Moka Logo
Point of Sale untuk Restoran, Mengapa Penting untuk Dimiliki?

Tips Bisnis

Point of Sale untuk Restoran, Mengapa Penting untuk Dimiliki?

3 min
GradyGrady

4 Alasan Mengapa Point of Sale untuk Restoran Sangat Penting – Apabila Anda belum mempunyai sebuah aplikasi kasir, POS System, atau Point of Sale untuk restoran, Anda mungkin dapat memikirkan untuk menggunakannya dalam usaha Anda.

Apabila Anda belum memutuskan untuk menggunakan POS, coba pikirkan beberapa hal ini, dalam dunia usaha, sebuah POS bukan hanya sebuah keinginan, tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Berikut beberapa alasan mengapa Point of Sale untuk restoran sangat penting untuk dimiliki usaha Anda.

4 Alasan Mengapa Point of Sale untuk Restoran Sangat Penting

point of sale untuk restoran - aplikasi kasir moka - pos system

1. Point of Sale untuk Restoran Melancarkan Komunikasi Staf Anda

Mengantar pesanan dari pelanggan melalui Point of Sale untuk restoran dibandingkan dengan melakukannya secara manual, akan menghemat waktu yang sangat banyak.

Semakin cepat order diterima, akan semakin cepat juga makanan atau minuman tersaji kepada pelanggan Anda dengan begitu akan meningkatkan perputaran meja yang dapat diisi oleh lebih banyak pelanggan.

Hal ini juga membantu untuk restoran yang menganut sistem quick service seperti coffee shop di mana diharuskan membayar lebih dahulu sebelum menikmati hidangan agar antrian tidak terlalu panjang dan lama.

Baca juga: Definisi dan Fungsi dari Point of Sale (POS)

Sebagai tambahan, kesalahan dalam penyiapan hidangan yang dilakukan oleh para staf dapur Anda akan menjadi lebih sedikit apabila menggunakan POS dibandingkan dengan sistem manual. Mungkin tidak akan terasa pada awalnya, tetapi seiring berjalannya waktu, perubahan tersebut akan jauh lebih terasa.


2. Sistem POS Mengurangi Pencurian, Penyusutan, dan Pemborosan

Dengan menggunakan Point of Sale untuk restoran, pemilik dan manager operasional restoran tersebut dapat mengetahui inventaris dan juga laporan penjualan dari makanan dan minuman yang di jual.

Hal ini akan mengurangi pencurian, penyusutan dan pemborosan dengan mengetahui apabila staff Anda memakan masakan restoran tanpa membayar, mengambil bahan makanan untuk pemakaian pribadi, atau menawarkan diskon khusus untuk keluarga dan teman-teman mereka.

Baca juga: 5 Alasan Aplikasi Kasir Restoran adalah Kunci Sukses Bisnis Anda

Aplikasi kasir dapat diatur agar Anda tidak perlu membeli stok barang berlebihan ataupun kekurangan stok barang.


3. Sistem POS Mempermudah Perihal Tenaga Kerja

Banyak sistem kasir yang memfasilitasi modul tenaga kerja untuk mengetahui kebutuhan dari para pemilik usaha, sebagai contohnya waktu libur dari para staf pekerja.

Modul dalam POS ini juga dapat digunakan sebagai waktu absensi dari para staf Anda, dengan begitu Anda dapat lebih mengontrol untuk kedisiplinan para pekerja restoran Anda.

Point of Sale untuk restoran Anda juga dapat memonitor upah pekerja dan persentase dari komisi bagi yang menggunakan komisi sebagai bonus bagi para pekerjanya. Aplikasi kasir dapat mengetahui apabila pekerja Anda masuk kerja atau tidak.

Dengan begitu Anda tidak akan kelebihan membayar pegawai karena hanya akan menjadi mubazir dan juga dapat memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan pelayanan yang baik dengan pegawai yang cukup tanpa kekurangan.

Dengan melihat sejarah penjualan dari laporan, Anda dapat memprediksi waktu mana yang pas untuk menambah atau mengurangi pegawai.

Terlebih lagi, kebanyakan POS system sudah memiliki sistem akunting sendiri sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk menghitung secara manual. Hal ini akan mengurangi kesalahan dalam penghitungan dan juga menghemat waktu Anda.


4. POS System Memberikan Perlindungan Ganda untuk Keamanan Transaksi Anda

Banyak Point of Sale untuk restoran yang saat ini sudah bekerja sama dengan beberapa bank yang menerima pembayaran menggunakan kartu. Standar yang digunakan untuk melindungi transaksi Anda yang meliputi pembayaran dan pelanggaran data yang menjadi semakin umum.

Keamanan yang lebih untuk data disediakan oleh fitur seperti pembaca biometrik, contohnya sidik jari dan perangkat keras yang membaca kartu identifikasi individu para staf Anda. Fitur-fitur ini mengontrol akses ke sistem POS dan, dalam kasus tertentu, dapat melacak siapa yang menggunakannya

Manajer Operasional restoran tersebut bahkan dapat mengatur level yang dapat mengakses sistem tersebut, contohnya manajer dapat mengatur pengembalian uang, sedangkan staf biasa hanya dapat melakukan transaksi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Point of Sale untuk restoran merupakan investasi yang besar bagi para pemilik restoran. Namun, mengingat kemampuan yang sebuah POS system dapat dilakukan seperti yang telah dijelaskan diatas, ini merupakan investasi yang sangat baik.

Lebih baik lagi, sekarang Anda tidak perlu berinvestasi secara mahal untuk sebuah sistem POS yang bagus untuk restoran Anda.

Moka POS merupakan sistem POS yang akan membantu Anda dalam menjalankan usaha Anda secara leih maksimal. Moka juga bisa digunakan untuk mencatat laporan penjualan secara real-time, memberikan reward atau diskon untuk pelanggan setia, mengatur tampilan meja restoran, dan masih banyak lagi.

Apabila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana Moka dapat membantu usaha restoran Anda, jangan sungkan untuk mengunjungi halaman sini.

Ingin mencoba aplikasi kasir Moka secara gratis selama 14 hari? Daftarkan diri Anda untuk mengikuti sesi demo berama Moka dan dapatkan penawaran spesial dari kami.

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.