Moka Logo
Biar Makin Cuan, Ini 5 Persiapan Bisnis Jelang Tahun Baru Imlek

Tips Bisnis

Biar Makin Cuan, Ini 5 Persiapan Bisnis Jelang Tahun Baru Imlek

3 min
MikyMiky

Biar Makin Cuan, Ini 5 Persiapan Bisnis Jelang Tahun Baru Imlek – Tahun Baru Imlek menjadi salah satu perayaan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Menjelang hari besar ini, biasanya konsumen memiliki kebiasaan, seperti membeli dekorasi dan hiasan, persiapan sembahyang, serta membeli baju baru.

Baca juga: Ingin Sukses? Ini 5 Shio Paling Beruntung untuk Memulai Bisnis 2020

Tentu, hal ini menjadi celah yang potensial bagi para pebisnis. Banyak yang memanfaatkan peluang di Tahun Baru Imlek ini untuk meningkatkan penjualan, brand awareness, atau menjaga hubungan mereka dengan pelanggan lewat serangkain program loyalitas.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mulai mempersiapkan perayaan ini? Sebelumnya, Anda mesti mencari tahu dulu apa saja 5 persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang tidak boleh dilewatkan.

Dengan demikian, bisnis Anda pun bisa berjalan dengan lebih maksimal!

Biar Makin Cuan, Ini 5 Persiapan Bisnis Jelang Tahun Baru Imlek

1. Stok Barang

peluang bisnis menjanjikan saat Tahun Baru Imlek 2020 - 5 Persiapan Bisnis Saat Tahun Baru Imlek

Ini dia persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang pertama. Anda mungkin berencana untuk tetap buka saat perayaan Tahun Baru Imlek nanti. Akan tetapi, suppiler barang belum tentu tetap buka. Bisa saja, mereka memilih untuk menutup toko alias libur.

Untuk itu, Anda harus mencari tahu jadwal supplier lebih awal untuk mengetahui apakah mereka tetap buka atau tutup saat Imlek. Jika tutup, Anda bisa melakukan pengadaan stok barang lebih awal untuk menghindari kehabisan stok libur Imlek nanti.

Baca juga: Cek Keberuntungan Bisnis Anda dengan Ramalan Shio 2020 Ini

Jangan lupa, analisis juga penjualan Anda di tahun kemarin. Misalnya, Anda ingin menjual amplop angpao. Apabila saat Imlek kemarin Anda masih memiliki sisa amplop angpao dalam jumlah yang cukup banyak, pikirkan kembali apakah Anda akan menyetok dalam jumlah yang sama atau akan Anda kurangi.

Begitu juga dengan barang-barang yang tidak tahan lama. Pikirkan ulang berapa banyak item yang akan Anda stok dan pastikan semuanya bisa laku terjual


2. Dekor Toko agar Makin Meriah

Tahun Baru Imlek (8)

Untuk memeriahkan dan menghadirkan suasana Imlek, Anda dapat menghias toko dengan dekorasi khas Imlek. Tidak harus mendekorasi ulang toko, cukup menghadirkan hiasan seperti lampion berwarna merah atau hiasan bunga meihua imitasi sudah membuat suasana Imlek terasa.

Baca juga: 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

Suasana yang khas dan berbeda tentu bisa menjadi salah satu daya tarik pelanggan untuk mampir ke toko Anda, lho!

Nah, ada baiknya Anda mengeluarkan budget khusus untuk mendekorasi toko Anda sehingga cashflow perusahaan tetap terjaga.

Lalu, bagaimana dengan Anda yang hanya memiliki toko online? Tenang saja, Anda tetap bisa memasukan unsur Tahun Baru Imlek pada foto atau poster promo yang dirilis. Tambahkan ornamen lampion, barongsai, warna merah, atau apa pun itu yang memberikan kesan Imlek.

Tidak sulit, bukan?


3. Buatlah Program Spesial yang Berkaitan dengan Imlek

peluang bisnis menjanjikan saat Tahun Baru Imlek 2020 - 5 Persiapan Bisnis Saat Tahun Baru Imlek

Mau meningkatkan penjualan dan menambah keuntungan? Ini dia persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang selanjutnya.

Buatlah sebuah program spesial di Tahun Baru Imlek yang mampu menarik minat pengunjung untuk datang ke toko Anda.

Baca juga: 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Misalnya, untuk setiap pembelian produk atau jasa senilai Rp500.000, pelanggan bisa mendapatkan Lucky Angpao yang berisi voucher cashback atau voucher diskon untuk pembelian selanjutnya. Selain meningkatkan penjualan, loyalitas pelanggan juga bisa meningkat, lho!

Siapa tahu, pelanggan bukan hanya datang di saat menjelang perayaan besar saja, melainkan di hari-hari biasa. Tentu saja, setelahnya Anda perlu menjaga hubungan baik dengan pelanggan supaya mereka tak lari ke kompetitor, ya!

 



4. Atur Penempatan Meja Pelanggan Secara Efisien

dinner bersama di restoran

Layaknya perayaan tahun baru lainnya, Tahun Baru Imlek juga dijadikan sebagai momen untuk makan malam bersama dengan keluarga tercinta di restoran.

Sebagai pemilik usaha, terutama usaha restoran, Anda tentunya tidak ingin mempersulit pelanggan dalam mencari meja kosong atau membuat pelanggan lama menunggu demi sebuah meja saja.

Semua itu bisa diatasi dengan mudah dengan menggunakan fitur Table Management Moka POS. Fitur ini bisa menghadirkan visualisasi meja restoran di layar tablet.

Anda bisa memeriksa meja mana yang kosong dan terisi juga bisa mengetahui durasi pelanggan berada di restoran. Pencatatan pesanan pun lebih akurat karena Anda dapat menyimpan open bill sesuai dengan meja pesanan.


5. Promo di Dunia Digital

promosi bisnis di media sosial

Ini dia persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang tak boleh Anda lewatkan. Melakukan promosi lewat media digital bisa menjadi salah satu strategi jitu yang mampu menumbuhkan bisnis lebih cepat. Pertanyaannya, bagaimana caranya?

Anda bisa membuat berbagai konten kreatif di media sosial, kemudian mengiklankannya lewat Facebook atau Instagram Ads. Anda juga bisa membuat artikel blog yang SEO-nya sudah dioptimasi sehingga para pelanggan akan lebih mudah menemukan informasi mengenai toko atau bisnis Anda.

Perlu diingat, sediakanlah budget khusus untuk promosi di dunia digital supaya arus keuangan Anda bisa lebih rapi dan teratur.

Nah, itulah dia persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang perlu Anda perhatikan. Jangan lupa, untuk pencatatan penjualan yang lebih rapi dan serba otomatis, andalkanlah aplikasi kasir Moka.

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Dengan aplikasi kasir Moka, Anda bisa memonitor bisnis dari mana saja dan kapan saja. Selain Table Management, andalkan pula  Loyalty Program untuk semua pelanggan Anda atau Inventory Management guna mengetahui jumlah stok bahan baku secara real-time.

Mau tahu fitur lain di aplikasi kasir Moka yang akan semakin memudahkan bisnis Anda? Klik banner di bawah ini, ya!

Social Media Share :
Miky

Miky

Penulis di Blog Moka