Moka Logo
Roasting Kopi adalah: Pengertian, Jenis dan Caranya

Tips Bisnis

Roasting Kopi adalah: Pengertian, Jenis dan Caranya

3 min
JordhiJordhi

Memahami proses roasting kopi adalah hal yang penting bagi seorang pengusaha keda kopi. tahap roasting turut pula menentukan cita rasa kopi yang dihasilkan. Jadi, apakah Anda sudah memahami pengertian, fungsi, dan cara roasting kopi yang benar? Tak perlu risau, berikut ulasan lengkapnya!

Pengertian Roasting Kopi adalah Sebagai Berikut

roasting kopi adalah 3

Roasting kopi adalah proses pemanggangan atau sangrai biji kopi yang masih mentah. Betul sekali, untuk mendapatkan cita rasa kopi yang khas tersebut biji kopi perlu melewati beberapa proses, salah satunya adalah proses pemanggangan terlebih dahulu.

Proses roasting kopi pun tidak mudah, karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, seperti suhu pemanggangan, lama waktu pemanggangan, teknik roasting, kelembapan, jumlah biji kopi yang dipanggang, hingga waktu pendinginannya. Inilah mengapa terkadang ditemukan sedikit perbedaan cita rasa pada setiap biji kopi yang dipanggang.

Tingkat kematangan roasting kopi adalah penentu cita rasa. Ada light, medium, dan dark. Pada tingkat light, biji kopi masih berwarna cerah. Karakteristik biji kopi dengan tingkat roasting light adalah lebih manis, lebih asam, dan ada cita rasa seperti kacang.

Karakteristik biji kopi roasting medium berwarna lebih gelap dengan cita rasa asam, nutty, dan manis yang seimbang. Sedangkan biji kopi hasil roasting dark berwarna paling gelap dengan cita rasa yang lebih kuat, pahit, dan ada sentuhan rasa coklat.

Baca juga: Ini Perbedaan Barista dan Bartender, Pemilik Kafe Pemula Wajib Paham!

Pentingnya Roasting Kopi 

Fungsi roasting kopi adalah untuk menghasilkan cita rasa khas kopi yang lebih lezat. Proses roasting kopi juga bisa bantu memunculkan cita rasa asli dari masing-masing biji kopi. Untuk bisa merasakan bagaimana keunikan dari setiap varian biji kopi dari setiap kawasan, baik Indonesia maupun mancanegara, maka setiap biji kopi harus dipanggang dengan tingkat roasting yang tepat.

Baca juga: Mau Usaha Kedai Kopi Anda Lebih Berhasil? Simak Tipsnya di Sini!

Cara Roasting Kopi yang Benar

roasting kopi adalah 2

Hal penting yang perlu diketahui lagi tentang roasting kopi adalah cara dan prosesnya. Proses roasting kopi bisa dilakukan dengan menggunakan mesin khusus ataupun menggunakan teknik tradisional. Bahkan, Anda pun juga bisa memanggang biji kopi dengan alat-alat yang tersedia di rumah.

Cara termudah untuk roasting kopi adalah dengan menggunakan mesin roaster kopi yang memang sudah khusus diciptakan untuk memanggang kopi dengan benar. Berikut cara roasting kopi dengan menggunakan mesin roaster kopi.

  1. Persiapkan biji kopi yang akan dipanggang.
  2. Nyalakan mesin roaster, lalu masukkan biji kopi yang masih mentah.
  3. Perhatikan proses roasting yang dilakukan oleh mesin roaster. Pastikan biji kopi teraduk secara merata agar seluruh biji kopi bisa matang sesuai dengan tingkatan yang Anda inginkan.
  4. Perhatikan perubahan warna pada biji kopi.
  5. Tunggu hingga sampai ada suara letupan pada biji kopi yang sedang dipanggang. Suara letupan ini menandakan bahwa biji kopi telah merekah, seperti popcorn. Letupan pertama roasting kopi adalah tanda biji kopi sudah memasuki tahap light roast. Letupan kedua menandakan biji kopi sudah mencapai tahap medium roast.
  6. Matikan mesin roaster jika tingkat roasting biji kopi sudah sesuai dengan keinginan Anda.
  7. Segera tuang biji kopi yang sudah dipanggang ke wadah khusus untuk mendinginkan dan menghentikan proses pemanggangan.
  8. Diamkan biji kopi yang sudah dipanggang selama beberapa jam untuk menghilangkan karbon dioksidanya.

Untuk menentukan tingkat roasting kopi yang tepat, pahami terlebih dahulu bagaimana cita rasa dari biji kopinya. Jika cita rasa biji kopinya cenderung floral dan ringan, maka Anda bisa memperkuat cita rasa tersebut dengan cara light roasting. Jika biji kopi tersebut bercita rasa manis dan beraroma karamel, maka Anda bisa memilih medium hingga dark roasting untuk semakin menonjolkan cita rasa karamel dari biji kopi tersebut.

Baca juga: Menjalani Bisnis Kedai Kopi Itu Sulit? Intip 5 Cara Mengembangkannya!

Itu dia pengertian, fungsi, dan cara roasting kopi. Dengan memahami hal-hal tersebut di atas, maka Anda sudah semakin siap untuk mulai menjalankan bisnis kedai kopi yang Anda impikan. Namun, satu hal lagi, pastikan kedai kopi Anda menggunakan aplikasi kasir terbaik seperti Moka POS.

Aplikasi kasir Moka POS sangatlah pas untuk bisnis kedai kopi karena sudah dilengkapi dengan berbagai fitur. Contohnya inventory management, table management, customer loyalty program, dan tentu saja pembayaran secara digital.

Moka POS juga bisa memproses transaksi dengan cepat dan tepat, kemudian memproses data-data transaksi tersebut menjadi sebuah laporan penjualan yang komprehensif dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja oleh Anda.

Jadi, pastikan kedai kopi Anda menggunakan aplikasi kasir terbaik, Moka POS!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka