Business Insight

7 Tips Kelola Pesanan Online, Pengusaha Wajib Tahu!

By Yovita on August, 15 2022

Mengelola pesanan online yang rapih mungkin adalah kunci manajemen bisnis yang baik. Apalagi saat pesanan sedang ramai-ramainya, Anda tidak boleh panik dulu. Lakukan prosesnya dengan teliti, namun jangan sampai pesanan bertumpuk. Selain itu, mengelola pesanan dengan sebaik dan sedetail mungkin juga akan membuat pelanggan merasa puas telah berbelanja di toko Anda.

Lalu, seperti apa cara mengelola pesanan online yang baik? Mari, simak tipsnya berikut ini!

Baca juga: Tak Disangka, Ini 7 Produk Jualan Online Paling Laku


7 Tips Kelola Pesanan Online

pesanan online - Moka

1. Teliti pesanan online yang masuk

Pertama, teliti kembali pesanan online yang telah masuk. Anda sebagai penjual harus melakukan cross check pesanan dari pelanggan. Lihatlah detail pesanannya, mulai dari jenis, ukuran, warna, jumlah pesanan, dan sebagainya. Anda harus pastikan bahwa barang yang Anda kemas telah sesuai dengan pesanan pelanggan. Teliti juga alamat dan nomor telepon pelanggan, jangan sampai salah meng-input.


2. Cek stok barang 

Tips mengelola pesanan online berikutnya adalah selalu cek stok ketersediaan barang. Hal ini sangat penting karena manajemen stok adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh semua pebisnis. Namun, tak bisa dimungkiri bahwa terkadang ada suatu waktu ketika pesanan tiba-tiba melonjak sehingga manajemen stok jadi berantakan.

Tak perlu khawatir, saat ini ada aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mengelola stok toko online dan offline Anda, yaitu Moka POS. Dengan layanan manajemen stok dari Moka POS, Anda bisa mengecek stok barang lebih mudah.

Bahkan, ada fitur pengingat yang bisa bantu Anda memantau stok barang yang mulai menipis. Praktis dan efisien, kini Anda tak perlu pusing lagi memikirkan stok barang karena Moka POS telah mengambil alih tanggung jawab tersebut.


3. Jangan lupa cek ongkos kirim

Berikutnya, ketika pesanan online sudah siap, jangan lupa untuk cek ongkos kirimnya. Pastikan alamat pelanggan sudah benar-benar sesuai, setelah itu cek jasa ekspedisinya. Pastikan Anda menawarkan beberapa pilihan jasa ekspedisi pada pelanggan agar mereka bisa memilih. Setidaknya, sediakan dua hingga tiga pilihan yang berbeda berdasarkan harga, kecepatan pengiriman, dan jangkauannya. Cantumkan juga semua informasi tersebut pada toko Anda sehingga pelanggan bisa memilih sendiri sebelum check out.

Kecepatan pengiriman akan memengaruhi kelancaran bisnis Anda. Maka dari itu, pilihlah jasa ekspedisi yang mampu memberikan manfaat untuk bisnis Anda. Pelanggan tentu ingin segera mendapatkan barang pesanannya, bukan? Maka dari itu, Anda harus tahu perusahaan ekspedisi tepercaya sekaligus tercepat bagi pelanggan.

Baca juga: 10 Ide Jualan Online yang Laris di Tahun 2022


4. Berikan personal touch pada pesan konfirmasi shipping 

Setelah memastikan barang pesanan dapat terkirim secepat mungkin, Anda bisa menambahkan personal touch pada pesan konfirmasi shipping tersebut. Biasanya, setelah barang dikirim, online shop bisa kirim konfirmasi email untuk memberikan resi ke pelanggan. Di email inilah Anda bisa tambahkan personal touch tentang brand atau toko online Anda, misalnya deskripsi singkat tentang toko dan sebagainya. 

Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan link atau QRIS menuju akun media sosial bisnis Anda. Pelanggan pun bisa share pembelian mereka ke media sosial. Strategi ini sangat bagus karena bisa meningkatkan brand awareness bisnis Anda sendiri.


5. Beri ucapan terima kasih pada pesanan online 

Salah satu rahasia yang bisa membuat toko Anda semakin dikenal adalah lewat kartu ucapan terima kasih. Cara ini memang terkesan sepele, namun efeknya cukup besar. Dengan menambahkan ucapan terima kasih pada pesanan online milik pelanggan, apalagi yang handwritten atau tulis tangan, mampu menunjukkan ketulusan Anda sebagai penjual.

Ucapan terima kasih yang ditulis tangan akan menciptakan kesan lebih personal dan hangat. Bahkan, tak sedikit pelanggan yang justru menyimpan kartu-kartu ucapan terima kasih semacam ini karena terlalu sayang untuk dibuang.

Kartu terima kasih yang manis juga biasanya diunggah oleh pelanggan di media sosial mereka. Sekali lagi, ini bisa membantu mendongkrak brand awareness bisnis Anda. Maka dari itu, sempatkan untuk memberikan kartu ucapan terima kasih pada pesanan pelanggan, ya!

Baca juga: 8 Strategi Jualan Online untuk Usaha Agar Unggul di Online Commerce


6. Batasi penerimaan komplain 

Berjualan online tentu tak bisa lepas dari komplain pelanggan. Anda harus siap kapan pun untuk menerima dan merespons komplain tersebut. Agar tidak terjadi komplain yang tidak perlu, Anda bisa mencantumkan deskripsi produk di platform jualan Anda serinci dan sejelas mungkin. 

Dengan begitu, pelanggan bisa membaca semua informasi terkait produk sebelum benar-benar membelinya. Inilah salah satu strategi jualan online yang baik. Ketika pelanggan mengajukan komplain atas sesuatu yang sebenarnya telah Anda informasikan di deskripsi produk, maka Anda bisa mencegah barang retur dari pembeli. Batasi juga waktu pengajuan komplain, misalnya 2x24 jam setelah pesanan diterima, untuk meminimalisir kerugian.


7. Minta pelanggan memberikan review setelahnya

Ketika pesanan telah sampai di tangan pelanggan, jangan lupa untuk berterima kasih dan meminta review. Review produk memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kelancaran bisnis Anda. Semakin banyak dan semakin bagus review yang Anda dapat, semakin banyak pula orang yang tertarik untuk berbelanja di toko Anda.

Secara tak langsung, review ini bisa menjadi bukti bahwa Anda adalah penjual yang amanah. Produk Anda pun terbukti berkualitas dan sesuai ekspektasi pelanggan. Ketika review toko Anda tinggi, penjualan Anda pun dijamin akan ikut deras!


Itulah tujuh tips mengelola pesanan online untuk pelanggan. Bisnis yang lancar adalah bisnis yang punya manajemen dan operasional yang terstruktur, rapi, dan efisien. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil!

mokapos

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia