Business Insight

Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Ditolak? Ini 7 Solusinya...

By Sintia Astarina on June, 3 2020
Sintia Astarina

Sr. Content Editor MOKA

Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Ditolak? Ini 7 Solusinya... - Ada berbagai cara untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Misalnya, menggunakan tabungan pribadi, meminjam ke keluarga atau teman, meminjam ke bank, atau melalui institusi teknologi finansial (tekfin).

Faktanya, mengajukan pinjaman bisnis melalui tekfin sangat dimanfaatkan para pemilik usaha beberapa tahun belakangan ini. Selain dapat membantu usaha berkembang, meminjam melalui tekfin relatif mudah, cepat, dan bunganya pun bersaing.

Kendati begitu, bukan berarti semua pengajuan pinjaman yang masuk akan diterima begitu saja. Apabila Anda pernah mengajukan pinjaman tetapi ditolak, cek alasannya di sini. Untuk menghindari penolakan pinjaman modal usaha di kemudian hari, berikut ini 7 hal yang bisa Anda lakukan.

7 Solusi Jika Pinjaman Modal Usaha Ditolak

1. Cari tahu penyebab penolakan

modal bisnis - tips mengembangkan umkm - dana darurat - akuntansi

Pinjaman Anda ditolak? Jangan menyerah! Setelah mencari tahu kemungkinan-kemungkinan mengapa ajuan pinjaman Anda ditolak, saatnya untuk pastikan langsung penyebabnya ke pihak peminjam. Hal ini penting untuk diketahui agar Anda bisa mempelajari kesalahan dan prosedur yang dilakukan pihak peminjam dan mengapa peminjam menolak ajuan Anda. 

Saat penolakan, pihak peminjam umumnya diwajibkan untuk memberi penjelasan rinci alasan penolakan, data apa saja yang dijadikan dasarnya, informasi bagaimana cara dapat laporan kredit, dan cara mengoreksi informasi tidak akurat dalam laporan.

Baca juga: Seberapa Penting Modal Usaha untuk Bisnis Anda?

2. Kumpulkan semua data dan review satu per satu

menegcek laporan penjualan dengan menganalisis data - Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Ikuti prosedur pengecekan peminjam dan tinjau ulang profil keuangan Anda. Jangan lupa untuk mengecek kembali data pinjaman dan pendapatan Anda. Telitilah laporan pinjaman Anda. Apabila ada kesalahan, koreksi laporan secepatnya. Jika Anda kurang yakin dengan kesalahan yang ada, hubungi pihak peminjam untuk mendapat penjelasan lebih lanjut mengenai kriterianya.

3. Bangun riwayat kredit dengan baik

analisis laporan penjualan - pinjaman modal usaha ditolak

Jika Anda belum punya kartu kredit, buatlah dan gunakan dengan baik. Pastikan kartu kredit Anda aktif digunakan untuk membuat pinjaman sewajarnya dan lakukan pembayaran tepat waktu. Dengan begitu, Anda akan punya riwayat kredit yang baik, mendapat rate bunga lebih tinggi dan kemungkinan ditolak lebih kecil.

Baca juga: 9 Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

4. Jaga dan tingkatkan kestabilan pendapatan

memantau orderan masuk - peluang usaha sampingan karyawan - 4 Tips Mengembangkan UMKM Agar Mampu Bersaing

Apabila bisnis Anda sedang mengalami penurunan pendapatan, teliti kembali faktor penyebab penurunan dan carilah solusi tepat untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

5. Cek laporan keuangan terkini

dana - modal - uang - pendanaan - arus kas bisnis - Pinjaman Modal Usaha Ditolak

Jika Anda memiliki pinjaman yang belum terdeteksi, cek kembali laporan keuangan Anda dan catat data agar Anda tahu pinjaman mana yang perlu dibayar. Setelah itu, hubungi pihak peminjam untuk mendiskusikan rencana pembayaran. Jangan lupa buat persetujuan tertulis untuk menghapus riwayat buruk laporan kredit Anda.

Baca juga: Ingin Sukses Mendapatkan Pinjaman Modal? Berikut Ini 7 Langkah Praktisnya

6. Selesaikan pinjaman yang ada

rupiah - uang - modal - 8 Alasan Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Ditolak

Pinjaman yang Anda miliki berpengaruh terhadap ketersediaan untuk mengajukan pinjaman baru. Calon peminjam Anda dapat mengakses riwayat pinjam Anda dan menilai kemampuan ekonomi Anda. Mengurangi jumlah pinjaman akan membuat profil finansial membaik dan dinilai mampu untuk membayar pinjaman.

7. Jangan ragu untuk ajukan pinjaman kembali

mencari modal untuk bisnis - pinjaman modal usaha ditolak

Setelah Anda mengetahui kenapa pengajuan pinjaman modal usaha Anda ditolak dan Anda pun sudah melakukan poin-poin di atas demi memperbaiki profil keuangan bisnis, yuk jangan ragu untuk mengajukan pinjaman kembali.

Baca juga: 13 Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan Saat Wabah Corona

Apabila Anda membutuhkan pinjaman modal usaha, Anda bisa mengajukannya ke Moka Capital. Ada dua layanan yang bisa Anda manfaatkan, yakni Moka Capital Lending di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp2 miliar dari mitra institusi finansial yang telah dimonitor dan diregulasi OJK.

Sementara itu, Anda juga bisa memanfaatkan Moka Capital Investment untuk mendapatkan modal usaha dari investor melalui sistem equity crowdfunding.Pengajuannya mudah, praktis, dan semua data penjualan Anda sudah terintegrasi dengan sistem Moka POS. Data-data Anda pun terjamin keamanannya dan yang paling penting, Anda tidak perlu memberikan jaminan ketika mengajukan modal usaha.

Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai Moka Capital dan coba ajukan pinjamannya!

Coba Moka Capital

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia