Business Insight

Pembayaran Digital adalah Kunci Peningkatan Transaksi, ini Alasannya

By Yovita on May, 6 2022

Pembayaran digital kini menjadi syarat penting jika usaha Anda ingin disukai pelanggan. Pasalnya, pihak pertama yang diuntungkan dari sistem pembayaran digital adalah konsumen. Berikutnya, merchant pun turut untung lantaran sistem pembayarannya jadi lebih beragam dan memudahkan konsumen. Pembayaran yang dilakukan dari jarak jauh ini disebut sebagai pembayaran digital. Apa itu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!


Pengertian Pembayaran Digital adalah Sebagai Berikut

Pembayaran Digital adalah 1

Pembayaran digital adalah sistem yang memungkinkan pelaku menyelesaikan transaksi pembayaran tanpa harus mendatangi kantor atau tempat tertentu. Sistem pembayaran ini bisa terjadi karena majunya perkembangan teknologi informasi. Selain itu, animo masyarakat terhadap sistem pembayaran ini juga semakin meningkat, apalagi sejak adanya pandemi Covid-19 yang membatasi interaksi antarmanusia.  

Keuntungan Menggunakan Pembayaran Digital

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa pihak yang merasakan keuntungan dari penerapan sistem pembayaran digital ini, salah satunya pemilik usaha. Apa saja keuntungan yang diperoleh pemilik usaha saat menerapkan sistem pembayaran digital?

1. Keamanan yang terjamin

Keuntungan pertama sistem pembayaran digital adalah pemilik usaha tak perlu khawatir dengan keamanan yang ditawarkan. Jika pembayaran manual mengharuskan pemilik usaha untuk menyimpan pemasukannya dalam laci kasir, hal ini sudah tidak berlaku dalam sistem pembayaran digital sebab semuanya sudah otomatis masuk dalam rekening bisnis. Pemilik usaha pun dapat mengurangi potensi kerugiannya apabila ada yang mengambil uang dari laci kasir tersebut. 

2. Lebih praktis

Keuntungan berikutnya yang sangat terasa bagi para pelaku usaha adalah pembayaran dapat terselesaikan dengan lebih mudah dan cepat, sehingga terkesan praktis. Ini karena sistem pembayaran digital tidak mengharuskan kasir untuk menyiapkan uang kembalian bagi pembeli. Selain itu, pembayaran juga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, apalagi jika Anda membuka bisnis online.

3. Membatasi kontak langsung

Pandemi Covid-19 yang menghadang Indonesia pada awal tahun 2020 mengubah seluruh kebiasaan masyarakat. Kini, sistem pembayaran digital adalah jenis pembayaran yang banyak diminati sebab tidak mengharuskan pembeli dan penjual untuk melakukan kontak langsung. Selain itu, konsumen dan pelaku usaha juga tidak perlu melakukan kontak terhadap uang tunai.

4. Pembayaran digital adalah sistem transparan 

Transparansi dalam berbisnis adalah salah satu hal yang sangat penting, sebab sebuah usaha bisa rugi jika tidak ada transparansi dalam mengelola keuangan. Namun, pemilik usaha tak perlu lagi khawatir akan hal ini karena sudah ada sistem pembayaran digital yang dapat menerima pembayaran langsung dari pelanggan. Selain itu, pemilik usaha juga bisa mengecek transaksi pembayaran yang sudah tercatat secara otomatis.

5. Konsumen lebih puas

Terakhir, pihak lain yang diuntungkan dari sistem pembayaran digital adalah konsumen. Banyaknya pilihan sistem pembayaran yang diterapkan sebuah merchant membuat konsumen memiliki kebebasan dalam memilih cara membayar. Hal ini kemudian dapat meningkatkan kepuasan pelanggan saat bertransaksi di usaha Anda.


Jenis-Jenis Pembayaran Digital adalah

Pembayaran Digital adalah 4

Nah, sebelum menerapkan sistem pembayaran nirkontak pada merchant Anda, sebaiknya pahami dulu beberapa jenis sistem pembayaran digital. Berikut penjelasannya.

1. SMS banking

Jenis pembayaran digital yang pertama adalah SMS banking. Metode ini dilakukan dengan cara mengirimkan SMS pada pihak bank agar kemudian mengirimkan uang pada pihak penjual atau pemilik usaha.

2. m-Banking

Jenis lainnya dari sistem pembayaran digital adalah m-Banking atau mobile banking. Berbeda dengan poin sebelumnya, m-Banking terkesan lebih interaktif dan menawarkan paket komplet. Pelaku transaksi bisa memproses pembayaran melalui aplikasi di smartphone-nya.

3. Internet banking

Sesuai dengan namanya, internet banking adalah sistem pembayaran yang mengharuskan pelaku transaksi terhubung ke jaringan internet untuk memproses transaksinya. Sama mudahnya dengan yang lain, jenis ini bisa diakses hanya dengan mengunjungi situs web perbankan Anda.

4. e-Money

Terakhir, jenis pembayaran digital yang saat ini sedang banyak digandrungi adalah e-Money. Sistem pembayaran digital yang satu ini memang sangat memudahkan kedua belah pihak, baik pembeli maupun penjual, sebab hanya tinggal “tab dan swap”.


Mengingat pentingnya pembayaran digital di era sekarang, pastikan Anda sudah menyediakannya sebelum merintis bisnis online, sebab sistem pembayaran digital adalah salah satu komponen yang wajib dipikirkan para pelaku usaha sebelum mulai membuka dan menjalankan kegiatan bisnisnya. 

Pastikan Anda selalu mempelajari  cara membuka bisnis online dan mengembangkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi kasir dari Moka POS. Seluruh transaksi pembayaran digital Anda akan tercatat dengan baik. Yuk, gunakan Moka POS! 

Aplikasi kasir android

 

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia