Moka Logo
9 Peralatan Barbershop yang Wajib Anda Miliki

Tips Bisnis

9 Peralatan Barbershop yang Wajib Anda Miliki

5 min
JordhiJordhi

9 Peralatan Barbershop yang Wajib Anda Miliki – Membuka bisnis barbershop membutuhkan peralatan-peralatan khusus. Peralatan-peralatan ini digunakan bukan hanya untuk memotong rambut, melainkan juga untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan juga prestise dari barbershop Anda.

Betul sekali, peralatan yang yang keren memang dapat meningkatkan kesan mewah barbershop dan sedikit banyak juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap barbershop Anda. 

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka barbershop hadir dalam beragam varian dan kualitas. Anda bisa memilih tipe yang lebih murah untuk menekan modal awal, bisa memilih peralatan terbaik dengan konsekuensi modal yang lebih tinggi, atau bisa mencari yang berada di tengah-tengah.

Apa pun pilihan Anda, perlu diketahui bahwa alat-alat barbershop ini banyak yang memiliki rentang umur. Artinya, tak semua alat bisa digunakan selamanya karena kerusakan pasti dapat terjadi sewaktu-waktu.

Baca juga: 10 Karakter Pengusaha Sukses Saat COVID-19, Sudah Memilikinya?

Peralatan barbershop yang terbukti kualitasnya merupakan salah satu bentuk investasi cerdas. Layaknya barang-barang mekanikal lainnya, peralatan barbershop pun lambat laun akan rusak akibat pemakaian rutin. Oleh karena itu, pastikan Anda betul-betul mencari perlengkapan yang sesuai antara harga dan kualitas.

Lalu, apa sajakah perlengkapan yang harus Anda siapkan? Berikut ini 10 peralatan barbershop yang wajib Anda miliki sebelum terjun ke bisnsi ini. Catat baik-baik ya!

9 Peralatan Barbershop yang Wajib Anda Miliki

potong rambut - salon - peralatan barbershop

1. Kursi barber

Kursi barber adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam membeli peralatan barbershop. Sebab, kursi inilah yang dapat memastikan nyaman atau tidaknya pelanggan selama di barbershop Anda. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kursi barber, yaitu:

  • Kenyamanan bagi pelanggan dan juga barberman
  • Kesesuaian estetika dengan dekorasi barbershop Anda
  • Material yang tahan lama
  • Kualitas busa, hidrolik, dan kulit yang digunakan
  • Kemudahan untuk dibersihkan
  • Kesesuaian dengan budget 

Saat ini harga kursi barber pun variatif. Di toko online Anda bisa menemukan kursi barber mulai dari harga Rp800.000- hingga di atas Rp10.000.000. Jika budget Anda belum cukup untuk membeli yang baru, membeli kursi barber dari barbershop yang akan segera tutup pun tak apa. Hanya pastikan sudah dicek dengan teliti untuk mencegah kerugian. 


2. Gunting rambut

Ini dia senjata sang barberman dalam mewujudkan keinginan pelanggan. Umumnya, gunting rambut di barbershop terbagi menjadi dua, yaitu gunting rambut biasa dan gunting sasak. Keduanya tentu memiliki kegunaannya masing-masing. Jadi, pastikan keduanya selalu tersedia agar barberman dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Lalu, seperti apakah gunting rambut yang baik? Sebetulnya hal ini kembali ke selera dari sang barberman sendiri. Bahkan, tak jarang barberman yang menggunakan guntingnya sendiri, layaknya seorang chef yang memiliki set pisaunya sendiri.

Namun, jika barberman Anda tidak memilikinya, maka siapkan saja gunting yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Terbuat dari stainless steel agar tidak berkarat
  • Handle yang nyaman untuk digenggam
  • Mata gunting yang tak perlu sering diasah

3. Sisir dengan berbagai ukuran

Sisir adalah perlengkapan pendukung yang tak boleh absen dari tangan barberman. Untuk itu, siapkan sisir dengan berbagai ukuran, mulai dari yang besar hingga kecil, agar barberman bisa bebas menggunakan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Baca juga: Doctor Barber: Barbershop Gaul Langganan Pesepakbola Makassar


4. Mesin pencukur rambut

Ini dia peralatan barbershop lainnya yang wajib ada di tangan barberman , yakni mesin pencukur rambut atau yang juga dikenal dengan nama clipper atau bergas. Mesin ini sangatlah berguna karena mampu mempercepat kerja barberman dalam mewujudkan model rambut yang sesuai keinginan pelanggan. Bahkan, beberapa model rambut tak bisa diwujudkan apa adanya clipper ini. 

Umumnya clipper hanya bisa digunakan dengan dicolok ke listrik. Namun, seiring perkembangan zaman, banyak pula clipper yang bisa digunakan secara cordless alias tanpa kabel. Lalu, bagaimana tips memilih mesin pencukur rambut yang baik?

  • Pertama, tentukan apakah Anda akan menggunakan mesin pencukur dengan atau tanpa kabel. Mesin pencukur dengan kabel biasanya lebih kuat, namun clipper tanpa kabel lebih praktis bagi barberman. Jadi, tentukan berdasarkan kebutuhan Anda.
  • Kedua, pilih mesin pencukur dengan ukuran sisir yang lengkap untuk menciptakan hasil cukur yang sesuai dengan variatif.
  • Ketiga, cari mesin yang halus untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan juga barberman saat digunakan.
  • Keempat, pilih mesin pencukur yang mudah dibersihkan. Percayalah, mesin pencukur ini wajib rutin dibersihkan untuk memastikan mata pisaunya tetap tajam sehingga tidak akan melukai pelanggan saat digunakan.
  • Kelima, pilih mesin pencukur yang sesuai dengan budget. Namun, sekali lagi perlu diingat bahwa mesin pencukur merupakan salah satu investasi penting untuk membuka barbershop. Jadi, membeli mesin pencukur yang berkualitas tinggi tentu bukan sebuah kesalahan.

5. Pisau cukur atau razor

Alat satu ini tak boleh ketinggalan dari peralatan barbershop Anda. Guna adalat ini adalah untuk merapikan hasil cukup, khususnya sisa rambut dan anak rambut yang tak bisa dipotong dengan menggunakan gunting dan clipper.

Pisau cukur ini juga berguna untuk merapikan jambang, kumis, dan jenggot. Bahkan, di beberapa barbershop di dunia juga menggunakan pisau cukur untuk memotong rambut halus di wajah agar tampak lebih muda.


6. Apron pelanggan dan barberman

Apron atau kain penutup adalah peralatan barbershop yang wajib ada. Tujuannya adalah agar pelanggan dan barberman tidak terkena sisa rambut hasil potong.

Namun, khusus untuk konsumen, Anda perlu memerhatikan bahan yang digunakan agar konsumen tidak merasa gatal atau gerah selama potong rambut. Sedangkan apron untuk barberman, pastikan yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan juga memiliki cukup kantong untuk menyimpan alat-alat potong rambut. 


7. Botol semprotan air

Saat sedang menjalankan tugasnya, barberman seringkali menyemprotkan air ke rambut pelanggan. Tujuannya adalah agar rambut lebih mudah ditata sebelum dipotong. Cara ini juga memudahkan barberman untuk mencari tahu apakah potongannya sudah rata atau belum.

Oleh karena itu, pastikan Anda menyiapkan botol semprotan air untuk masing-masing barberman agar tak saling mengganggu performa.

Dalam memilih botol semprotan air ini tidak ada kriteria khusus selain fungsionalitas dan estetikanya saja. Pastikan botol semprotan ini mudah digunakan dan juga enak dipandang. Dengan demikian, barbershop Anda bisa terasa lebih profesional di mata pelanggan. 


8. Handuk dan sikat bulu

Meski tampak sepele, kedua peralatan barbershop ini diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kenyaman pelanggan selama potong rambut. Sikat bulu berguna untuk membersihkan sisa potongan rambut yang mungkin menempel di wajah atau pakaian pelanggan, sedangkan handuk untuk melindungi bagian yang mungkin tak tertutup oleh apron. 

Selain itu, handuk ini juga bisa Anda hangatkan untuk bisa digunakan oleh pelanggan. Sensasi hangat yang menenangkan dari handuk hangat ternyata juga mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan. 

Baca juga: 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini


9. Aplikasi kasir Moka POS

Peralatan terakhir yang Anda butuhkan untuk mendirikan barbershop tentu saja aplikasi kasir Moka. Sebab, aplikasi kasir ini mampu mencatatkan transaksi yang terjadi di barbershop Ada dengan lebih cepat, akurat dan efisien.

Tak hanya sebagai alat untuk mencatat transaksi saja, aplikasi kasir Moka juga punya beragam fitur yang dapat membantu Anda mengmbangkan bisnis barberhop Anda. 

Sebut saja fitur Loyalty Program yang dapat memberikan promo khusus bagi para pelanggan setia di barbershop Anda. Selain itu, aplikasi kasir Moka juga terhubung dengan berbagai produk pendukung dari Moka seperti Moka Capital yang bisa membantu Anda menemukan mitra guna mendapatkan pinjaman modal.

Aplikasi kasir Moka juga bisa membantu Anda menganalisa performa penjualan barbershop karena aplikasi ini secara otomatis membuatkan laporan penjualan yang detail dan komprehensif.

Dengan demikian, Anda jadi bisa lebih mudah merumuskan strategi keuangan selanjutnya karena data yang dibutuhkan tersaji secara real-time untuk Anda. Data-data penjualan pun bisa Anda akses kapan saja dan dari mana saja berkat teknologi cloud yang digunakan.

Tak ketinggalan, fitur Inventory Management di Moka POS juga memudahkan Anda memantau stok produk-produk grooming yang masih ada di barbershop. Fitur ini juga bisa memberikan notifikasi jika sudah saatnya untuk stok ulang. Dengan demikian, belanja kebutuhan bahan baku Anda akan jadi lebih efektif dan efisien.

Itulah dia 9 peralatan barbershop yang wajib Anda miliki. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda gambaran yang lebih utuh tentang apa saja yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah barbershop. Selamat menjalankan bisnis Anda dan apabila Anda ingin mencoba Moka secara GRATIS selama 14 hari.

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka