Moka Logo
Pengajuan KTA Online Ternyata Mudah! Ini Tahapan & Daftar Penyedianya

Tips Bisnis

Pengajuan KTA Online Ternyata Mudah! Ini Tahapan & Daftar Penyedianya

3 min
YovitaYovita

Pengajuan KTA online bisa menjadi solusi praktis bagi Anda yang membutuhkan suntikan dana untuk modal usaha. Dengan KTA, Anda bisa langsung dapatkan dana instan dengan mudah dalam waktu yang singkat. Apalagi, proses pencairan dana KTA bisa dilakukan secara digital lewat internet, yaitu melalui aplikasi atau website yang telah disediakan. Sangat bermanfaat apabila ada kebutuhan yang mendesak. 

Lantas, bagaimana cara pengajuan KTA online agar dana cepat cair? Mari cari tahu jawabannya berikut ini!

Baca juga: Pinjaman KTA vs Pinjaman Online? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya


Tahap-tahap Pengajuan KTA Online

dana - modal - uang - pendanaan - arus kas bisnis - Pinjaman Modal Usaha Anda Ditolak - anggaran bisnis - pengajuan kta online

KTA adalah singkatan dari Kredit Tanpa Agunan. KTA online menjadi alternatif yang banyak dipilih oleh para pengusaha untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Secara umum, tahap pengajuan KTA online terdiri dari beberapa proses, mulai dari administrasi hingga verifikasi. Berikut ini adalah tahap-tahap umum pengajuan KTA secara online:

1. Siapkan persyaratan yang dibutuhkan pengajuan KTA online 

Sebelum melakukan pengajuan KTA online, siapkan terlebih dahulu semua persyaratannya. Umumnya, syarat KTA online adalah sebagai berikut:

  • Berusia 21-65 tahun (sampai selesai tenor pinjaman).
  • Menyiapkan fotokopi KTP, kartu kredit, dan NPWP.
  • Berpenghasilan kotor minimal Rp 2,5 juta per bulan (bagi karyawan) dan Rp3,5 juta per bulan (bagi pengusaha).
  • Memiliki kartu kredit dengan limit minimum Rp15 juta.
  • Telah bekerja atau membuka usaha selama minimal 1 tahun.
  • Masa aktif kartu kredit di bank lain minimal 9 bulan.
  • Berada di wilayah yang sudah ditentukan. Hal ini disebabkan karena bank tidak bisa menerima pengajuan dari seluruh Indonesia.
  • Mengisi status tempat tinggal (rumah sendiri/rumah keluarga/rumah dinas/mess perusahaan/rumah sewa/kos).

KTA online memang mengharuskan Anda untuk memiliki kartu kredit. Namun, jika Anda tidak memilikinya, maka Anda bisa mencari bank lain. Beberapa bank mensyaratkan kepemilikan kartu kredit, ada pula yang tidak.

2. Ajukan permohonan pengajuan KTA online

Jika semua syarat sudah komplet, maka selanjutnya Anda bisa mengajukan permohonan KTA online melalui aplikasi atau website penyedia. Aplikasi atau alamat website ini akan berbeda-beda, tergantung platform mana yang Anda pilih nantinya.

Pastikan Anda sudah menetapkan nominal pengajuan KTA online yang Anda butuhkan. Selain itu, pastikan juga Anda sudah menentukan tenornya sesuai dengan kondisi finansial Anda. Hal ini penting karena menentukan keberlangsungan cicilan pembayaran Anda nantinya.

3. Proses verifikasi data 

Selanjutnya, setelah dokumen persyaratan pengajuan KTA online telah diserahkan, maka pihak penyedia akan mengeceknya. Anda pun harus melalui proses BI Checking atau SLIK OJK, phone verification, dan survei lokasi. Bila dinyatakan lolos dan permohonan Anda disetujui, maka Anda harus segera mengurus tahap selanjutnya.

4. Penentuan limit KTA

Tahap berikutnya setelah proses verifikasi berhasil adalah menentukan limit KTA. Bank memiliki dua metode untuk menentukan plafon atau limit KTA ini, yaitu berdasarkan limit kartu kredit dan akumulasi gaji.

5. Proses pencairan pinjaman

Setelah semua tahap pengajuan KTA online selesai dan Anda berhasil melaluinya, maka otomatis Anda akan segera mendapatkan dana KTA. Proses pencairan pinjaman ini cukup cepat, tergantung pihak penyedia yang menyetujui permohonan Anda.


Daftar Pengajuan KTA Online Tepercaya

pinjaman modal usaha

Apakah Anda tertarik untuk mencoba pengajuan pinjaman online? Bila demikian, maka Anda harus mengetahui beberapa daftar KTA online tepercaya di Indonesia. Platform KTA berikut ini sudah mengantongi izin resmi dari OJK, aman, mudah, dan proses pencairan dananya relatif cepat.

1. GoModal

Pertama, ada GoModal dari Gojek yang bisa memberikan pinjaman hingga Rp500 juta untuk Anda. Mengajukan pinjaman lewat GoModal tidak memerlukan dokumen yang merepotkan. Ditambah, pinjaman dana GoModal tidak butuh agunan sama sekali! Mudah dan cepat, proses pencairan dana GoModal hanya memerlukan waktu sekitar 13 jam saja pada hari kerja.

2. Koinworks

Berikutnya ada Koinworks, yaitu platform pendanaan modal usaha yang menjalin kerja sama dengan Moka lewat Moka Capital. Koinworks adalah perusahaan P2P lending yang bisa memberikan pinjaman dana usaha mulai dari Rp5 juta hingga Rp2 miliar!

Baca juga: Moka Capital, Solusi Mudah Pinjaman Online

3. Modalku

Sama seperti Koinworks, Modalku juga telah menjalin kerja sama dengan Moka Capital. Modalku adalah platform pendanaan modal usaha yang fokus pada keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Jumlah pinjaman yang disediakan pun tak tanggung-tanggung, yaitu mencapai Rp10 juta hingga Rp1 miliar!


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Koinworks dan Modalku telah bekerja sama dengan Moka Capital. Dengan melakukan pengajuan lewat Moka Capital, Anda tidak perlu kesulitan lagi perihal biaya untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Berbeda dari bank konvensional, pendanaan modal usaha melalui Moka Capital jauh lebih praktis. Keunggulannya adalah syaratnya mudah, dokumen pendukungnya sederhana, tidak perlu rekening koran, dan tanpa jaminan sama sekali!

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan Modal di Moka Capital

Selain Koinworks dan Modalku, masih ada lagi Moka Capital Partner yang bisa bantu Anda untuk mendanai usaha. Beberapa di antaranya adalah Bizhare dan LandX, yaitu platform crowdfunding yang telah berlisensi OJK. Tertarik untuk mencoba pengajuan KTA online lewat platform di atas? Mari bergabung bersama Moka dan dapatkan dana untuk modal usaha Anda!

 

Aplikasi kasir (1)

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.