Moka Logo
Rincian Lengkap Modal dan Persiapan Sebelum Buka Salon Rumahan

Tips Bisnis

Rincian Lengkap Modal dan Persiapan Sebelum Buka Salon Rumahan

4 min
SaminaSamina

Rincian Modal Salon Rumahan dan Hal yang Perlu Dipersiapkan – Seiring berkembangnya jaman, kebutuhan manusia pun semakin beragam. Bahkan tidak bisa dipungkiri, seiring meningkatnya status ekonomi masyarakat Indonesia, kebutuhan sekuder dan tersier pun bisa bergeser masuk ke daftar kebutuhan primer.

Gaya hidup dan tuntutan status sosial mendorong masyarakat ingin tampil sempurna. Salah satu yang menjadi sasaran untuk memenuhi hal tersebut adalah salon kecantikan.

Sekarang ini, salon pun tidak hanya sebagai tempat potong rambut, namun sudah berkembang dan bertranformasi menjadi sebuah wadah yang bisa memenuhi kebutuhan kecantikan dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Hal inilah yang menjadi fokus beberapa orang untuk berinvestasi di bisnis ini. Tidak perlu muluk-muluk dulu, bahkan tidak sedikit yang mau mencoba mulai dari salon rumahan.

Baca Juga: Hindari Salah Langkah, Ini 7 Tips dan Cara Memulai Usaha Salon Rumahan

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba bisnis salon rumahan atau bahkan sudah berniat untuk memulainya, Anda harus memperhatikan informasi rinci mengenai apa saja yang dibutuhkan.

Tentu, hal ini juga terkait dengan biaya yang akan Anda keluarkan untuk menjalankan bisnis ini. Anda harus lebih detail supaya bisa meraup keuntungan yang lebih di masa yang akan datang ketika bisnis Anda sudah berjalan lancar.


Pentingnya Membuat Rincian Modal Salon Rumahan

Mengenal Apa Itu Budget Plan dan Bagaimana Cara Membuatnya

Untuk menjalankan sebuah bisnis, Anda memang harus menyiapkan semuanya dengan matang. Itulah sebabnya sangat dibutuhkan perancangan bisnis sebelum Anda menjalankan usaha Anda.

Perancangan bisnis ini akan membantu Anda membangun salon rumahan yang Anda inginkan sehingga Anda akan paham dengan apa yang harus Anda lakukan.

Anda juga bisa tahu apa saja yang akan Anda butuhkan dan berapa total biaya yang akan Anda keluarkan. Dalam menyusun perancangan bisnis, Anda bisa memulainya dari poin-poin berikut ini:

1. Kenali terlebih dahulu target pasar Anda

rincian modal usaha salon rumahan

Sebelum memulai usaha salon, tentu Anda sudah tahu siapa saja target yang akan Anda sasar untuk bisnis ini. Misalkan, Anda ingin menargetkan ibu-ibu dan wanita muda di wilayah tempat tinggal Anda untuk menikmati jasa salon tersebut. Target pasar ini yang nantinya akan mempengaruhi ide salon yang akan Anda tampilkan.


2. Tentukan konsep salon yang ingin Anda usung

salon kecantikan - memilih aplikasi salon terbaik - perawatan - 12 Peluang Bisnis yang Menjanjikan Berdasarkan Shio pada 2020 - E-book Bocoran Peluang Bisnis F&B, Retail, dan Servis pada 2020

Setelah menentukan target pasar, Anda pun akan memiliki gambaran mengenai konsep salon yang akan Anda berikan untuk bisnis salon rumahan Anda.

Jika Anda tinggal di perumahan yang tergolong di menengah ke atas, dan para tetangga Anda memiliki pengahasilan di atas rata-rata, Anda bisa menampilkan konsep salon yang sedikit lebih berkelas namun tidak terlalu berlebihan. Anda akan membangun kepercayaan calon pelanggan Anda melalui konsep salon yang Anda tawarkan.

Namun, jika memang Anda tinggal di lingkungan dengan penduduk yang berpenghasilan rata-rata, Anda mungkin bisa mengusung konsep salon yang lebih sederhana namun tetap nyaman dikunjungi. Kembali lagi, konsep salon ini sangat berhubungan dengan target pasar bisnis Anda.

Baca Juga: Mengenal Konsep dan Kegunaan CRM dalam Berbisnis


Perancangan Bisnis Diperlukan Agar Tidak Kalah Saing

marketing plan - meeting

Mengingat banyaknya persaingan salon rumahan, perancangan bisnis sangat dibutuhkan untuk membantu Anda bersaing dengan para pesaing.

Perancanaan yang matang membuat Anda lebih siap untuk menghadapi segala risiko ke depannya. Kembali pada tujuan utama Anda dalam membuka bisnis, yakni untuk menghasilkan keuntungan, sehingga perancangan bisnis ini akan membantu Anda untuk meraup keuntungan yang Anda inginkan.

Meskipun persaingan di luar sana sangatlah ketat, dengan perancangan bisnis yang sudah Anda siapkan secara rinci, Anda akan bisa menjalankan bisnis Anda dengan lancar.


Rincian Modal Salon Rumahan

dana - modal - uang - pendanaan - arus kas bisnis - Pinjaman Modal Usaha Anda Ditolak - anggaran bisnis

Dalam perancangan bisnis usaha salon, hal yang sangat penting adalah modal usaha. Setelah Anda menentukan target pasar dan konsep yang akan Anda usung, Anda pun harus membuat daftar secara rinci terkait apa saja yang akan Anda butuhkan.

Hal tersebut yang akan menentukan berapa modal yang akan Anda keluarkan. Berikut ini perkiraan rincian modal untuk usaha salon rumahan Anda.

1. Lokasi dan perizinan

salon kecantikan - memilih aplikasi salon terbaik - perawatan (4)

Jika Anda ingin menggunakan bagian rumah Anda sebagai salon, tentu akan membantu Anda untuk menghemat biaya yang Anda keluarkan. Anda tinggal mengurus perijinan usaha supaya bisnis Anda berjalan lancar dan aman. Biaya perijinan kurang lebih akan membutuhkan biaya sebesar 7 juta rupiah.

Namun, jika Anda ingin menyewa tempat (tidak menggunakan rumah sendiri), tentu Anda harus menyiapkan biaya lebih besar, bergantung pada lokasi yang Anda pilih.


2. Peralatan salon

alat yang dibutuhkan untuk salon rumahan

Salon rumahan pun seharusnya tidak kalah dengan salon-salon yang ada di mall. Sehingga Anda harus melengkapi semua peralatan salon yang dibutuhkan. Hal ini juga untuk menumbuhkan tingkat kepercayaan dan kenyamanan pelanggan Anda.

Semakin lengkap peralatan salon Anda, semakin banyak pelanggan yang akan tertarik untuk datang. Rincian modal untuk peralatan salon ini kurang lebih sebesar 20 juta rupiah, tergantung merk dan jenis peralatan yang akan Anda beli.


3. Aktivitas operasional

bisnis salon kecantikan - Ini 4 Franchise Klinik Kecantikan yang Patut Anda Lirik

Anda tidak boleh melupakan yang satu ini. Biaya operasional juga wajib Anda cantumkan dalam rancangan bisnis Anda. Salon rumahan Anda tentu membutuhkan daya listrik yang cukup kuat untuk peralatan-peralatan yang Anda gunakan. Belum lagi juga kebutuhan air.

Biaya yang dibutuhkan untuk kebutuhan ini kurang lebih 2 juta rupiah per bulan, tergantung seberapa besar listrik dan air yang Anda gunakan.


4. Gaji karyawan

salon kecantikan - memilih aplikasi salon terbaik - perawatan (3)

Jika Anda membutuhkan tenaga tambahan, tentu Anda akan mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda. Poin ini juga tidak boleh luput dari perancanaan anggaran bisnis Anda. Harus ditentukan pula jumlah orang yang akan dipekerjakan untuk membantu Anda.

Gaji satu karyawan untuk salon rata-rata 1,5 juta rupiah perbulannya, bergantung pada ketetapan yang Anda buat.


5. Promosi

Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis - Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19

Sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan mulus tanpa promosi. Anda bisa memanfaatkan door-to-door concept atau bahkan kemajuan teknologi di era digital ini.

Untuk cara konvensional seperti door-to-door, mungkin Anda manfaatkan untuk meraih target ibu-ibu. Anda bisa menggunakan pamphlet untuk diberikan kepada calon pelanggan Anda.

Di sisi lain, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk membuat para pelanggan muda mampir ke salon Anda. Anda bisa gunakan fitur broadcast Whatsapp atau jika ingin lebih terlihat techy lagi, Anda bisa memanfaatkan Instagram.

Anda bisa menggunakan Instagram ads untuk mempromosikannya dengan mengatur lokasi dan usia yang Anda inginkan. Modal yang Anda butuhkan pun juga beragam sesuai dengan kebutuhan promosi Anda. Dengan menyusun beberapa hal tersebut, Anda pun bisa menjalankan bisnis salon rumahan Anda dengan lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Langkah Sukses dalam Membangun Bisnis Salon Kecantikan

Satu hal penting yang jangan Anda lupakan, sebelum menjalankan usaha salon rumahan, yuk pilih aplikasi salon terbaik untuk usaha Anda. Apakah itu? Apa lagi kalau bukan, aplikasi kasir Moka?

Dengan aplikasi salon ini, Anda dapat mencatat keuangan, mengelola inventaris, serta melakukan analisis penjualan yang komprehensif. Tertarik mencoba Moka? Yuk, dapatkan free trial 14 hari untuk membuktikan langsung bagaimana Moka dapat membantu usaha salon rumahan Anda berkembang!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.