Poke Mob, Bisnis Makanan Sehat yang Mengikuti Tren Kekinian

Minat masyarakat akan konsumsi makanan sehat saat ini semakin meningkat. Sadar akan kebutuhan gaya hidup sehat, mereka kerap memulainya dengan menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Salah satu jenis kuliner sehat yang saat ini sedang tren adalah poke bowl. Poke sendiri merupakan kuliner yang berasal dari Hawaii dengan sedikit sentuhan Jepang di dalamnya. Tren pasar yang saat ini bergerak ke arah healthy food membuat Hendry dan istrinya mendirikan bisnis restoran bernama Poke Mob.

Poke MobPemilik Poke Mob, Hendry dan istri

 

Bagaimana awal mula Pokemob terbentuk?

Restoran yang khusus menyajikan menu poke bowl ini hadir di daerah Jakarta Barat, tepatnya di Puri Indah. Tidak hanya menyehatkan, Poke Mob hadir dengan penamaan menu yang unik, yakni dengan penamaan kota-kota di seluruh dunia. Pemilihan namanya pun tidak sembarangan, karena setiap nama memiliki artinya masing-masing.

“Misalnya Berlin, itu menu poke bowl khusus vegetarian kami. Kenapa? Karena Berlin adalah kota dengan jumlah vegan terbanyak di dunia,” ujar Hendry.

Melihat persaingan restoran yang menyediakan menu poke bowl cukup banyak, Hendry juga memiliki beberapa strategi yang membedakannya dengan restoran Poke lain. Pertama dari segi pemilihan tempat, di mana di Jakarta Barat belum banyak yang menyediakan restoran healthy food khususnya poke bowl. Kedua adalah dari segi kualitas

 

Apa yang membedakan Pokemob dari restoran poke lainnya?

“Kualitas adalah yang membedakan Poke Mob dengan restoran poke bowl yang lain. Misalnya, kebetulan istri saya memiliki supply di industri tuna. Seperti ikan tuna, di Indonesia sendiri rata-rata kualitas tunanya kurang baik sehingga ditolak untuk ekspor. Kami mengambil tuna kualitas ekspor yang sebenarnya tidak dijual di Indonesia,” ujar Hendry.

Poke MobSalah satu menu di Poke Mob

 

Apa arti pesaing bagi Pokemob?

Memiliki pesaing memang menjadi tantangan sendiri bagi orang yang menjalani bisnis. Inilah yang dipercaya oleh Henry dengan Poke Mob. Menurutnya, pesaing justru akan membuat kita lebih melek dengan keadaan sekitar. Keberadaannya akan membuat kita tetap berinovasi dan senantiasa meningkatkan kualitas. “Intinya, cari yang terbaik untuk konsumen kita,” katanya.

 

Apa kunci sukses bagi Pokemob?

Dalam memulai bisnis restoran sendiri, Henry memiliki tiga kunci penting yang dapat menentukan kesuksesan. Pertama adalah makanan itu sendiri, kedua adalah kebersihan tempat yang dimiliki, dan ketiga adalah pelayanan yang baik.

“Mau tempat seindah apa pun kalau makanannya tidak enak, pasti tidak akan jalan. Lalu kebersihan, jika kita memiliki konsep kafe namun terdapat sarang laba-laba atau bahkan tikus, konsumen tidak akan mau datang. Yang ketiga itu service. Kita sebagai tuan rumah harus menjamu mereka sebaik mungkin. Pokoknya dengarkan konsumen kita,” kata Henry menjelaskan.

Poke MobHendry tampak serius sedang diwawancara

 

Seberapa jauh teknologi membantu Pokemob berkembang?

Sebagai orang yang memiliki latar belakang di bidang IT, Henry memanfaatkan teknologi untuk memudahkan jalannya aktivitas operasional restoran miliknya. Terutama baginya, ia #PercayaMoka sebagai salah satu aplikasi kasir terbaik untuk membantunya mengatur menu, mengetahui jumlah penjualan yang didapat setiap harinya, serta penghitungan stok lewat Inventory Management.

“Moka sangat membantu saya dari segi analisis bisnis. Misalnya, saya dapat mengetahui mana menu yang jadi best seller. Kita bisa liat grafiknya. Selain itu dengan Moka, kita bisa memantau bisnis kita di mana pun,” kata Hendry.

Poke MobMenu lain yang cukup laris di Poke Mob. Hendry menjelaskan produk mana yang paling populer atau laku dibeli dalam seminggu bisa dilihat dengan aplikasi kasir Moka.

Dengan memanfaatkan teknologi, Poke Mob milik Hendry mampu berkembang meski baru berumur dua bulan. Keep improving, mendengarkan konsumen, dan jangan egois adalah pesan dari Hendry untuk Anda yang hendak membangun bisnis restoran.

“Pada dasarnya, bisnis adalah tentang konsumen Anda. Dengarkan market demand. It’s a matter of our ability to adjust with the current trend,” tambahnya.

linkedin

Tags: Percaya Moka percayamoka