipun sebelumnya belum pernah menggunakan sistem aplikasi kasir, Felicia mengaku tidak kesulitan untuk mengoperasikan Moka.

Baca Juga: All Caps Store Buktikan Seni Mural Memiliki Pasar

linkedin

Tags: Percaya Moka percayamoka