Moka Logo
10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol

Tips Bisnis

10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol

5 min
SaminaSamina

10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol – Belajar tentu tidak selamanya hanya membaca buku saja. Di era yang serba praktis dan digital ini, Anda punya banyak pilihan alternatif untuk belajar bisnis dan wirausaha.

Jika Anda memiliki jadwal yang padat dan tidak punya waktu untuk mengikuti kelas dan membaca lama, mendengarkan podcast di tengah kesibukan Anda bisa jadi pilihan yang baik dan efektif untuk menambah pengetahuan.

Apa Itu Podcast?

Podcast untuk belajar bisnis dari nol (1)

Menurut Oxford English Dictionary tahun 2005, podcast adalah file audio berseri yang berisi ucapan kata-kata, musik, materi siaran, dan lain sebagainya, yang tersedia di internet untuk diunduh ke komputer atau pemutar media portable.

Baca juga: 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

Menurut Merriam-Webster Online Dictionary, podcast adalah program musik atau bincang-bincang yang tersedia dalam format digital untuk diunduh dari internet.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa podcast adalah seri audio online yang berisi ragam informasi dan dapat diakses selama ada jaringan internet. Untuk mengetahui podcast bisnis mana saja yang bisa Anda simak, yuk ikuti 10 channel podcast untuk belajar bisnis dari nol.

10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol

1. Ngobrol Bisnis oleh Panji Prabowo

Ini dia podcast untuk belajar bisnis yang pertama. Platform bincang-bincang bisnis, profesi, keuangan ini dipublikasikan oleh Panji Prabowo.

Episode yang dirilis bervariasi mulai dari obrolan santai motivatif, tips dalam berbisnis, sesi diskusi bersama pebisnis muda inspiratif, sampai pandangan pelaku bisnis profesional mengenai berbagai strategi dan kesempatan bisnis sesuai perkembangan zaman.

Baca juga: 15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2020 dengan Keuntungan Maksimal

Semua topik yang dibahas dalam channel ini dikupas cukup dalam oleh Panji Prabowo. Bahasan yang padat dan mudah dimengerti ini akan memudahkan Anda untuk mengeksplor ragam pandangan bisnis langsung dari para pelaku bisnis lokal.


2. Bisnis Bareng Bram oleh Septian Bramandita

Media podcast bisnis yang fokus terhadap online entrepreneurship, marketing, dan digital marketing ini diampu oleh Septian Bramandita dengan sederhana dan komprehensif.

Di channel ini Anda akan mendapatkan seri monolog oleh Septian Bramandita yang membahas ragam pandangan soal bisnis sebagai seorang Social Media Strategist.

Baca juga: 7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis yang Ingin Sukses

Bahasan yang singkat, padat, sederhana, dan komprehensif dalam channel ini akan membantu Anda dalam menambah pandangan Anda dalam bisnis dan wirausaha, terutama bagi Anda yang masih pemula.


3. FINTALK oleh FINTALK

FINTALK adalah platform sharing monolog tentang bisnis, investasi, finansial, dan gaya hidup. Jika Anda mencari channel podcast yang membahas ragam pandangan tentang bisnis finansial usaha hingga finansial personal untuk gaya hidup Anda, channel podcast ini cocok untuk Anda simak sambil menjalani kegiatan sehari-hari Anda.

Baca juga: 7 Kutipan Bisnis Steve Jobs Paling Inspiratif

Pembahasan yang dibawa dalam channel ini dipaparkan dengan jelas, detail, dan mudah dimengerti dan cocok bagi Anda pemula dalam dunia bisnis dan manajemen finansial.


4. Yukbisnis Podcast oleh Yukbisnis.com

Sudah dengan podcast untuk belajar bisnis ini? Konten yang ditawarkan di channel Yukbisnis Podcast ini adalah rangkaian sesi menjawab pertanyaan netizen mengenai masalah bisnis yang sedang mereka hadapi.

Baca juga: Inilah 3 Jenis Literasi Penunjang Skill Pengusaha, Wajib Dikuasai

Mayoritas topik yang dijawab dan dibahas adalah strategi marketing produk melalui beragam platform online. Bahasan-bahasan yang dibungkus secara ringan, jelas, dan padat ini cocok bagi berbagai kalangan pebisnis baik pemula, maupun Anda yang sudah lama menekuni dunia bisnis.


5. Penasaran Digital oleh William Jakfar

Jika Anda adalah pengusaha digital marketing yang membutuhkan insight dalam berstrategi, Anda bisa coba dengarkan podcast Penasaran Digital melalui Spotify.

Channel podcast yang diampu oleh edukator digital marketing bernama William Jakfar ini menawarkan pandangan-pandangan tentang digital marketing melalui sudut pandang perusahaan.

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol

Meski konten podcast-nya sudah lama tidak aktif memposting audio baru, konten-konten yang sudah ada di channel-nya bermanfaat untuk didengar bagi Anda pegiat bisnis yang membutuhkan tambahan wawasan yang jelas, praktis, dan mudah dipahami.


6. Smart Passive Income Podcast oleh Pat Flynn

Jika Anda mencari channel podcast yang tidak hanya terperinci secara bahasan melalui audio, tetapi juga materi-materi dalam bentuk teks, Anda akan senang mendengarkan Smart Passsive Income Podcast yang diselenggarakan Pat Flynn.

