Business Insight Focus

8 Tips Raup Profit dan Pelanggan Baru dengan Promo Valentine’s Day

By Himawan Pradipta on February, 12 2019
Himawan Pradipta

Copywriter di Moka Indonesia.

Sebagai pelaku usaha, momen spesial seperti Hari Valentine tentu tidak boleh dilewatkan. Momen ini tidak hanya bisa mendekatkan orang-orang yang tidak sempat menghabiskan waktu bersama karena urusan pekerjaan atau lain hal, tetapi juga bisa membawa keuntungan bagi Anda selaku pelaku usaha jika dimanfaatkan dengan tepat dan sebaik mungkin.

Satu dari berbagai caranya adalah dengan memasang promosi. Dengan program yang tepat, promosi bisa menjadi senjata ampuh untuk menjual produk-produk atau layanan yang belum pernah diketahui sebelumnya oleh pelanggan. Pada saat yang sama, ia juga bisa menjadi batu loncatan bagi usaha Anda untuk melakukan branding ke cakupan pelanggan yang lebih luas.

Untuk itu, berikut 8 tips memasang promo saat momen Hari Valentine.

 

1.Buat Kontes Hari Valentine Secara Online

tips pasang promo valentine's dayAjak pelanggan Anda untuk mengirimkan cerita cinta, ide kencan romantis, caption romantis atau foto bersama pasangan di akun media sosial usaha Anda. Pastikan juga bahwa Anda memberlakukan syarat dan ketentuan untuk mengikuti kontes tersebut. Misalnya, menambahkan hastag dari nama produk Anda atau berfoto bersama pasangan di outlet Anda. Strategi ini dinilai tepat untuk mempromosikan produk Anda. Jangan lupa juga siapkan hadiah untuk pemenang kontes.

 

2. Berikan Diskon Khusus untuk Pasangan

tips pasang promo valentine's day

Hadiah paling indah tentu adalah hadiah yang diberikan oleh orang yang dicintai. Sejak awal Februari, beragam jenis hadiah, kado, atau bingkisan akan mulai dicari. Oleh karena itu Anda bisa memberikan diskon atau potongan harga spesial untuk pembeli yang sudah berpasangan, entah itu yang sudah menikah, bertunangan, ataupun pacaran. Namun, pastikan juga Anda membuat syarat dan ketentuan agar diskon Anda tidak disalahgunakan oleh orang yang pura-pura punya pasangan.

 

3. Berbagi Kejutan dengan Pelanggan

tips pasang promo valentine's day

Ada banyak kejutan yang bisa Anda lakukan untuk membuat pelanggan merasa spesial di hari kasih sayang nan spesial. Salah satunya adalah dengan memberikan hadiah kecil berupa kartu ucapan valentine yang diikat pada setangkai mawar. Atau Anda bisa juga memberi kejutan sepotong cokelat kepada pelanggan saat mengantarkan pesanan atau saat mereka hendak membayar. Siapa tahu, mereka kepincut!

Baca Juga: Manfaatkan Momen, ini 7 Cara Bisnis Coklat Valentine yang Bawa Untung

 

4. Tawarkan Paket Khusus Valentine’s Day

tips pasang promo valentine's dayTerkadang beberapa orang yang merayakan hari valentine, tidak hanya dengan sekedar memberikan hadiah berupa barang, namun mereka juga ingin melakukan aktivitas seperti candle light dinner ataupun menonton di bioskop. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai ide untuk disertakan dalam paket khusus valentine’s day.

 

5. Berbagi Konten Tentang Cinta

tips pasang promo valentine's dayKetika mendekati hari valentine banyak orang akan tertarik dengan konten bertema cinta. Jika Anda memiliki website atau blog, Anda bisa memanfaatkan momen valentine tersebut untuk meningkatkan traffic atau kunjungan pada situs Anda. Caranya dengan menulis berbagai artikel yang berhubungan dengan cinta. Tidak harus artikel, bisa juga dengan memposting foto atau video di akun media sosial bisnis Anda. Namun, pastikan semua konten bisa berhubungan secara langsung atau tidak langsung dengan produk Anda, sehingga bisa sekaligus melakukan promosi.

 

6. Jaminan Terima Barang Sebelum/Tepat 14 Februari

tips pasang promo valentine's day

Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan. Pastikan bahwa setiap barang yang dibeli bisa diterima oleh konsumen Anda jatuh sebelum atau tepat pada tanggal 14 Februari. Sebab barang yang dibeli untuk hadiah valentine akan kurang berkesan jika diterima setelah tanggal tersebut.

 

7. Temukan Promo Yang Paling Sesuai dengan Pelanggan Anda

tips pasang promo valentine's dayBerdasarkan hasil survei yang dilakukan NRF, sekitar 49% responden mengatakan bahwa mereka bersedia membeli lebih banyak apabila mereka memperoleh ‘a really good sale or promotion’ atau promosi yang sangat bagus dan menguntungkan. Maka dari itu, sebelum Anda memberikan promo kepada para pelanggan, Anda harus memikirkan diskon apa yang sesuai dengan target pasar Anda. Tentunya Anda juga harus memikirkan apakah promo tersebut akan membawa profit atau sebaliknya.

 

8. Beri Sentuhan Khas Hari Valentine Pada Produk Yang Anda Jual

tips pasang promo valentine's dayWarna merah atau merah muda, simbol hati dan tampilan yang memberikan kesan manis dan menggemaskan bisa Anda gunakan untuk desain promosi produk Anda. Meskipun yang Anda jual bukanlah peralatan yang berhubungan dengan Valentine, seperti gadget atau kamera. Namun dengan memberikan tampilan yang menunjukan suasana valentine’s day, maka secara tidak langsung Anda telah ikut serta dalam merayakan momen ini.

Itu dia 8 tips pasang promo valentine’s day yang bisa Anda coba. Selain bisa berbagi kasih sayang di peringatan hari valentine, Anda juga bisa berbagi keuntungan dengan pelanggan Anda dari promo valentine’s day tersebut. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan kasih sayang Anda kepada pelanggan Anda!

Baca Juga:

3 Fakta Unik Seputar Promosi Hari Valentine. Bisnis Anda Sudah Coba?

4 Tips yang Perlu Dilakukan Merchant saat Valentine

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia