Business Insight

Mau Ikut Promo Harbolnas 2020? Pelajari Dulu Hal-hal Ini!

By Samina Sharanani on November, 17 2020
Samina Sharanani

A word crafter

Mau Ikut Promo Harbolnas 2020? Pelajari Dulu Hal-hal Ini! - Menjelang akhir tahun, masyarakat biasanya dibanjiri diskon besar-besaran dari promo Harbolnas yang diadakan berbagai website e-commerce di dunia maya. Tak heran apabila masyarakat cenderung menjadi lebih konsumtif dari biasanya.

Hal ini pun disebabkan karena keinginan mereka untuk mendapatkan produk impian bisa menjadi kenyataan tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Baca juga: 8 Tips Membuat Caption atau Deskripsi Produk di Media Sosial 

Apa Itu Promo Harbolnas 2020?

Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Apabila merujuk pada sejarahnya di Indonesia, Harbolnas pertama kali digelar delapan tahun silam pada 2012, lebih tepatnya pada tanggal 12 Desember, yang kemudian dikenal dengan angka cantik 12.12. 

Walau demikian, promo Harbolnas dari tahun ke tahun mengalami perubahan dan perkembangan yang signifikan. Pada Harbolnas kedua dalam sejarah Indonesia, yakni pada 2013, jumlah e-commerce yang ikut berpartisipasi meningkat tajam.

Terdapat sejumlah 72 e-commerce yang ikut serta memeriahkan promo Harbolnas di tahun itu, meningkat sekitar sepuluh kali lipat dari jumlah partisipan sebelumnya yang hanya berjumlah tujuh.

Bukan itu saja. Semakin ke sini, waktu diselenggarakannya Harbolnas pun semakin bervariasi. Ada e-commerce yang tetap mengadakannya sehari saja setiap tanggal 12 Desember. Ada juga yang mengadakannya selama dua atau tiga hari.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan

Beberapa e-commerce bahkan menggelar Harbolnas pada tanggal-tanggal cantik tertentu saja menjelang akhir tahun, seperti tanggal 10 bulan 10 (10.10) dan tanggal 11 bulan 11 (11.11). 

Saat pertama kali digagas, promo Harbolnas memiliki tujuan edukatif. Tujuannya supaya masyarakat menjadi familiar dengan eksistensi sekaligus tata cara melakukan belanja online melalui dunia maya. Hal ini dilatarbelakangi oleh sebuah asumsi bahwa pada saat itu, masyarakat masih ragu dan takut untuk berbelanja online.

Namun, dengan meriahnya Harbolnas setiap tahun hingga sekarang, dapat disimpulkan bahwa tujuan edukatif Harbolnas sejak awal telah tercapai.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Online dan Offline Buat Tambah Cuan 2020 


Apa Manfaat Promo Harbolnas Bagi Pemilik Usaha?

Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Usaha Anda - promo harbolnas 2020

Menjelang diadakannya Harbolnas mendekati akhir tahun, para pemilik usaha pasti lebih sibuk dari biasanya karena ingin ikut serta meraup keuntungan dari event tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh para pemilik usaha saat berlangsungnya Harbolnas.

1. Mengangkat usaha kecil dan menengah

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, pelaku-pelaku usaha kecil dan menengah bisa ikut berpartisipasi di Harbolnas, termasuk promo Harbolnas 2020. Hal ini tentu saja bisa dianggap sebagai sarana promosi bagi produk-produk dari kategori usaha tersebut.

Melalui Harbolnas, para pemilik usaha dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Mereka didorong agar tidak perlu ragu dan takut untuk beralih dari bentuk usaha konvensional yang bersifat offline ke bentuk usaha online sehingga harus menggunakan aplikasi atau website e-commerce.

2. Tak ada batasan geografis

Hal ini juga merupakan salah satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh Anda apabila ingin mengembangkan bisnis secara online melalui event Harbolnas ini. Di ruang marketplace di dunia maya, batasan geografis menjadi lebur. Artinya, pelaku usaha seperti Anda bisa menjangkau pasar di luar kota, luar provinsi, hingga luar pulau.

3. Mendapat konsumen baru

Dengan meluasnya jangkauan pasar, tentu saja Anda akan mendapat konsumen baru yang lebih beragam dan variatif karena konsumen tersebut berasal dari daerah yang berbeda dan memiliki latar belakang kebutuhan dan ekonomis yang berbeda pula.

Baca juga: 5 Cara Merespon Keluhan Pelanggan dengan Baik

Bisa saja produk usaha Anda kurang diminati di daerah Anda sendiri. Namun, siapa yang tahu barangkali produk Anda diminati konsumen lain di daerah yang berbeda? Maka dari itu, tak perlu takut dan ragu untuk mencoba memperlebar sayap bisnis Anda ke bentuk usaha online lalu kemudian berpartisipasi di Harbolnas.


Beberapa Metode Promo Efektif untuk Harbolnas

berikan penawaran diskon atau potongan harga - meningkatkan penjualan bisnis fashion - promo harbolnas 2020

Agar lebih banyak menarik minat pembeli, Anda sebagai merchant di event Harbolnas mungkin bisa mempertimbangkan beberapa metode promo berikut: 

1. Berikan diskon

Anda bisa memberikan banyak diskon yang variatif. Menjelang pergantian tahun, mungkin Anda bisa mengadakan diskon akhir tahun. Di hari-hari besar tertentu seperti Lebaran dan Natal, Anda bisa memberi diskon spesial hari raya dengan harga-harga spesial.

2. Bebas ongkir

Salah satu hal yang masih mengganjal bagi sebagian pembeli online adalah ongkos kirim yang mahal. Namun, apabila Anda memberikan ongkir gratis, kemungkinan besar akan banyak pembeli yang tertarik. Dengan ongkir gratis, pembeli tidak hanya mendapat kemudahan, tetapi juga mendapat value lebih ketika melakukan transaksi.

3. Tawarkan cashback

Cashback adalah pengembalian sejumlah uang kepada pembeli setelah mereka membeli suatu produk. Walau demikian, Anda sebagai merchant bisa menerapkan beberapa syarat atau ketentuan bagi pembeli. Sebagai contoh, konsumen baru akan mendapatkan cashback ketika mereka sudah melakukan pembelian dengan nominal tertentu.

4. Adakan flash sale

Flash sale adalah penjualan dalam waktu singkat dengan jumlah produk yang terbatas yang dijual dengan harga murah. Pendekatan ini terbilang efektif karena persediaan barang terbatas, sedangkan banyak sekali calon pembeli yang tentu saja tidak ingin melewatkan momen ini.

5. Beli 1 gratis 1 (buy 1 get 1)

Metode ini sudah sangat umum digunakan dan terbukti sangat efektif. Melalui promo Harbolnas 2020 ini, pembeli mendapatkan value tambahan karena mereka mendapatkan satu produk tambahan lainnya

Sementara bagi merchant, pendekatan ini sebetulnya merupakan sarana untuk menjual produk lebih banyak dengan profit tertentu karena konsumen membeli dua buah produk sekaligus.

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online Hingga Sukses bagi Pemula 


Tips Memanfaatkan Momen Harbolnas bagi Pemilik Usaha

belanja online dengan kartu kredit atau mobile payment (2)

Sebagai pemilk usaha, Anda harus jeli melihat keadaan, terutama ketika akan diadakannya event Harbolnas menjelang akhir tahun. Berikut adalah beberapa tips yang bisa  dipertimbangkan agar persiapan promo Harbolnas 2020 Anda berjalan baik.

1. Antisipasi pesanan

Anda harus bersiap-siap dengan membludaknya jumlah pesanan karena banyaknya calon pembeli. Karena pesanan pasti menggunung, Anda tentu butuh pertolongan tenaga kerja atau karyawan lain. Dengan adanya tambahan tenaga, semuanya akan berjalan lancar.

Karena Harbolnas biasanya banyak berlangsung di marketplace secara daring, Anda juga harus menyiapkan koneksi internet yang bagus. Selain memasang wifi, Anda juga harus siap siaga dengan kuota internet apabila sewaktu-waktu koneksi Wi-Fi mengalami gangguan.

Baca juga: 5 Alasan Desain Kemasan Produk Penting Beserta Contohnya

Selain itu, perlengkapan pengemasan pun penting. Anda harus siapkan kardus, boks, lakban, alat tulis, bubble wrap, dan semacamnya. Kemudian, ketersediaan stok pun harus diperhatikan. Jangan sampai Anda kehilangan pelanggan gara-gara kehabisan stok produk.

2. Gunakan marketplace

Marketplace bisa Anda jadikan sebagai sarana promosi bagi produk Anda, apalagi jika Anda adalah pelaku usaha pemula. Ini adalah ruang yang tepat untuk menunjukkan eksistensi brand produk Anda atau dikenal dengan metode kesadaran merek (brand awareness).

3. Manfaatkan media sosial

Belakangan ini, kekuatan media sosial tidak bisa dianggap remeh, termasuk untuk menjual produk. Menjelang promo Harbolnas 2020, media sosial bisa digunakan untuk sarana promosi. Dalam berpromosi di media sosial, Anda sebaiknya mengunggah konten pada waktu prime time di mana banyak orang sedang mengakses media sosial mereka.

4. Memamerkan testimoni pelanggan

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan keraguan dan ketakutan calon pembeli. Banyak calon pembeli yang enggan melakukan transaksi karena takut kualitas produk buruk atau penjual yang tidak terpercaya. Dengan menampilkan testimoni pelanggan lain, calon pembeli akan lebih percaya pada toko online Anda.

Baca juga: Inilah Kalimat Promosi untuk Buat Promo Bisnis Online Lebih Menarik 

Itulah beberapa hal penting tentang promo Harbolnas 2020 yang perlu Anda ketahui sebagai pelaku bisnis. Dengan mempelajarinya lebih dulu, Anda jadi lebih tahu apa yang harus dilakukan sehingga usaha Anda selama Harbolnas bisa berjalan lancar.

Dengan demikian, pelanggan akan semakin banyak, transaksi penjualan kian meningkat, profit yang besar pun semakin dekat!

Jangan lupa, Moka selalu hadir untuk mempermudah operasional bisnis Anda, apa pun keadaannya. Moka siap membantu Anda untuk membuat laporan penjualan secara otomatis, membantu mengelola daftar inventaris, mengelola pelanggan dan karyawan, dan masih banyak lagi.

Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai Moka atau coba gratis selama 14 hari dengan mengklik banner di bawah ini.

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia