Moka Logo
9 Peralatan Usaha Laundry Kiloan yang Wajib Disiapkan

Tips Bisnis

9 Peralatan Usaha Laundry Kiloan yang Wajib Disiapkan

5 min
JordhiJordhi

9 Peralatan Usaha Laundry Kiloan yang Wajib Disiapkan – Bisnis laundry merupakan salah satu ladang bisnis potensial yang bisa Anda jalani. Betapa tidak, bisnis ini bisa didirikan dalam skala kecil maupun besar. Bahkan, bisnis laundry rumahan saja sudah bisa menghasilkan omset hingga belasan juta rupiah, tertarik ingin mencobanya?

Sebelum terbuai oleh omset bulanan dari usaha laundry kiloan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui soal bisnis ini. Mulai dari target pasar, lokasi usaha, besaran tarif, karyawan yang diperlukan, hingga perlengkapan yang harus disiapkan.

Baca juga: Tambah Cuan dengan 10 Tips Sukses Jalani Bisnis Laundry Kiloan

Namun, sebelum Anda benar-benar memulai usaha laundry kiloan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu perlengkapan apa saja yang diperlukan.

Dengan mengetahui macam-macam perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha laundry kiloan, Anda jadi bisa mulai menghitung berapa perkiraan modal yang diperlukan. Untuk itu, berikut ini 9 perlengkapan yang wajib disiapkan jika Anda ingin memulai bisnis Laundry.

9 Peralatan Usaha Laundry Kiloan yang Wajib Disiapkan

1. Timbangan

bisnis laundry kiloan (3)

Timbangan menjadi perlengkapan wajib jika Anda ingin membuka laundry kiloan. Tanpa adanya timbangan, maka Anda akan kesulitan dalam menentukan harga.

Untuk itu, Anda membutuhkan timbangan yang presisi. Kebanyakan usaha laundry kiloan memanfaatkan timbangan digital untuk mendapatkan angka yang tepat, tapi  timbangan konvensional pun sebenarnya tidak masalah.

Saat ini menemukan timbangan laundry sudah cukup mudah karena tersedia lengkap di berbagai e-commerce. Hanya saja, pastikan timbangan yang Anda pilih memiliki reputasi baik dan mampu menopang berat hingga puluhan kilo.


2. Mesin cuci

bisnis laundry kiloan - 9 Peralatan Usaha Laundry Kiloan yang Wajib Disiapkan

Perlengkapan selanjutnya tentu saja mesin cuci. Dewasa ini, mencuci dengan menggunakan tangan sudah tidak lagi efektif dan efisien, kecuali untuk pakaian tertentu. Oleh karena itu, yang harus menjadi perhatian Anda saat ini adalah menemukan mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini, mesin cuci terdiri dari dua jenis yaitu top load dan front load. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Whitey White Makassar: Usaha Laundry Sepatu dengan Tenaga Profesional

Mesin cuci top load dikenal lebih andal karena mampu menahan beban yang cukup berat. Mesin cuci top load juga relatif lebih murah ketimbang mesin cuci front load, sehingga dapat menjadi poin plus jika modal Anda terbatas. Hanya saja, mesin cuci top load membutuhkan air dan deterjen lebih banyak untuk mencuci pakaian.

Di sisi lain, mesin cuci front load lebih praktis karena Anda tidak harus repot-repot mengangkat pakaian yang ingin dicuci.

Mesin cuci front load juga lebih hemat air, menghasilkan cucian yang lebih bersih, dan lebih aman untuk jenis pakaian tertentu. Hanya saja, jenis mesin cuci ini terbilang cukup mahal. Jadi, kembali lagi, sebaiknya pilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja ya.


3. Sabun cuci dan pewangi pakaian

usaha laundry kiloan - sabun cuci

Setiap konsumen pasti menginginkan pakaiannya bersih dan wangi begitu selesai dicuci di laundry Anda. Untuk itu, pastikan stok sabun cuci dan pewangi pakaian selalu tersedia lengkap.

Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, Anda bisa menyediakan beberapa alternatif pewangi, supaya pelanggan bisa dapatkan aroma yang mereka sukai.

Baca juga: Langkah Sukses Membuka Bisnis Laundry untuk Pemula

Sebelum menentukan sabun cuci mana yang harus digunakan untuk usaha laundry kiloan, Anda sebaiknya meminta sampelnya terlebih dahulu untuk diuji coba.

Pastikan bahwa sabun cuci yang Anda gunakan tidak merusak pakaian ya. Lebih baik repot di awal daripada repot menghadapi ganti rugi pelanggan di kemudian hari.


4. Hanger dan jemuran

usaha laundry kiloan (1)

Jika Anda memiliki modal terbatas, sehingga masih mengandalkan panas matahari sebagai pengering, maka hanger dan jemuran tidak boleh absen.

Hanger dan jemuran memang menjadi perlengkapan standar dalam mencuci pakain, namun ada satu hal yang harus Anda perhatikan, yaitu bahan dari hanger dan jemuran yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan hanger dan jemuran kawat, maka pastikan kawat tersebut terbuat dari stainless steel atau setidaknya memiliki lapisan plastik di bagian luar. Tujuannya adalah untuk mencegah adanya karat yang mampu merusak warna pakaian. Tentu Anda tidak ingin mendapat teguran dari pelanggan bukan?

Baca juga: Tambah Cuan dengan 10 Tips Sukses Jalani Bisnis Laundry Kiloan

Sebaliknya, jika Anda menggunakan hanger dan jemuran dari plastik, maka pastikan kualitas plastiknya cukup baik untuk digunakan dalam waktu yang lama. Selalu ingat untuk berhati-hati dalam menggunakan jemuran dan hanger plastik guna mengurangi kerusakan.

Satu lagi, jangan lupa untuk bersihkan hanger dan jemuran Anda secara rutin guna menghilangkan kotoran dan debu. Hal sepele semacam ini bisa menolong Anda mendapat komplain dari pelanggan yang pakaiannya kotor di bagian dalam padahal sudah dicuci.


5. Pengering

usaha laundry kiloan - pengering pakaian

Setiap mesin cuci pada umumnya memang sudah dilengkapi dengan pengering. Namun, untuk memastikan kegiatan operasi berjalan lebih mulus, Anda juga bisa menyiapkan alat pengering.

Lebih lanjut, mesin pengering juga dapat membantu Anda lebih cepat menyelesaikan pesanan dalam hitungan jam saja. Dengan demikian, Anda bisa melayani pelanggan jadi lebih baik lagi.

Keberadaan mesin pengering juga bisa bantu kurangi ketergantungan Anda dengan panas matahari. Jadi, jika musim penghujan tiba, Anda tetap bisa melayani pelanggan tanpa perlu khawatir pakaian berbau apek karena tidak kering sempurna.

Hanya saja, untuk membeli mesin pengering memang dibutuhkan biaya yang tak sedikit, yaitu tiga hingga enam juta rupiah.


6. Setrika dan papan setrika

usaha laundry kiloan - setrika

Alat setrika yang baik menjadi kewajiban bagi sebuah usaha laundry kiloan. Tanpa alat setrika yang baik, hasil cucian Anda tidak akan sempurna.

Selain itu, tahap setrika juga bantu hasil cucian jadi lebih higienis karena panasnya yang mematikan kuman dan bakteri yang menempel selama masa penjemuran.

Baca juga: Cara dan Tips Ampuh Memulai Bisnis Laundry Sepatu bagi Pemula

Anda bisa menyiapkan setrika konvensional atau pun alat setrika uap. Namun, untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan setrika uap. Sebab, jenis seterika ini lebih aman dari risiko pakaian rusak akibat panas yang terlalu tinggi. Setrika uap mampu menjangkau sudut-sudut pakaian yang sulit disentuh oleh setrika konvensional.


7. Alat tagging

baju

Pakaian pelanggan yang hilang atau tertukar adalah mimpi buruk dari seorang pemilik usaha laundry kiloan. Sebab, kejadian ini dipastikan dapat membuat sang pelanggan memberikan ulasan buruk kepada lingkungan sekitarnya. Untuk itu, alat tagging atau alat penanda seperti tag gun bisa Anda gunakan.


8. Plastik kemasan

usaha laundry kiloan

Setelah pakaian selesai dicuci, dikeringkan, dan disetrika, kini saatnya dikemas supaya bisa diambil oleh pelanggan. Untuk itu, jangan lupa sediakan plastik kemasan untuk menjaga kebersihan pakain dari pelanggan. Anda bisa dengan mudah temukan plastik pembungkus pakaian dalam berbagai ukuran di toko online atau pun offline.

Baca juga: 9 Peralatan Usaha Laundry Kiloan yang Wajib Disiapkan

Satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengemas pakaian pelanggan yaitu pastikan seluruh pakain tersebut telah kering dengan sempurna. Jika ternyata pakaian-pakaian tersebut masih lembap, maka bisa menimbulkan bau kurang sedap dan juga jamur. Tentunya hal ini tidak Anda inginkan, bukan?


9. Aplikasi kasir digital

Popoluca The Label - bisnis fashion - aplikasi kasir moka pos

Mesin kasir sering disepelekan oleh pemilik usaha laundry kiloan karena menganggap proses transaksi cukup menggunakan buku nota dan kalkulator saja.

Padahal, cara transaksi ini kurang mampu mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu, ini saatnya Anda beralih menggunakan aplikasi kasir digital seperti Moka.

Dengan menggunakan aplikasi kasir Moka, semua transaksi akan tercatat secara otomatis. Sistem Moka juga dapat membantu Anda menghitung komisi pegawai dengan lebih akurat, bantu kenali kebiasaan pelanggan, pencatatan inventaris barang secara real-time, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur Moka yang sangat membantu usaha laundry adalah Loyalty Program. Dengan fitur ini, Anda bisa mencatat siapa saja pelanggan setia usaha laundry kiloan Anda sekaligus mengetahui pola dan kebiasaan transaksi mereka.

Data yang dihasilkan pun akan tersimpan secara detail, sehingga bisa bantu Anda merancang program promosi yang membuat pelanggan tetap setia dengan layanan Anda.

Selain itu, Moka juga telah dipercaya oleh banyak pebisnis yang bergerak di berbagai industri. Mulai dari service, retail, hingga food and beverage. Maka dari itu, sebelum memulai usaha laundry kiloan, percayakan transaksi Anda kepada Moka!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka