Moka Logo
10 Pengusaha Sukses Luar Negeri yang Bikin Makin Semangat Berbisnis

Tips Bisnis

10 Pengusaha Sukses Luar Negeri yang Bikin Makin Semangat Berbisnis

5 min
SaminaSamina

10 Pengusaha Sukses Luar Negeri yang Bikin Makin Semangat Berbisnis – Memulai usaha seringkali menjadi sesuatu yang sulit dan menakutkan.

Keadaan dan rintangan yang dihadapi masing-masing individu untuk membangun usahanya pun bervariasi dan datang secara tiba-tiba.

Di saat-saat kekhawatiran seperti ini muncul, Anda perlu motivasi serta dorongan ekstra dari diri sendiri dan orang lain.

Untuk mendapatkan hal motivasi dan semangat lebih dalam merintis usaha, yuk simak sosok 10 pengusaha sukses dengan kisah inspiratif perjalanan usahanya.

10 Pengusaha Sukses Luar Negeri yang Bikin Makin Semangat Berbisnis

1. Jan Koum, pendiri aplikasi WhatsApp

Jan Kaum pendiri whatsapp (sumber foto techcruch)

Lahir dari keluarga berlatar belakang ekonomi rendah tidak memutuskan semangat belajar Jan Koum. Ia adalah pendiri aplikasi chat WhatsApp yang lahir di desa kecil dekat Kiev di Ukraina.

Ia pindah ke California bersama ibunya dan mulai memiliki ketertarikan di bidang ilmu komputer saat itu. Berkat talentanya, ia ditawari untuk kerja di Yahoo! sebagai insinyur infrastruktur pada tahun 1997 dan memutuskan untuk berhenti kuliah.

Baca Juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil 

Setelah satu dekade bekerja, ia melihat peluang bisnis di ranah aplikasi dan mulai mengembangkan WhatsApp pada tahun 2009 hingga akhir 2017 jumlah pengguna aktifnya mencapai 1.5 triliun orang di seluruh dunia dan menjadikannya salah satu pengusaha paling sukses di dunia.


2. Vicky Popat, pendiri toko online PlantOGram

Vicky Popat, founder Platogram, sumber foto pribadi

Vicky mendapat inspirasi untuk membuat usaha PlantOGram saat ia masih bekerja sebagai seorang guru. Keinginan tersebut berawal dari hobi Vicky dan suaminya menanam tanaman buah eksotis dan melihat peluang bisnis untuk menjadikan tanaman ini sebagai inovasi kado unik yang ramah lingkungan.

Sebagai pasangan baru menikah dengan jam kerja sekitar 40-60 jam setiap minggunya, mereka hanya memiliki sedikit waktu untuk dihabiskan bersama. Akhirnya mereka memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus mengembangkan PlantOGram.

Setelah melalui berbagai rintangan dalam membangun usaha ini, Vicky dan suaminya percaya bahwa untuk menjadi pengusaha yang sukses, mereka perlu mengikuti passion dengan hati-hati dan tetap menghidupi diri dengan cukup.


3. Leah Goldglantz, pendiri blog Leah’s Plate

Leah Goldglantz founder leahplate sumber foto mindbodysocialevents

Terlepas dari kesulitan ekonomi yang dialaminya dalam menjalani kehidupan setelah kuliah, Leah Goldglantz menguatkan dirinya untuk mengubah hidupnya dan memulai lembaran baru di South Florida. Leah’s Plate merupakan buah dari komitmen dan kegigihan Leah dalam menjalani kehidupan sehat dan hobinya membuat posting blog.

Selepas menjalani hidup sehat, ia merasakan perubahan baik yang signifikan dalam dirinya dan termotivasi untuk menyebarkan kebaikan tersebut melalui blog dan akun Instagram-nya.

Kini, ia rutin membagikan resep makanan dan minuman sehat yang mudah diolah dan ingin membuktikan bahwa kita bisa tetap menekuni sibuknya kehidupan tanpa mengorbankan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat dengan 5 Tips Cerdas untuk Jaga Kesegaran Sayur Anda 


4. Francis Davidson dan Lucas Pellan, pendiri situs Sonder

Francis Davidson dan Lucas Pellan jocksupport dot com

Ide brilian untuk usaha bisa datang kapan pun dalam kehidupan Anda. Francis Davidson dan Lucas Pellan melihat peluang bisnis penyewaan tempat tinggal untuk staycation.

Mereka memulai usaha kecil-kecilan tersebut sejak tahun 2014 setiap musim panas. Saat keduanya sedang berada di San Fransisco, mereka mengalami kesulitan berkomunikasi dengan host penginapan yang mereka pesan dan mendapati fasilitas yang tidak baik.

Baca Juga: Bisnis Properti Bukan Hal Yang Menakutkan, Simak 8 Tips Suksesnya Berikut Ini 

Akhirnya hal tersebut membuat mereka keluar dan memesan hotel terdekat. Di saat itu juga, mereka memiliki keinginan untuk memiliki tempat sewa inap dengan fasilitas selengkap hotel, tetapi tetap nyaman seperti di rumah.

Dengan kegigihan dan bekal modal dari usaha mereka sebelumnya, mereka mengembangkan usaha Sonder, situs yang memfasilitasi informasi penginapan dengan fasilitas mumpuni dan senyaman rumah.


5. Do Won Chang dan Jin Sook, pendiri Forever 21

Do Won Chang dan Jin Sook businessinsider

Pasangan suami istri Do Won Chang dan Jin Sook pindah dari Korea ke Amerika pada tahun 1981. Dengan keadaan ekonomi yang tidak baik, Do Won bekerja di tiga tempat sekaligus sebagai petugas kebersihan, petugas pom bensin, dan pelayan kafe untuk memenuhi kebutuhan hidup keduanya.

Setelah memiliki modal yang memadai dari hasil kerja kerasnya, Do Won dan Jin Sook memulai usaha toko bajunya di California pada tahun 1984 dan menamainya Forever 21.

Baca Juga: 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil 

Dalam kurun waktu satu tahun, usahanya meroket dan menghasilkan laba lebih dari 700,000 dolar. Perjuangan keduanya menuju kesuksesan semakin gemilang dan menjadikan usahanya berkelas multinasional dengan total 480 cabang di mancanegara.

Terlepas dari kesulitan ekonomi yang pernah mereka hadapi, dengan kesungguhan dan kerja keras, mereka berhasil menjadi pengusaha sukses dengan bisnis yang mendunia dan bernilai miliaran dolar.


6. Daniel Zakowski, pendiri dan CEO di Ready, Set, Food!

Daniel Zakowski ericaziel com

Daniel tergerak untuk membangun usaha Ready, Set, Food ini dari pengalamannya melihat keponakannya yang menderita alergi parah terhadap kacang, telur, dan susu di usia tujuh bulan.

Daniel pun mencari tahu lebih dalam mengenai alergi makanan dan ia pun menemukan riset yang menunjukkan bahwa 80% dari alergi makanan dapat dicegah lebih awal dengan pengenalan makanan alergenik kepada bayi.

Baca Juga: 9 Tren Bisnis Makanan Terpopuler Sepanjang 2019. Favoritmu yang Mana?

Dari situ lah Daniel termotivasi untuk memberikan wadah pengetahuan dan makanan formula yang dapat mencegah alergi makanan bagi anak-anak. Berkat niat mulia dan ketulusan dalam menjalani usahanya, kini usahanya semakin berkembang dan banyak orang tua yang merasa terbantu atas usahanya.


7. Ingvar Kamprad, pendiri IKEA

Ingvar Kamprad - curbed

Selama tumbuh besar di daerah perkampungan Sweden, mendiang Ingvar Kamprad sudah terbiasa dengan berbagai kegiatan bisnis kecil-kecilan.

Ia dikenal sebagai orang yang suka berjualan di daerah perumahannya, baik itu berjualan pulpen, dekorasi Hari Natal, sampai berjualan ikan.

Baca Juga: 28 Ide Usaha Kreatif yang bisa Anda Rintis dengan Modal Minim di 2019!

Latar belakang ekonomi dan kesulitan yang ia alami tidak menghalangi dirinya untuk tumbuh jadi pengusaha sukses.

Ketekunan dan kebiasaan berbisnisnya ini membuat ia terus menerapkan ilmu serta pelajaran yang ia dapat sampai mampu mengembangkan IKEA hingga memiliki kekayaan bersih $ 58,7 miliar pada Januari 2018 lalu.


8. Amber Fawson dan Cherie Hoeger, pendiri Saalt

Amber Fawson dan Cherie Hoeger - wellinsiders

Amber Fawson, seorang ibu dari empat anak, dan Cherie Hoeger, seorang ibu dari lima anak, mendirikan Saalt atas kepercayaannya bahwa perempuan membutuhkan kenyamanan dan pilihan yang ramah lingkungan atas higienitas masa haidnya.

Motivasi itu datang setelah Hoeger mendengar bibinya bercerita bahwa di toko dekat rumahnya sudah lama tidak menjual pembalut dan tampon.

Baca juga: 25 Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Berlipat 

Di saat itu juga ia terpikirkan akan anak-anaknya serta sampah-sampah yang dihasilkan dari pemakaian tersebut.

Dari situ lah Hoeger dan Fawson mulai mendesain menstrual cup yang dapat digunakan dalam jangka panjang dan ramah lingkungan.Status sebagai seorang ibu tidak menghalangi keduanya untuk menjadi pengusaha sukses dan terus visi dan misi bisnisnya.


9. Christopher Gray, pendiri dan CEO Scholly

Christopher Gray founder schooly - youtube

Tumbuh dari keluarga yang miskin, Christopher Gray tidak pernah membayangkan dirinya mampu mendapatkan gelar sarjana.

Perjalanannya dalam mencari dana beasiswa dan menjadi pengusaha pun penuh rintangan. Lebih dari tujuh bulan, ia berusaha keras mencari berbagai sumber dana beasiswa. Usaha kerasnya pun terbayar dengan berhasilnya ia mendapat beasiswa sebesar 1,3 juta dolar.

Setelah lulus kuliah, Gray melancarkan misinya untuk mengedukasi orang lain dalam hal mencari uang beasiswa dengan mengembangkan aplikasi bernama Scholly.

Aplikasi tersebut dirancang untuk membantu pencarian dana beasiswa untuk kuliah jenjang S1 dan S2, yang kini sudah banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan.

Baca Juga: 20 Peluang Bisnis Modal Kecil untuk Mahasiswa  


10. Cashmere Nicole, pendiri dan CEO Beauty Bakerie

Cashmere Nicole - bustle

Cashmere Nicole merintis Beauty Bakerie saat berjuang sebagai single mother yang berusaha mengimbangkan waktu untuk bekerja, keluarga, sekaligus melawan kanker payudara yang diidapnya. Beauty Bakerie merupakan usaha kosmetik dan kecantikan cruelty free yang peracikannya berawal dari dapur rumah Cashmere.

Berkat ketangguhan dan kesungguhannya dalam menjalani bisnis sampingan tersebut, Cashmere berhasil menjadi pengusaha sukses yang hingga saat ini produk-produknya sudah terjual ke 100 negara di mancanegara.

Keberhasilan usahanya memberi inspirasi bagi kita semua bahwa dalam keadaan apapun, sukses bisa diraih dengan kemauan, usaha yang keras, dan tentunya memanfaatkan peluang yang ada.

Baca Juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial 

Dari ke 10 kisah inspiratif pengusaha sukses luar negeri tersebut, dapat dipelajari bahwa untuk membangun usaha yang sukses tidak hanya tentang modal dan pemanfaatan peluang yang baik.

Kerja keras, kesungguhan, dan ketulusan hati lah yang akan membuat kita bertahan dan terus meningkatkan usaha kita.

Dengan keinginan dan ketulusan hati yang tinggi, situasi sulit apapun akan bisa dilalui, baik itu kekurangan modal, kesehatan, waktu, maupun dari segi kemampuan.

Nah, apabila Anda ingin menjadi pengusaha sukses nantinya, jangan lupa bahwa selalu ada Moka yang membantu bisnis Anda terus berkembang, dari segi pencatatan laporan lewat Moka POS, pembayaran terintegrasi yang mudah dengan Moka Pay, hingga suntikan modal usaha lewat Moka Capital.

Tertarik untuk tahu lebih lanjut mengenai apa itu Moka?

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.