Selain di Spotify, podcast untuk belajar bisnis ini dapat diakses melalui situs reguler tanpa perlu memasang aplikasi apapun. Di dalam situsnya, tersedia juga catatan, ringkasan bahasan yang akan didalami, referensi teks online yang bisa Anda akses, serta transkrip lengkap percakapan dalam setiap podcast-nya.

Baca juga: 7 Buku Inspiratif yang Harus Dibaca Pebisnis Perempuan

Semua itu tersedia secara gratis. Konten interview bersama para pebisnis dari podcast ini sangat bagus bagi pengusaha segala level untuk menambah wawasan dari berbagai bidang bisnis.


7. Ambitious Entrepreneur Show by Annemarie Cross

Ambitious Entrepreneur Podcast Network bisa menjadi salah satu podcast untuk belajar bisnis yang bisa Anda dengarkan. Podcast ini menawarkan berbagai ragam tips dan langkah-langkah dalam mewujudkan bisnis impian Anda.

Channel podcast yang diselenggarakan Annemarie ini mengundang tamu-tamu pembicara profesional yang datang dari berbagai latar belakang dan bidang bisnis.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan dengan 5 Ide Promo Terlaris saat Single’s Day

Podcast-podcast ini akan sangat membantu Anda dalam mengarahkan bisnis Anda menjadi lebih baik, seperti cara mencuri perhatian di sebuah marketplace, cara mendapat banyak klien, cara memproyeksikan kemampuan berbisnis Anda, dan lain sebagainya.

Di setiap episode podcast-nya juga tersedia poin-poin singkat mengenai materi bahasan serta profil singkat tentang tamu pembicaranya.

Channel podcast ini tersedia di ragam platform seperti Apple Podcasts, Google Podcasts, Stitcher, Spotify, dan lain sebagainya. Silakan kunjungi webnya di link berikut ya!


8. How I Built This with Guy Raz

Jika Anda sedang butuh inspirasi dan motivasi dalam membangun bisnis impian Anda, channel podcast “How I Built This with Guy Raz” bisa jadi pilihan tepat bagi Anda.

Guy Raz dari NPR.org mengupas lebih dalam cerita-cerita dibalik kesuksesan pengusaha dari berbagai perusahaan di dunia. Bagi Anda yang menyukai podcast dengan gaya naratif, dinamis, dan mendalam, podcast ini bisa menjadi hiburan yang bergizi untuk pengetahuan bisnis Anda.

Baca juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Di setiap episodenya, tersedia deskripsi singkat tentang apa saja yang diceritakan. Penasaran? Anda bisa akses podcast untuk belajar bisnis ini langsung dari link situs di atas serta berbagai platform penyedia podcast seperti NPR One, Apple Podcast, Google Podcasts, Pocket Casts, Spotify.


9. Entrepreneurs On Fire

“Entrepreneurs On Fire” adalah salah satu podcast untuk belajar bisnis terbaik di iTunes yang dibawakan oleh John Lee Dumas. Channel podcast ini berisi ragam sesi bincang-bincang bersama berbagai pelaku usaha ternama.

Baca juga: 6 Cara Menarik Hati Milenial untuk Dapatkan Untung bagi Bisnis Anda

Konten-konten yang dibawakan akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan pandangan serta strategi dalam mengatur bisnis dan keuangannya.

Dengan lebih dari 2000 episode tersedia, Anda bisa memulai dari mana saja untuk mendapatkan informasi bermanfaat di dalamnya. Di setiap episodenya juga tersedia tiga poin singkat untuk memberi gambaran bahasan apa yang dibawakan.


10. Online Marketing Made Easy oleh Amy Porterfield

Jika Anda tertarik untuk belajar lebih dalam tentang bagaimana cara memulai bisnis online, cara mengembangkan penjualan bisnis online, dan sebagainya, Anda bisa coba dengarkan podcast ini.

Dalam podcast ini, Amy Porterfield membahas aspek-aspek penting dalam bisnis online seperti pemasaran media sosial, content marketing dan branding yang disertai langkah-langkah yang mudah untuk dipraktekkan

Untuk memudahkan pencarian materi Anda, Amy juga menyediakan deskripsi singkat mengenai apa yang akan dibahas dalam setiap episodenya. Channel podcast ini dapat Anda dengarkan langsung di Spotify dan kanal podcast lainnya.

Baca juga: Apa Itu Cloud Computing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Itulah 10 rekomendasi podcast untuk belajar bisnis. Dengan adanya media podcast ini, Anda jadi bisa lebih produktif baik dalam kegiatan sehari-hari maupun dalam menjalankan bisnis Anda.

Ilmu bertambah, waktu pun tetap dapat dimanfaatkan secara efektif. Dalam menjalankan bisnis, penting bagi Anda untuk tetap efektif dan efisien dalam menerapkan teori serta strategi yang Anda sudah pelajari.

Nah, untuk membantu produktivitas bisnis Anda, Moka siap membantu menyusun catatan keuangan serta inventaris bisnis Anda. Dengan aplikasi kasir Moka, operasional bisnis Anda pun akan lebih terbantu dan Anda juga tidak perlu pusing dengan urusan kasir. Ingin coba gratis Moka selama 14 hari dan merasakan langsung kemudahannya?

 

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.