Business Insight

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik Harus Penuhi 7 Syarat Ini

By Yovita on May, 10 2022

Pada era digital saat ini, sebenarnya ada banyak rekomendasi aplikasi kasir terbaik yang bisa Anda pilih. Aplikasi kasir berperan penting dalam mencatat setiap transaksi secara akurat sehingga proses transaksi berjalan lebih efisien. 

Di samping itu, Anda juga bisa mengubah harga jual barang dengan cepat dan mudah. Jadi, ketika harga barang yang dijual mengalami kenaikan atau penurunan harga, Anda bisa melakukan perubahan data berdasarkan kategori barang itu sendiri.

Namun demikian, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam memilih aplikasi kasir. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menentukan satu pilihan di antara banyaknya rekomendasi aplikasi kasir terbaik yang ada. Hal ini penting diperhatikan agar aplikasi kasir nantinya bisa bermanfaat secara maksimal untuk mendukung kelancaran bisnis Anda.


Kenapa Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik dibutuhkan?

tugas kasir - aplikasi kasir Moka (1)

Ini adalah pertanyaan umum yang biasa ditanyakan para pelaku bisnis sebelum beralih pada penggunaan aplikasi kasir. Alasan utama bisnis Anda perlu menggunakan rekomendasi aplikasi kasir terbaik adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Melalui kecepatan dan ketepatan proses transaksi, pelanggan tidak perlu banyak waktu untuk menyelesaikan transaksi. Lebih dari itu, mereka juga tidak perlu lagi mengantre terlalu lama.

Dalam hal manajemen bisnis, aplikasi kasir terbaik mampu meningkatkan produktivitas serta meminimalisir risiko human error. Rekomendasi aplikasi kasir terbaik mampu mencatat ketersediaan stok barang secara real time dan otomatis. 

Artinya, apabila terjadi penjualan suatu produk, maka aplikasi kasir akan secara otomatis mengurangi jumlah stok yang tersedia. Jadi, Anda bisa segera melakukan restock terhadap barang tersebut.

Baca juga: Hindari 7 Masalah Bisnis dengan Aplikasi Pembukuan Online, Wajib Baca!


Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik Harus Penuhi Syarat Berikut

Popoluca The Label - bisnis fashion - aplikasi kasir moka pos

1. Aplikasi kasir harus user friendly

Rekomendasi aplikasi kasir terbaik harus memiliki tampilan yang menarik dan user friendly. Artinya, fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi kasir harus mudah diakses. Aplikasi kasir terbaik yang user friendly harus bisa digunakan secara otodidak. Dengan begitu, Anda tidak perlu memberikan pelatihan secara khusus kepada karyawan untuk mengoperasikan mesin kasir tersebut.

2. Dilengkapi fitur-fitur krusial untuk bisnis

Aplikasi kasir juga harus dilengkapi dengan berbagai fitur krusial yang mendukung kelancaran bisnis Anda. Mulai dari pencatatan seluruh transaksi keluar dan masuk, rekap data penjualan, stok barang, hingga laporan keuangan berdasarkan data-data real time. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan banyak perangkat. Cukup satu aplikasi kasir terbaik saja sudah bisa menjawab seluruh kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: 8 Cara Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis

3. Menjamin keamanan data bisnis Anda

Sistem POS (Point of Sale) berbasis online yang disematkan pada aplikasi kasir harus menjamin keamanan seluruh data dan informasi terkait bisnis Anda. Hal ini sangat penting diperhatikan, sebab umumnya aplikasi kasir menggunakan teknologi cloud sebagai penyimpanan. 

Melalui teknologi ini, Anda bisa menyimpan berbagai jenis file dengan kapasitas besar. Lebih dari itu, teknologi cloud juga memungkinkan aplikasi kasir Anda menyimpan seluruh data dan informasi ke server tersendiri.

4. Memberikan laporan keuangan yang lengkap

Rekomendasi aplikasi kasir terbaik adalah yang bisa memberikan laporan keuangan secara tepat, cepat, dan lengkap. Data seluruh transaksi pada aplikasi ini akan di-update secara otomatis dan real time. Dengan demikian, laporan penjualan Anda akan selalu diisi oleh data-data terbaru. Menariknya, Anda bisa mengakses laporan keuangan tersebut kapan saja dan dari mana saja!

5. Mendukung berbagai sistem pembayaran

Berbisnis di zaman serba canggih menuntut Anda untuk selalu up-to-date. Tidak hanya soal inovasi produk yang dijual, tetapi juga ketersediaan sistem pembayaran. Terlebih saat ini masyarakat lebih sering melakukan transaksi secara cashless. Oleh karena itu, rekomendasi aplikasi kasir terbaik harus bisa mendukung berbagai sistem pembayaran dengan uang digital.

Baca juga: 5 Alasan Penting Bisnis UKM Menerapkan Mobile Payment

6. Bisa digunakan lebih dari satu pengguna

Anda tentu menginginkan usaha yang didirikan bisa berkembang pesat, sehingga tidak hanya berhenti pada satu outlet saja. Artinya, saat memilih rekomendasi aplikasi kasir terbaik, pastikan bahwa perangkat telah menyediakan fitur multi-user. Dengan begitu, Anda tetap bisa memakai aplikasi kasir yang sama di cabang outlet lainnya.

7. Menyediakan dukungan teknis 24 jam

Satu lagi syarat yang harus dimiliki oleh aplikasi kasir terbaik, yaitu adanya dukungan teknis selama 24 jam. Ini menjadi syarat wajib karena Anda pasti membutuhkan solusi atas kendala yang dialami selama menggunakan aplikasi kasir tersebut. Termasuk adanya kerusakan, kesalahan pengaturan, maupun kendala-kendala lain yang ditemui.


Seluruh syarat rekomendasi aplikasi kasir terbaik tadi bisa Anda jumpai pada aplikasi Moka POS. Aplikasi kasir dari Moka POS memungkinkan Anda mengelola bisnis lebih efektif dan efisien melalui fitur dan teknologi yang diusung. Menariknya, aplikasi kasir Moka POS juga bisa digunakan untuk berbagai sektor bisnis. Mulai dari restoran, kafe, kedai kopi, retail, hingga barbershop dan salon!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia