Pie Susu Asli Enak, Bisnis Keluarga Pelopor Oleh-oleh Terlaris di Bali

Jika Anda hendak berlibur ke Bali, kira-kira oleh-oleh apa yang ada di benak Anda untuk diberikan pada kerabat terdekat? Tentu salah satunya pie susu, bukan? Nah, kepopuleran pie susu ini tidak terlepas dari sebuah bisnis keluarga yang sudah ada sejak tahun 1989 bernama Pie Susu Asli Enaaak.

pie susu asli enakSumber: Instagram @piesusuenakasli

 

Sejak kapan Pie Susu Asli Enak berdiri?

Kini, I Made Adi Saputra atau yang biasa disapa Adi telah memegang jalannya bisnis ini sejak tahun 2006. Awalnya, bisnis ini hanya sekadar bisnis rumahan yang dijalankan oleh ibu dari Adi. Alasan kenapa memilih pie susu yang tadinya tidak memiliki nama pun hanya karena anak-anaknya suka, termasuk Adi.

Penjualannya pun dulu masih di sekitar toko-toko di Denpasar. Meski awalnya penjualan tergolong susah, lama-lama mulai ada pelanggan yang menanyakan. Di sini lah ibunya mulai memikirkan nama dari produk penjualannya. Bentuknya yang seperti pie serta topping yang bahannya terbuat dari susu lah yang membuatnya dinamakan pie susu. Adi berkata bahwa Pie Susu Asli Enaaak merupakan pelopor pie susu di Bali sehingga banyak ditiru dan menjadi oleh-oleh khas Bali.

pie susu asli enakTampilan luar Pie Susu Asli Enak

 

Strategi pemasaran apa yang digunakan Pie Susu Asli Enak?

Dulu saat awal mereka merintis, ada strategi marketing unik yang dilakukan oleh ayah Adi. Melihat ada jualannya yang tersisa dan karena sayang jika dibuang, ayahnya kerap membawa sisa-sisa pie susu tersebut untuk dibagikan di beberapa tempat, seperti di bandara. Hingga akhirnya, pie susu dikenal oleh banyak orang dari berbagai daerah dan dicari hingga ke toko.

pie susu asli enakTampilan dalam Pie Susu Asli Enak

 

Apa arti pesaing bagi Pie Susu Asli Enak?

Meski sekarang sudah banyak kompetitor sejenis, Adi sendiri mengaku tidak takut. Baginya, kompetitor adalah motivasi agar pie susu miliknya tetap jadi yang terbaik. Terbukti bahwa Pie Susu Original miliknya tetap menjadi best seller di tokonya yang rata-rata laku terjual hingga 30 ribuan bungkus dalam sehari.

“Kita manjakan pelanggan dengan inovasi-inovasi baru. Misalnya mereka bosan, kita coba menu makanan dan pastry yang lainnya,” ujar Adi.

pie susu asli enakSalah satu produk Pie Susu Asli Enak

 

Seberapa jauh teknologi membantu Pie Susu Asli Enak untuk berkembang?

Kesuksesan Pie Susu Asli Enaaak pun tak lepas dari pemanfaatan teknologi. Semakin berkembangnya teknologi membuat bisnis ini mau tidak mau mengikuti perkembangan zaman, salah satunya adalah dengan menerapkan aplikasi kasir. Adi pun mempercayakan Moka sebagai aplikasi kasir untuk bisnisnya.

“Dengan Moka, saya bisa mengetahui penjualan produk mana yang paling laris. Kemudahan lainnya adalah mengakses laporan melalui email, misalnya saya tidak sedang berada di toko. Selain itu, saya pun bisa mengecek stok inventaris yang tersedia secara real time. Di mana pun berada, bisa saya cek dengan mudah,” ujar Adi.

 

Apa tips berbisnis untuk para pemula?

Tak lupa, pria berusia 33 tahun ini memberikan tips bagi orang yang ingin memulai bisnis. Menurutnya, semua harus didasari dengan kemauan untuk berbisnis. Mantapkan diri terlebih dahulu, baru pikirkan bisnis yang ingin dijalani. Selain itu, memiliki relasi juga tak kalah penting.

“Agar memiliki bisnis yang long lasting, kita harus mengikuti perkembangan zaman, termasuk teknologi serta mendengarkan apa yang pelanggan inginkan,” pesan Adi.

linkedin

Tags: percayamoka Percaya Moka