Moka Logo
8 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Tips Bisnis

8 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

5 min
MikyMiky

8 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan LamaSalah satu hal penting dalam menjalankan bisnis ialah para pelanggan. Pelanggan lah yang membeli produk atau jasa kita, membantu meningktakan omzet dan jumlah transaksi, serta mendukung pertumbuhan bisnis dengan mempromosikannya kepada calon pelanggan lain. Dengan kata lain, pelanggan dapat membantu bisnis terus bertahan, maju, juga berkembang.

Baca Juga: Mana yang Lebih Penting, Pelanggan Baru atau Setia?

Ada informasi menarik yang diambil dari data McKinsey. Mereka menyebutkan bahwa pemilik usaha yang menggunakan data analitik pelanggan saat membuat keputusan bisnis, labanya dapat meningkat 126% dibandingkan yang tidak. Cukup menarik, ya?

Tentu, data analitik pelanggan ini pun bisa Anda manfatakan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Jika Anda ingin tahu informasi selengkapnya, yuk simak artikelnya sampai habis, ya!

8 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

1. Buat Penawaran Personal Berdasarkan Data

menulis - laptop - contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik

Pelanggan saat ini ingin merasa unik dan istimewa. Jadi, jika Anda dapat menyesuaikan penawaran Anda berdasarkan kebutuhan masing-masing pelanggan, Anda akan mampu mempertahankan mereka dan mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

Bagaimana cara membuat penawaran yang sesuai? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan data. Anda bisa mencatat informasi pelanggan setiap bertransaksi di aplikasi Moka dan menganalisisnya melalui Back Office Moka.

Dengan demikian, dari informasi yang terkumpul tersebut Anda dapat membuat penawaran unik untuk masing-masing pelanggan berdasarkan minat dan kebutuhan mereka. Misalnya, diskon 10% bagi yang berulang tahun di bulan Oktober, atau gratis 1 gelas kopi untuk pelanggan yang sudah membeli 5 gelas kopi dalam periode tertentu.

2. Maksimalkan Media Sosial

Sosial media bukan hanya sarana yang tepat untuk promosi saja, tetapi bisa juga menjadi rahasia efektif dalam menjaring pelanggan baru serta menyapa para pelanggan setia. Untuk menjaring lebih banyak pelanggan, perluas jaringan dengan memanfaatkan berbagai media sosial.

Anggap saja rahasia menarik pelanggan baru yang satu ini seperti jaring laba-laba. Jika jaring tersebut semakin kuat dan luas tentu semakin besar juga kita bisa mendapatkan kesempatan untuk menangkap mangsa dalam jumlah yang lebih besar.

Baca Juga: Praktekan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

Tapi, Anda harus selalu update media sosial yang Anda pakai untuk berbisnis. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda masih berada di lingkaran pergaulan klien atau pelanggan.

Dengan ini, Anda juga bisa mengingatkan pelanggan bahwa Anda berada disana. Jadi saat mereka membutuhkan produk tertentu, mereka akan pergi ke toko Anda bukan ke kompetitor.


3. Jangan Lupa Jaringan di Dunia Nyata

Ya, Anda memang perlu memaksimalkan networking atau jaringan di dunia maya lewat sosial media. Namun, tidak berarti Anda melupakan networking di dunia nyata.

Coba Anda telusuri, apakah pelanggan yang Anda temui tersebut merupakan pelanggan sebelumnya atau mereka memang seseorang yang sudah kita kenal sebelumnya.

Baca juga: 9 Cara Ampuh Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Rahasia menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan setia adalah dengan tetap membangun hubungan yang baik dengan cara tradisional. Dengan bertemu orang, kita pun akan memiliki jaringan yang lebih luas. Jadi, bertemanlah dengan pelanggan tersebut dan jangan pernah lupa membawa kartu nama kemana pun Anda pergi.

Jika kita memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan, bukan tidak mungkin jika kita bisa mendapatkan pelanggan baru dari mereka. Karena kita tidak bisa meremehkan kekuatan “dari mulut ke mulut”.


4. Aplikasikan Strategi Marketing yang Berbeda-beda

Dalam menjalankan strategi pemasaran, ada baiknya untuk tidak terpaku dengan satu strategi yang sama setiap saat. Cobalah untuk menggunakan strategi marketing yang tidak sama.

Misalnya, Anda bisa menggunakan strategi marketing yang mencakup pemakaian teknologi baru seperti e-mail marketing. Anda bisa mencoba mengirim newsletter juga melalui email perusahaan untuk dikirim ke email pelanggan.

Kemudian, cobalah untuk menggunakan strategi marketing dalam jangka panjang tanpa melupakan adanya penanda atau milestone setiap bulannya.

Baca juga: Cuma Modal 1 Juta, Ini 15 Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda

Dengan rahasia menarik pelanggan baru ini, temukan strategi marketing yang menurut Anda paling cocok untuk bisnis yang sedang Anda jalani. Namun, setelah menemukan yang cocok, bukan berarti Anda tidak mencoba mengkreasikan strategi lainnya lagi.


5. Carilah Rekan Bisnis

Salah satu strategi paling cepat untuk menjaring pelanggan baru adalah dengan mencari dan menemukan seorang rekan bisnis yang bisa membantu bisnis kita.

Mungkin sebelumnya Anda juga sering melihat fenomena ini dalam bisnis. Yaitu saat dua perusahaan saling bekerjasama untuk mengiklankan produk mereka.

Bahkan adanya akuisisi bisa dibilang sebagai bentuk dari kerjasama bisnis. Namun, akuisisi ini bisa dibilang sebagai bentuk kerja sama yang kuat. Jadi, carilah rekan bisnis yang tepat dan sukses bersama dalam bisnis.

Baca Juga: 5 Keuntungan dalam Membangun Jaringan dan Relasi dalam Bisnis

Karena dalam rahasia menarik pelanggan baru, terlalu bersaing secara ketat juga hanya akan membuka pintu peluang untuk pelaku bisnis lainnya.

Misalnya Anda bisa bekerjasama dalam hal membagikan voucher belanja atau diskon belanja. Dalam hal ini, contohnya Anda memberikan voucher belanja atau diskon pada rekan bisnis untuk ia bagikan pada pelanggan yang membeli produk atau jasanya.

Jadi, jika seorang pelanggan rekan bisnis membeli produk atau jasa dengan harga tertentu misalnya, mereka akan mendapatkan voucher belanja di tempatmu. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menggaet pelanggan baru.


6. Buat Diskon atau Giveaway

Rahasia menarik pelanggan baru yang selanjutnya adalah dengan membuat diskon dan memberi hadiah atau giveaway.

Coba ingat kembali kapan Anda terakhir kali menawarkan diskon atau penawaran khusus pada pelanggan? Mulai sekarang cobalah untuk memberikan diskon, giveaway atau penawaran khusus lainnya secara rutin pada pelanggan.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Online dan Offline Buat Tambah Cuan 2020

Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk memberikan diskon. Misalnya saat hari besar seperti HUT RI, hari anniversary toko, hari belanja online nasional dan lain sebagainya.

Banyak pebisnis yang memberikan diskon atau penawaran spesial lainnya untuk menjaring customer baru dan mempertahankan pelanggan lama. Jadi, mengapa Anda tidak mencobanya juga?


7. Buat Kompetisi dan Lomba Berhadiah

Selain menawarkan diskon, membuat kompetisi atau lomba berhadiah bisa menjadi strategi lain untuk mendapatkan pelanggan baru. Salah satu contoh rahasia menarik pelanggan baru dengan cara ini adalah dengan membuat kompetisi untuk para pelanggan kita agar mempromosikan bisnis kita di media sosial tertentu seperti Instagram.

Baca juga: 11 Tren Media Sosial 2020 yang Wajib Anda Catat!

Misalnya, para pelanggn diminta untuk membagikan sebuah postingan promosi dan tag teman-teman mereka. Selain bisa mempertahankan pelanggan yang sudah ada, Anda juga bisa mendapatkan kesempatan menjaring pelanggan baru dengan cara ini.


8. Cek Kembali Laporan Produk

mengecek laporan penjualan dari aplikasi kasir gratis

Anda telah menempuh berbagai jalan tetapi ternyata pelanggan baru yang diinginakan tak kunjung datang? Hal ini bisa jadi bukan karena cara yang Anda lakukan salah, tetapi justru produk yang Anda tawarkan saat ini masih belum tepat atau belum bisa menarik pelanggan.

Jika yang terjadi adalah demikian, rahasia menarik pelanggan baru yang tepat adalah dengan melalukan pemeriksaan kembali database dan lihatlah apakah ada kesalahan mengenai produk yang Anda tawarkan.

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Kasir Excel untuk Segala Jenis Bisnis

Jika belum yakin dengan apa masalahnya, Anda bisa melakukan survey atau meminta feedback pelanggan setelah mereka melakukan transaksi pembelian. Untuk mempermudah meminta feedback pelanggan, gunakan fitur e-receipt yang ada di Moka POS.

Perusahaan yang sudah berkembang juga sering menempuh cara ini untuk mencari tahu penilaian masyarakat terhadap produk serta layanan yang diberikan.

Dengan mengetahui apa yang pelanggan dan masyarakat harapkan dari produk kita, kita bisa dengan mudah menentukan peningkatan kualitas macam apa yang tepat untuk produk maupun layanan yang kita berikan.

Baca juga: 6 Tips Memilih Aplikasi Penjualan Terbaik untuk Bantu Bisnis Anda

Nah itulah beberapa rahasia yang bisa Anda praktikkan untuk menarik pelanggan baru tanpa lupa mempertahankan pelanggan lama. Namun, apabila Anda merasa bahwa melakukan hal-hal di atas secara satu per satu akan memakan waktu lama, mengapa tidak memanfaatkan Loyalty Program dari aplikasi kasir Moka?

Dengan fitur ini, Anda bisa mengoptimalkan penggunaan database konsumen untuk menginformasikan kepada mereka mengenai program atau promo yang hendak Anda jalani. Dengan demikian, penyebaran informasi akan lebih cepat dan efisien dari segi waktu.

Tertarik untuk mencoba secara langsung fitur Loyalty Program yang ada di aplikasi kasir Moka?

Social Media Share :
Miky

Miky

Penulis di Blog Moka