Business Insight

Butuh Pinjaman Modal Usaha Awal? Ini Cara Cepat & Aman Mendapatkannya

By Yovita on October, 2 2022

Apakah Anda sedang mempertimbangkan pinjaman modal usaha? Modal menjadi salah satu pilar terpenting dalam membangun sebuah usaha. Suatu modal usaha bisa berdampak pada jangka pendek maupun panjang. Misalnya untuk membayar biaya operasional, belanja bulanan, gaji karyawan, dan bisa juga untuk membeli peralatan serta perlengkapan bisnis. Itulah kenapa umumnya sebuah usaha membutuhkan modal dalam jumlah besar.

Masalahnya, dana sebesar itu tentu tidak bisa didapat dengan mudah. Maka dari itu, Anda membutuhkan pinjaman modal usaha awal agar bisnis tetap bisa jalan. Seiring dengan berkembangnya teknologi pula, pengajuan pinjaman untuk modal usaha pun semakin cepat dan mudah. Bagaimana cara mendapatkannya? Mari simak uraian lengkapnya berikut ini!


Bagaimana Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Awal?

uang - modal usaha - keuangan bisnis - finansial - pinjaman modal usaha

Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan pinjaman modal usaha awal. Bahkan beberapa di antaranya tidak mensyaratkan agunan atau jaminan sama sekali. Pada umumnya, pemberi modal akan meminta jaminan dari Anda, yaitu dokumen dan surat-surat berharga yang dianggap ‘senilai’ dengan modal yang Anda ajukan.

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha tentu dengan menghubungi lembaga-lembaga yang berwenang menyediakannya. Anda juga diwajibkan memenuhi seluruh syarat administrasi yang ditetapkan oleh lembaga tersebut. Ketika syarat dan nominal pengajuan Anda disetujui, maka Anda sudah bisa segera mendapatkan dana modal untuk usaha tersebut. 

Baca juga: Ingin Sukses Mendapatkan Pinjaman Modal? Berikut Ini 7 Langkah Praktisnya


Beberapa Opsi Pinjaman Modal Usaha

Lantas, apa saja opsi yang bisa dipilih untuk mendapatkan pinjaman modal usaha? Berikut ini adalah tujuh opsi yang bisa Anda pilih untuk mengambil pinjaman modal.

1. Menggunakan tabungan pribadi

Opsi satu ini adalah cara mendapatkan pinjaman modal usaha yang paling umum digunakan. Sebab, jika Anda memiliki simpanan tabungan dalam jumlah besar, maka lebih baik menggunakan tabungan tersebut daripada mengajukan pinjaman ke pihak lain. Namun, pastikan bahwa tabungan ini sudah bersih, artinya tidak akan digunakan sebagai dana darurat atau untuk keperluan lainnya.

Menggunakan tabungan sebagai modal usaha tentu membutuhkan kesiapan dan keteguhan. Pasalnya, tabungan tersebut harus digunakan secara bijak. Ketika sudah balik modal nantinya, Anda harus bisa mengembalikan dana tabungan tersebut hingga mencapai nominal semula.

2. Memanfaatkan pinjaman dari koperasi

Bila Anda tidak memiliki tabungan yang cukup untuk modal usaha, maka Anda bisa coba melakukan pengajuan di koperasi. Koperasi Simpan Pinjam adalah salah satu lembaga resmi yang bisa memberikan pinjaman modal awal usaha dengan asas kekeluargaan. Nantinya, jika ada sisa dana, maka akan diadakan pembagian sisa hasil usaha yang dibagikan secara merata kepada anggotanya.

Syarat untuk mengajukan pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam umumnya adalah fotokopi KTP, KK, slip gaji, fotokopi PBB, dan rekening listrik. Anda pun juga harus menjadi anggota koperasi tersebut. Biasanya, Anda hanya perlu mengisi formulir keanggotaan untuk mulai bergabung.

3. Pinjaman modal usaha online 

Pinjaman online saat ini memang tengah naik daun. Pasalnya, pengajuan pinjaman secara online sangatlah mudah, cepat, tidak perlu persyaratan yang rumit, dan yang utama, tanpa jaminan aset sama sekali. 

Syarat pengajuan modal usaha online biasanya hanya membutuhkan lampiran KTP asli, NPWP, dan slip gaji. Jika mendaftar melalui aplikasi, maka Anda hanya akan dimintai foto selfie memegang KTP. Rentang usia debitur harus di antara 21-60 tahun.

Berkat kemudahannya itulah, akhirnya banyak yang tergiur mengajukan pinjaman online. Namun, Anda harus ekstra waspada karena banyak pinjaman online yang ilegal, ditandai dengan tidak terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Meski demikian, tentu tetap ada pinjaman online yang telah beroperasi atas izin resmi pemerintah. Sejak bulan Oktober 2021, total ada 106 pinjaman online di Indonesia yang sudah mengantongi izin resmi dan terdaftar melalui OJK. Contoh pinjaman online yang memiliki izin resmi adalah Koinworks dan Modalku yang tergabung sebagai Moka Capital Partner. Pinjaman online seperti inilah yang sebaiknya Anda gunakan karena terjamin aman dan jelas legalitasnya.

4. Mengoptimalkan aset yang dimiliki

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengoptimalkan semua aset yang Anda miliki. Apakah Anda memiliki simpanan seperti emas batangan, perhiasan, atau barang elektronik berharga? Jika demikian, maka Anda bisa menggadaikannya di perusahaan gadai yang legal dan memiliki track record baik.

Dengan menggadaikan aset-aset berharga, Anda jadi bisa memperoleh dana modal untuk usaha. Pastikan perusahaan gadai yang Anda pilih memang tepercaya. Jangan sampai aset yang Anda gadaikan justru hilang tanpa kejelasan setelah digadaikan.

Selain emas dan perhiasan, Anda juga bisa menggadaikan kendaraan. Syarat pengajuannya biasanya meliputi fotokopi KTP atau identitas lain, BPKB asli, STNK asli, menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK), dan menyerahkan barang jaminan. Kondisi fisik kendaraan setidaknya berusia lima tahun terakhir untuk kendaraan roda dua dan sepuluh tahun terakhir untuk roda empat. Dana yang Anda peroleh nantinya akan disesuaikan dengan kondisi fisik kendaraan yang telah Anda ajukan.

5. Kredit Usaha Rakyat

Jenis pinjaman modal usaha ini memang dikhususkan bagi para pemilik UMKM. Salah satu syarat KUR adalah harus memiliki usaha yang telah berjalan selama minimal enam bulan. Syarat ini tergantung pada kebijakan masing-masing penyedia pinjaman. 

Selain itu, syarat pengajuan KUR perseorangan yang perlu Anda lengkapi antara lain KTP, KK, NPWP, dan surat keterangan usaha. Surat keterangan ini harus menyatakan bahwa usaha Anda telah berjalan selama minimal enam bulan atau sesuai syarat yang ditentukan. Kemudian, Anda juga perlu menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa Anda tidak sedang menerima kredit produktif dari perbankan atau kredit program lain dari pemerintah.

Pengajuan pinjaman KUR bisa Anda lakukan di beberapa bank pemerintah yang telah menjalin kerja sama. Secara umum, kredit yang ditawarkan KUR tergolong rendah, yaitu pada kisaran 10-15% per tahun. Dana yang Anda peroleh pun juga lumayan, bisa mencapai Rp300 juta dalam sekali pengajuan.

6. Crowdfunding

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha yang berikutnya adalah melalui crowdfunding. Crowdfunding adalah metode pengumpulan dana usaha secara kolektif lewat platform online. Pernahkah Anda berdonasi di Kitabisa? Itulah salah satu contoh metode pengumpulan dana secara kolektif.

Namun, karena ini bertujuan untuk kepentingan modal usaha, maka crowdfunding yang Anda lakukan harus disertai dengan grand design proyek atau bisnis Anda. Misalnya dengan membuat proposal bisnis semenarik dan sedetail mungkin, prospek, tujuan bisnis, serta proyeksi jangka panjang dan pendeknya. Dengan begitu, para pemberi modal akan tertarik untuk mendanai proyek Anda.

Sama seperti pinjaman online, crowdfunding juga termasuk metode berbasis online yang rawan kriminalitas. Banyak ancaman dan risiko yang harus Anda waspadai, salah satunya yaitu crowdfunding ilegal. Pastikan Anda memilih platform yang sudah mendapat izin usaha resmi dari OJK untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. 

Beberapa contoh platform crowdfunding yang legal dengan izin OJK adalah LandX dan Bizhare. Keduanya juga merupakan crowdfunding partner dari Moka Capital.

7. Kredit Modal Kerja

Selanjutnya, ada Kredit Modal Kerja yang menawarkan pinjaman usaha jangka pendek, yaitu hanya sekitar satu tahun saja. Kredit Modal Kerja sering ditawarkan oleh beberapa bank kepada pemilik usaha yang bergerak di sektor perdagangan, jasa, atau yang berkaitan dengan proses produksi.

Pinjaman ini masih termasuk ke dalam Kredit Modal Usaha. Namun, Kredit Modal Kerja punya cakupan yang lebih luas. Penggunaannya bisa untuk modal operasional bisnis, membayar utang, dan lain-lain.

Syarat pengajuan pinjaman Kredit Modal Kerja perseorangan tidak ada yang begitu khusus. Anda harus melengkapi formulir aplikasi, melampirkan fotokopi KTP, KK, NPWP, rekening koran atau giro minimal enam bulan terakhir, surat izin usaha, dan dokumen kepemilikan rumah.

Namun, jika Anda berencana mengajukan pinjaman sebagai badan usaha, maka Anda perlu fotokopi KTP seluruh pengurus dan pemegang saham perusahaan, salinan laporan keuangan, akta pendirian perusahaan dan perubahannya, surat izin usaha, dan salinan dari dokumen kepemilikan agunan.


Alternatif Pinjaman Modal Usaha dengan Pengajuan KTA Online

pinjaman modal usaha

Selain tujuh opsi pinjaman modal usaha seperti di atas, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan pengajuan KTA online. KTA online merupakan alternatif pinjaman modal yang praktis dan syaratnya tidak memberatkan.

KTA adalah akronim dari Kredit Tanpa Agunan. Sesuai namanya, Anda bisa mengajukan kredit tanpa agunan atau jaminan sama sekali dengan KTA yang ditawarkan oleh layanan perbankan. KTA menawarkan dana tunai yang bisa cepat cair dalam jangka waktu 24 jam setelah Anda mengajukan pinjaman. Berbasis online, Anda pun bisa mengajukan pinjaman dengan lebih mudah lewat aplikasi maupun situs website yang disediakan.

Keunggulan KTA terletak pada beberapa faktor. Pertama, limit pinjaman KTA bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta Rupiah, jauh lebih tinggi daripada pinjaman online yang hanya berkisar di bawah 10 juta Rupiah. Tenor KTA juga lebih panjang daripada pinjol, yaitu bisa sampai 60 bulan. Terakhir, bunga KTA pun relatif jauh lebih rendah daripada pinjol. Bunga paling tinggi terletak pada angka 30% dalam setahun, lebih rendah daripada pinjol yang bisa mencapai 100+% dalam setahun.

Meskipun menawarkan banyak benefit, masih banyak orang yang gagal dalam pengajuan KTA online. Maka dari itu, jika Anda berniat untuk meminjam modal lewat KTA, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu syarat dan ketentuan umum pengajuan KTA online berikut ini.

  • Berusia 21-65 tahun (sampai selesai tenor pinjaman).
  • Berpenghasilan kotor minimal Rp2,5 juta per bulan untuk karyawan dan Rp3,5 juta untuk pengusaha.
  • Memiliki kartu kredit dengan limit minimal Rp15 juta.
  • Masa aktif kartu kredit di bank lain minimal 9 bulan.
  • Telah bekerja atau membuka usaha setidaknya 1 tahun. Jika merupakan karyawan, Anda harus berstatus karyawan tetap.
  • Berada dalam wilayah atau area yang sudah ditentukan.
  • Status tempat tinggal.
  • Menyiapkan fotokopi KTP, kartu kredit, dan NPWP.
  • Lolos BI Checking dan SLIK OJK.
  • Lolos survey lapangan.

Baca juga: Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Ditolak? Ini 7 Solusinya...


Rekomendasi KTA Online Proses Cepat

Ada banyak opsi KTA online yang bisa memproses pengajuan Anda dengan cepat. Selain itu, KTA online berikut ini juga jelas legalitasnya sehingga aman Anda gunakan.

1. Koinworks

Koinworks adalah KTA online yang bisa memberikan jumlah pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp2 miliar. Tenornya bermacam-macam, mulai dari 6, 9, 12, 15, 18, hingga 24 bulan. Bunganya berada di kisaran 9-18% per tahun, tergantung tenor yang Anda pilih. Jika Anda membayar pinjaman dana lebih awal dari perjanjian yang telah disepakati, Anda tidak akan dikenai penalty fee.

Proses pencairan dana dari Koinworks akan berlangsung paling lama 19 hari setelah pengajuan. Secara umum, ada empat tahapan yang perlu Anda lalui, mulai dari pengecekan validitas dokumen hingga proses pencairan dana. 

2. Modalku

Berikutnya, Modalku juga bisa memberikan KTA online dengan proses cepat, yakni hanya lima hari saja. Jika Anda mengajukan pinjaman di Modalku, maka ada tiga tahapan yang harus Anda lalui. Pertama, proses pengecekan validitas dokumen (1 hari kerja). Kedua, proses pengecekan risiko pinjaman (2-3 hari kerja). Dan terakhir, proses pencairan dana (1 hari kerja).

Modalku adalah bagian dari Moka Capital Partner. Bila Anda tertarik untuk mengajukan KTA online di Modalku, maka pastikan Anda memenuhi semua syarat dan ketentuannya. Cek di sini untuk mengetahui semua persyaratan yang lebih lengkap. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan terkait pinjaman dana lewat Modalku.

Aplikasi kasir android-1


Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan 

Selain berbagai cara di atas, pemerintah Indonesia juga menyediakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang bisa Anda manfaatkan. Bagi Anda pengusaha UMKM, pinjaman yang bisa Anda dapatkan dari pemerintah ini berupa BLT UMKM dan KUR. Namun, Anda harus memenuhi semua persyaratannya agar bisa memperoleh bantuan tersebut.

Syarat memperoleh pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan adalah sebagai berikut:

  • Tidak sedang dibiayai lembaga lain.
  • WNI.
  • Memiliki bisnis UMKM. Reseller dan dropshipper tidak diperkenankan mendaftar.
  • Memiliki surat izin usaha.
  • Berdomisili di wilayah yang telah ditentukan.
  • Memiliki bisnis UMKM yang sudah berjalan selama 6 bulan.
  • Melengkapi dokumen persyaratannya, meliputi foto KTP, foto selfie, laporan penjualan, surat izin usaha, dan mutasi rekening 3 bulan terakhir.
  • Lolos proses verifikasi.


Hal Lain yang Perlu Disiapkan saat Merintis Usaha dari Nol

Bila Anda berencana untuk merintis sebuah usaha, maka Anda harus tetap optimis. Modal memang sesuatu yang penting agar bisnis Anda bisa berdiri. Namun, Anda tak perlu khawatir karena modal bisa tetap dicari. 

Selain fokus mengumpulkan modal, sebaiknya Anda juga memperhatikan beberapa hal lain berikut ini agar persiapan pembukaan bisnis jadi semakin lancar.

  • Menentukan produk atau jasa yang akan Anda jual.
  • Menyusun visi dan misi usaha. Hal ini penting karena bisa membuat Anda tetap berpegang teguh pada jalurnya.
  • Rajin mencatat hal-hal penting, misalnya detail barang, operasional, kegiatan usaha, atau rintangan yang Anda hadapi. 
  • Melakukan evaluasi. Di sini, Anda sekaligus bisa menentukan strategi berikutnya yang akan diterapkan untuk kemajuan bisnis.
  • Fokus pada satu bisnis terlebih dahulu. Ketika satu sudah stabil, barulah Anda bisa beralih ke bisnis Anda lainnya jika ada.
  • Jangan takut gagal.
  • Terus belajar. Carilah rekan atau mentor yang bisa bantu Anda untuk terus berkembang dan berproses.
  • Disiplin waktu untuk melatih Anda saat telah menjalankan bisnis nantinya.
  • Menyiapkan manajemen keuangan usaha dengan baik, mulai dari mencatat rekap transaksi, pembukuan, laporan penjualan, akuntansi, dan evaluasi.


Merintis usaha dari nol memang tidak mudah, tapi jelas tidak mustahil. Anda harus menyiapkan semuanya, terutama dari segi modal usaha. Kalau Anda sedang membutuhkan suntikan pinjaman modal usaha, Anda bisa coba mengajukan pendanaan modal usaha dari Moka Capital. Moka Capital adalah platform andalan para pelaku bisnis UMKM karena bisa memberikan pendanaan untuk modal usaha melalui lender finansial yang telah menjalin kerja sama dengan Moka dan pastinya telah mengantongi izin resmi dari OJK.

Baca juga: Moka Capital, Solusi Mudah Pinjaman Online

Moka Capital telah menjalin kerja sama dengan beberapa platform pendanaan terbaik di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Koinworks, Modalku, dan platform crowdfunding seperti Bizhare dan LandX. Melalui platform tersebut, Anda dan seluruh pengusaha UMKM tidak perlu mengajukan pinjaman modal usaha yang cenderung merepotkan. Jadi, mari bergabung bersama Moka Capital!

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia