Moka Logo
5 Penyebab Bisnis Pailit yang Bisa Merugikan Anda, Hindarilah!

Tips Bisnis

5 Penyebab Bisnis Pailit yang Bisa Merugikan Anda, Hindarilah!

3 min
GradyGrady

5 Penyebab Bisnis Pailit yang Bisa Merugikan Anda, Hindarilah! – Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia banyak yang mendulang untung dan menggapai kesuksesan.

Namun tidak dapat dipungkiri, dari sekian banyak usaha yang ada, tidak sedikit yang kandas ditengah jalan bahkan sebelum genap 1 tahun berdirinya usaha tersebut.

Modal usaha yang belum memadai masih menjadi salah satu alasan sulitnya UKM berkembang di Indonesia, terutama bagi mereka yang mendirikan usaha-usaha di daerah yang tidak termasuk kota besar.

Biarpun adanya bantuan dari segi perbankan, itupun melalui proses yang tidak mudah dan agak merepotkan bagi sebagian orang.

Baca juga: Kisah Sukses Vanny Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia

Di sisi lain, masih ada beberapa hal yang sering dilakukan para pelaku usaha yang bisa menjatuhkan usahanya sendiri.

Berikut adalah 5 penyebab bisnis pailit yang tentu akan merugikan diri Anda. Sebaiknya hindarilah!

5 Penyebab Bisnis Pailit yang Bisa Merugikan Anda, Hindarilah!

1. Tidak Mengetahui Caranya Mengatur Keuangan

keuangan - finansial - keamanan keuangan - keuangan bisnis - Tips Finansial untuk Pebisnis - penyebab bisnis pailit

Ini dia penyebab bisnis pailit yang pertama. Beberapa pengusaha lebih handal dalam merencanakan konsep bisnis yang akan dijalankan ataupun dalam menjual produk dan layanan mereka.

Namun, sedikit yang mengerti bahwa keuangan adalah poin yang sangat penting dalam menjalankan usaha.

Baca juga artikel Fitur Akuntansi Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Kecil Menengah

Semua keputusan yang diambil dalam menjalankan usaha akan selalu berhubungan dengan kondisi finansial perusahaan.

Contohnya, Anda ingin melakukan strategi marketing yang cukup memakan budget Anda, disini Anda harus pintar-pintar mengatur keuangan Anda agar tidak terjadinya defisit karena keputusan yang diambil tanpa mengatur keuangan usaha Anda.


2. Memulai Bisnis dengan Modal Yang Minim

Sebagai pemula bisnis usaha kecil menengah, Anda harus memiliki modal yang mencukupi untuk menjalankan bisnis Anda. Dengan memiliki modal yang minim, besar kemungkinan Anda akan kewalahan dalam mengatur keuangan Anda.

Baca juga: 5 Tips Merekrut Akuntan Terbaik untuk Majukan Bisnis

Perlu diingat, banyak hal yang harus Anda pikirkan yang bisa menjadi perhitungan Anda dalam menanam modal.

Contohnya, berapa besar biaya produksi Anda? Berapa banyak pegawai yang Anda butuhkan? Strategi marketing seperti apa yang akan Anda jalankan? Dan juga biaya operasional lainnya yang memerlukan dana agar usaha Anda berjalan dengan lancar.


3. Menganggap Produk Anda Bisa Terjual dengan Sendirinya

menjadi pebisnis di usia muda (2)

Bisnis Anda mungkin menjual produk yang paling canggih dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak. Namun, apabila Anda tidak memasarkan dengan cara yang tepat, tidak akan ada orang yang akan tahu tentang keunggulan produk Anda.

Karena itu, Anda membutuhkan sebuah strategi marketing yang dapat menjual dan memasarkan produk Anda. Kalau tidak, ini bisa menjadi salah satu penyebab bisnis pailit.

Baca juga: Tips Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bagi Bisnis Anda

Dijaman sekarang, banyak strategi marketing yang dapat Anda lakukan demi memasarkan produk Anda. Anda juga dapat memasarkan barang Anda melalui social media dan juga dunia digital lainnya.

Anda juga dapat mempromosikan produk atau jasa Anda ke komunitas yang kiranya cocok dengan target pasar Anda. Harus diingat, strategi marketing yang paling baik adalah Word of Mouth atau “dari mulut ke mulut”.


4. Melakukan Semuanya Sendiri

pebisnis sedih, kecewa, stres - Tips Finansial untuk Pebisnis

Pada usaha kecil, mungkin Anda melihat bahwa segala hal dapat Anda lakukan dengan sendirinya. Namun pada kenyataannya, Anda tetap memerlukan orang yang dapat membantu Anda agar pekerjaan Anda tidak terbengkalai.

Baca juga: 7 Tips Dapat Untung Besar dari Berjualan Makanan di Bazar

Jika ingin menghindari penyebab bisnis pailit, jangan segan meminta bantuan dari para kerabat ataupun memperkerjakan pihak luar seperti outsource yang memang ahli pada bidangnya.

Dengan begitu, Anda dapat memiliki waktu lebih untuk memikirkan tentang cara mengembangkan usaha Anda.


5. Tidak Fokus dalam Satu Bidang

pebisnis stres yang takut mengalami kegagalan - penyebab bisnis pailit

Banyak usahawan yang tidak sabar dalam menjalankan usaha mereka. Apabila tren dari barang yang mereka jual dianggap turun, mereka akan dengan cepat membanting setir untuk menjual barang lain.

Memang cara seperti ini tidak salah, tetapi apabila dilakukan terus menerus akan menimbulkan kebingungan bagi para pelanggannya dan juga bisnis Anda akan kehilangan fokus.

Baca juga: Free E-Book: Tren Mobile Payment dan Dampaknya Bagi Pelaku Bisnis

Hal yang seharusnya Anda perhatikan jika ingin menghindari penyebab bisnis pailit ialah menentukan penjualan mana yang justru paling mendatangkan keuntungan untuk Anda.

Sebuah bisnis yang sukses akan terus bertahan dalam menjual atau mengerjakan yang terbaik dari yang mereka punya.

Ciptakanlah sebuah produk yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan berguna bagi para konsumen, dengan begitu konsumen Anda akan lebih puas dan pelanggan baru akan berdatangan dengan sendirinya.

Di sisi lain, jika Anda ingin fokus pada core bisnis, serahkan saja hal-hal kecil yang bisa diotomatisasikan melalui aplikasi kasir Moka. Dengan Moka, Anda bisa membuat laporan penjualan dengan mudah, mengecek stok inventaris tanpa harus langsung ke gudang, dan sebagainya.

Hemat waktu! Dengan demikian, Anda bisa mengalokasikan waktu berharga Anda untuk lebih fokus dalam memajukan bisnis. Mau coba Moka GRATIS selama 14 hari? Coba sekarang, yuk!

Kini, Anda dapat mengambil langkah yang jauh lebih bijak dengan mengingat semua aspek yang harus dijauhi dalam menjalankan usaha. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya!

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.