Business Insight

Retailer adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis yang Perlu Dipahami

By Jordhi Farhansyah on September, 6 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Retailer adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis yang Perlu Dipahami - Kata retailer sudah pasti tidak asing bagi Anda yang sudah lama terjun di dunia bisnis. Namun, bagi Anda yang belum paham apa itu retailer, mungkin Anda akan langsung terbayang sebuah supermarket besar berisi barang-barang kebutuhan harian. Apakah hanya itu pengertian retailer? Mari temukan jawabannya pada ulasan berikut ini!

Retailer adalah ...

berjualan baju - ritel fashion - 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan Berdasarkan Zodiak 2020 - Tren Bisnis Ritel Pasca COVID-19 - retailer adalah

Retailer adalah sebuah model bisnis yang melakukan penjualan atau perdagangan baik secara perseorangan atau perusahaan di mana mereka melakukan penjualan langsung produk mereka ke para pelanggan langsung atau end user.

Jadi bisa dikatakan retailer adalah seseorang atau pihak tertentu yang memiliki peran penting dalam penyampaian suatu produk dari produsen ke konsumen.

Baca juga: 7 Tips Modern Meningkatkan Jumlah Pengunjung Bisnis Retail Anda


3 Jenis Retailer

inventory management - seorang pemilik usaha sedang restock di gudang - inventaris adalah

1. Berdasarkan produk yang dijual

Pada jenis retailer ini akan dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu retailer yang menjual barang, retailer yang bergerak penawaran jasa, dan retailer yang menggunakan media tertentu untuk menjual dan memasarkan produknya.

2. Berdasarkan kepemilikan

Berdasarkan kepemilikannya, ada tiga jenis retailer yaitu retailer mandiri, retailer yang menggunakan sistem waralaba, dan retailer yang menggunakan kelompok usaha. Untuk retailer mandiri, sama seperti namanya dia beroperasi sendiri tanpa ikut atau bergabung dengan pihak mana pun.

Untuk retailer yang menggunakan sistem bisnis franchise atau waralaba adalah retail yang melibatkan sebuah perusahaan pusat atau franchisor dan pengusaha turunannya atau franchisee untuk memasarkan produk yang sama.

Untuk retailer yang menggunakan kelompok usaha adalah jaringan ritel yang saling terkait dan bernaung pada satu manajemen.

3. Berdasarkan lokasi penjualan

Di jenis ini retailer dapat dibedakan sesuai dengan lokasi penjualan. Retailer yang memiliki akses langsung atau biasa disebut dengan pengecer dan juga ada retailer yang tergabung dengan retailer lainnya membuat pusat bisnis dan pusat perbelanjaan.

Baca juga: 6 Strategi Cerdas Jalankan Bisnis Minimarket untuk Naikkan Pendapatan


4 Fungsi Retailer

Oldblue Co. - denim - 15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2020 dengan Keuntungan Maksimal

1. Memudahkan konsumen untuk membeli barang atau jasa yang dibutuhkan

Dengan hadirnya seorang retailer hal itu akan membuat para konsumen akan dimudahkan untuk mendapatkan barang dan jasa yang sedang diinginkan. Tanpa adanya seorang retailer tentu saja konsumen akan sedikit kesulitan untuk memenuhi beberapa kebutuhan karena untuk mendapatkan barang itu mereka harus membeli langsung ke produsen.

2. Membawa keuntungan untuk produsen dan grosir

Retailer tidak hanya akan membawa kemudahan bagi konsumen, tetapi juga akan membawa keuntungan dari segi finansial bagi para produsen dan grosir. 

3. Menjual aneka jenis produk dengan harga beragam

Biasanya retailer akan melakukan pembelian stok bermacam barang dari beberapa produsen yang berbeda. Harga yang mereka tawarkan juga berbeda-beda. Hal itu akan menciptakan variasi pasar yang akan membawa kepuasan pada konsumen.

4. Ikut berperan untuk mempromosikan produk

Seorang retailer yang sudah membeli produk dari produsen tentu saja akan mempromosikan produk itu kepada para konsumen. Kegiatan promosi itu akan menggunakan berbagai cara dan strategi. Dengan promosi itu sudah tentu akan ikut mendongkrak popularitas dari produk yang dikeluarkan oleh para produsen.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan dalam Bisnis Ritel agar Anda Makin Sukses


Contoh Retailer

bisnis minimarket (1)

Hypermart adalah bisnis jaringan ritel yang saling terkait. Hypermart sendiri adalah perusahaan yang berada di bawah manajemen PT Matahari. Hypermart menjual berbagai jenis produk kebutuhan dari bahan makanan mentah hingga siap konsumsi, pakaian untuk anak-anak hingga dewasa, barang-barang elektronik, peralatan dapur, dan lain sebagainya.

Rata-rata konsumen dari Hypermart adalah para pengguna akhir dan bukan untuk dijual kembali. Hadirnya Hypermart tentu saja akan mempermudah konsumennya untuk mencari berbagai kebutuhan di satu tempat saja.

Dengan menawarkan berbagai produk dengan harga yang bervariasi itu juga membuat konsumen dapat memilih produk mana dan harga yang cocok untuk kebutuhannya.

Saat ini bisnis retail memang sangat menjanjikan, terlebih lagi jika Anda memilih untuk menjadi seorang retailer yang menjual kebutuhan sehari-hari. Apabila Anda sudah bertekad untuk menjadi seorang retailer, Anda perlu menggunakan aplikasi Point of Sale (POS) yang dapat membantu Anda untuk menjalankan bisnis retail. Untuk itu, Moka POS hadir sebagai aplikasi kasir yang dapat mendukung kesuksesan dari bisnis Anda ke depannya!

Dengan teknologi yang ditawarkan oleh Moka POS, segala urusan dari operasional bisnis Anda akan terasa lebih ringan. Moka POS tidak hanya dapat digunakan untuk proses pencatatan hasil penjualan saja, tetapi juga bisa digunakan untuk melihat stok dari inventaris bisnis Anda.

Cari tahu lagi berbagai kemudahan yang ditawarkan Moka untuk bisnis Anda dengan langsung klik sini atau banner di bawah, ya.

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia