How-To

Purchase Order adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

By Jordhi Farhansyah on December, 23 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Purchase Order adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contoh - Purchase order adalah hal biasanya dibutuhkan dalam bisnis yang butuh melakukan pembelian bahan baku dan/atau produk jadi dari penjual. Idealnya, semua jenis usaha sudah menggunakan purchase order untuk pemesanan. Namun, sayangnya belum semua pelaku usaha memahami tentang purchase order. Oleh karena itu, berikut ini ulasan lengkap tentang purchase order.

Purchase Order adalah Surat Penting, Ini Pengertiannya  Purchase order adalah 2 purchase order adalah

Purchase order adalah surat yang dibuat oleh pembeli berisi detail produk yang ingin dibeli dari penjual. Produk ini bisa berupa barang ataupun jasa. Purchase order juga merupakan dokumen legalitas dari sebuah perjanjian antara pembeli dan penjual. 

Artinya, purchase order ini juga merupakan sebuah surat perjanjian jual beli yang menjadi dasar perikatan antara pembeli dan penjual.

Baca juga: Pentingnya Purchase Order untuk Bisnis Anda dan Cara Mudah Membuatnya


 

Isi Purchase Order adalah Sebagai Berikutsurat perjanjian jual beli 2 purchase order adalah

Apa saja isi dari purchase order? Sebuah purchase order terdiri dari beberapa komponen penting yang menjelaskan apa saja hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak pembeli dan pihak penjual. Isi purchase order adalah sebagai berikut: 

  1. Nomor dan tanggal purchase order 
  2. Nama, alamat, dan nomor kontak perusahaan pembeli dan penjual
  3. Waktu pengiriman barang
  4. Nama, jumlah, dan harga barang atau jasa yang dibeli
  5. Potongan harga, jika ada
  6. Jumlah sub total
  7. Tambahan pajak
  8. Jumlah total
  9. Syarat dan ketentuan khusus
  10. Tanda tangan pembeli

Fungsi dan Manfaat Purchase Order Bagi Bisniscara membuat surat keterangan usaha secara online purchase order adalah

Purchase order adalah dokumen penting yang punya banyak manfaat.  Tentu saja ada banyak. Penggunaan purchase order adalah standar dalam kegiatan bisnis karena fungsinya yang krusial, antara lain:

1. Sebagai bukti perjanjian pembeli dan penjual

Purchase order bisa menjadi surat perjanjian jual beli yang mendasarkan kegiatan jual-beli antara pembeli dan penjual. Mulai dari jenis, kuantitas, waktu penyerahan, syarat dan ketentuan, serta total harga yang harus dibayarkan sudah tercantum dalam sebuah purchase order. 

Dengan demikian, kedua belah pihak akan mendapatkan kepastian hukum yang cukup, sehingga kemungkinan terjadinya penipuan akan semakin kecil. JIka terjadi penipuan, maka pihak yang dirugikan dapat memiliki cukup bukti untuk melakukan upaya hukum yang diperlukan.

2. Menjamin ketersediaan barang atau jasa yang dibutuhkan

Dengan membuat purchase order, Anda bisa membeli bahan baku atau produk untuk dijual lagi. Purchase order adalah surat yang memuat kapan barang atau jasa tersebut diserahkan ke pembeli. Jadi, ketersediaan barang dagangan Anda bisa tetap terjamin. Tentunya selama Anda rutin melakukan stock opname dan melakukan pemesanan produk tepat waktu.

3. Mencegah kesalahan barang atau jasa yang diserahkan penjual

Penjual akan menyerahkan barang atau jasa kepada pembeli sesuai dengan detail yang tertera di purchase order. Agar tidak ada kesalahan, pastikan Anda sudah menulis kuantitas dan spesifikasi produk detail.

Seringkali terjadi kesalahan di segi kuantitas dan spesifikasi barang yang diserahkan kepada penjual kepada pembeli. Jika tidak ada purchase order resmi perusahaan, maka Anda akan kesulitan untuk membuktikannya. 

Baca juga: Panduan Cara Membuat Toko Online untuk Pebisnis Pemula


 

Contoh Purchase Order

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut ini contoh purchase order yang bisa Anda gunakan:

Purchase Order

 

  1. Maju Sentausa Abadi

Jalan Pegangsaan Utara No.17, Malang, Jawa Timur

0341 - 7654321

 

Nomor PO : PO-MSA-0000123

Tanggal : 17 Desember 2021

 

Penjual

Tagihkan kepada :

CV. Alam Berkah Jaya

PT. Maju Sentausa Abadi

Jalan Alam Timur Kav.227, Semarang, Jawa Tengah

Jalan Pegangsaan Utara No.17, Malang, Jawa Timur

024 - 9876543

0341 - 7654321

 

Tanggal Pengiriman

23 Desember 2021

 

No.

Deskripsi

Harga Satuan

Kuantitas

Subtotal

1

Kertas HVS A4 70gr

Rp39.000,00

10 rim

Rp390.000,00

Diskon 10%

Rp39.000,00

Sub total

Rp351.000,00

Pajak 10%

Rp35.100,00

Total Harga

Rp386.100,00

 

Disetujui oleh vendor

Diketahui oleh

Albert Fadel Sanjaya

Heri Trunojoyo





ttd.





ttd

 

Baca juga: 10 Daftar Barang Toko Kelontong yang Bisa Anda Jual

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa purchase order adalah hal yang penting. Dengan membuat purchase order, bisnis Anda jadi lebih terlindungi dari kemungkinan penipuan, dan juga memudahkan operasional toko Anda. Apalagi purchase order kini juga sudah bisa disampaikan via email, sehingga akan sangat memudahkan bagi Anda pemilik toko online.

Jika Anda masih belum memiliki toko online di era digital ini, maka hal itu akan sangat disayangkan. Sebab, toko online akan sangat memudahkan konsumen untuk mengetahui dan membeli produk Anda. Apalagi jika Anda menggunakan GoStore untuk membuat toko online.

GoStore adalah layanan terbaru dari Gojek yang akan membantu Anda mendirikan toko online. GoStore sudah terhubung dengan Facebook Shop, Instagram Shop, dan Google Shopping, sehingga akan bantu tingkatkan penjualan produk Anda. 

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia