Business Insight

Produsen adalah Kunci Mulainya Usaha, Ini Cara Mendapatkannya

By Yovita on August, 3 2022

Produsen atau pembuat memegang peranan penting dalam proses perdagangan, sebab ia bertindak sebagai individu maupun kelompok yang melakukan proses produksi. Produksi adalah proses membuat, menciptakan, menghasilkan, dan memproduksi barang yang akan dijual dalam perdagangan.

Nah, produsen adalah sosok yang memiliki tanggung jawab untuk memproduksi barang ini sehingga perdagangan bisa berjalan. Mari cari tahu lebih dalam tentang fungsi produsen dan bagaimana cara menemukan pembuat barang tepat untuk bisnis Anda!


Pengertian Produsen

Produsen adalah individu maupun kelompok yang memproduksi barang maupun jasa. Ia menghasilkan, menciptakan, dan membuat produk yang jadi komoditi utama dalam perdagangan. Tanpa ahli produksi, perdagangan tidak akan bisa berjalan sebab barang yang dijual tidak ada. Konsumen pun berisiko tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan jika penghasil tidak melakukan proses produksi.

Namun, menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Pasal 1 Ayat 3 yang membahas mengenai Perlindungan Konsumen, istilah produsen tidak lagi digunakan. Istilah yang digunakan saat ini adalah pelaku usaha, yang berarti setiap perorangan maupun badan usaha, berbentuk hukum maupun bukan badan hukum, baik sendiri maupun bersama-sama menyelenggarakan kegiatan usaha.

Baca Juga: Distributor adalah: Perbedaan dengan Supplier dan Tips Suksesnya


Berbagai Fungsi Produsen

produsen adalah 2

Produsen adalah individu maupun kelompok yang bertanggung jawab dalam produksi barang. Namun, fungsi ahli produksi tidak sekadar membuat produk yang akan dijual oleh pedagang dan dikonsumsi oleh konsumen. Fungsi ahli produksi juga termasuk menyerap tenaga kerja dalam proses produksi barang.

Ahli produksi bertindak sebagai sumber lapangan kerja bagi sumber daya masyarakat sekitarnya. Contohnya adalah pembuat tempe, yang fungsinya tidak sekadar mengolah kedelai menjadi tempe, tetapi menyerap sumber daya manusia untuk membantu proses produksinya.


4 Bidang Bisnis Produsen

Produsen adalah mereka yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari industri hingga agraria. Anda tentu mengenal ahli produksi mobil yang termasuk bidang industri dan produsen sarden yang termasuk bidang agraria. Berikut empat bidang bisnis ahli produksi paling umum di Indonesia.

1. Industri

Produsen di bidang industri contohnya adalah pertekstilan, kerajinan, dan perakitan. Produsen bidang industri bertanggung jawab mengolah bahan mentah menjadi barang jadi.

2. Perdagangan

Meskipun produsen adalah mereka yang memproduksi barang, ternyata ada ahli produksi yang tidak mengubah bentuk suatu produk. Produsen bidang perdagangan seringnya tidak mengubah bentuk barang karena hanya membeli dan menjualnya kembali.

3. Jasa

Produsen tidak selalu memproduksi barang, bisa pula menyediakan jasa. Itulah yang dilakukan oleh ahli produksi jasa, contohnya perbankan, layanan hukum, dan pengangkutan. Mereka menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat,

4. Agraria

Produsen agraria biasanya fokus memproduksi barang dari hasil alam, misalnya hewan dan tumbuhan. Mereka mengolah hewan dan tumbuhan menjadi produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya adalah perikanan darat, perkebunan, pertanian, dan peternakan.

Baca Juga: Apa itu Distributor dan Apa Bedanya dari Agen?


Cara Mendapatkan Produsen Berkualitas

Produsen adalah awal dari proses perdagangan, di mana mereka berperan sebagai pihak yang memproduksi barang maupun jasa. Oleh karena itu, apabila Anda mengelola suatu bisnis, penting untuk memiliki ahli produksi tepercaya dan berkualitas. Simak tips menemukan ahli produksi berkualitas berikut ini.

1. Tentukan dulu produk yang akan Anda jual

Langkah pertama, tentukan produk yang akan Anda jual. Apakah itu produk jadi yang tinggal dijual kembali atau produk yang jadi bahan baku barang jualan Anda. Sebagai contoh, Anda mengelola usaha frozen food, maka yang Anda butuhkan adalah ahli produksi frozen food dengan berbagai macam pilihan makanan. Berbeda jika Anda menjual burger, maka yang dibutuhkan adalah pembuat roti, daging, saus, dan lainnya.

2. Datang langsung ke lokasi produksi

Demi memastikan kualitas dan pengolahan produk, Anda bisa datang langsung ke lokasi produksi. Siapa tahu, harga murah yang ditawarkan oleh produsen berhubungan dengan rendahnya kualitas pengelolaan produk.

Sebagai contoh, ada pembuat bakso menjual murah produknya, namun ternyata lebih banyak tepung dan penyedap rasa yang digunakan alih-alih daging sapi. Karenanya, Anda perlu mengecek ke tempat produksi jika ingin memastikan kualitas suatu barang.

3. Cari di online marketplace

Bila tak ada waktu untuk datang langsung ke lokasi produksi, maka Anda bisa mencari produsen di online marketplace. Bisa juga melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk bertemu dengan pembuat yang Anda butuhkan. Masukkan saja kata kunci pencarian produk, selanjutnya Anda sudah dihadapkan pada banyaknya pilihan dari berbagai pembuat.

4. Gabung dengan forum atau komunitas

Bergabung dengan forum atau komunitas bisa memudahkan Anda bertemu dengan pembuat tepercaya. Misalnya untuk mencari pembuat ban motor terbaik, Anda bisa bergabung dengan komunitas otomotif, atau mencari produsen kain bisa ke komunitas fashion, dan sebagainya. Forum dan komunitas ini bisa Anda temukan dalam media sosial online maupun jejaring di dunia nyata.

5. Gunakan website pembanding harga

Untuk menemukan pembuat yang kualitas dan harga produknya bersaing, Anda bisa memanfaatkan bantuan website pembanding harga. Di website pembanding harga ini, Anda hanya perlu memasukkan produk yang dibutuhkan, kemudian akan tersedia informasi pembuat yang menyediakan, berikut dengan harganya. Dari informasi tersebut, Anda bisa memilih propembuatdusen dengan penawaran harga yang cocok.

Baca Juga: Supplier Adalah: Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Distributor


Produsen adalah hulu sebuah proses perdagangan, di mana ia adalah individu maupun kelompok yang memproduksi barang. Pemilik bisnis pastinya membutuhkan jasa pembuat untuk menyuplai barang di tokonya. Oleh karenanya, pastikan Anda menemukan pembuat berkualitas yang bisa memastikan keamanan stok barang. Tak lupa, cari pembuat dengan harga bersaing.

Bicara soal harga, pastikan Anda mencatat seluruh transaksi dengan pembuat. Tujuannya adalah memudahkan dalam pencatatan keuangan bulanan maupun tahunan. Catatan transaksi dengan pembuat juga bisa jadi informasi akurat tentang naik turunnya harga produk. Agar memudahkan pencatatan transaksi, gunakan aplikasi kasir Moka POS!

Aplikasi kasir android-1

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia