Business Insight Inspiration

15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

By Jordhi Farhansyah on January, 7 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini- Menghadapi tahun 2020, nyatanya ada berbagai jenis peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan.

Baik itu karena perkembangan zaman, hingga diakibatkan oleh perubahan pola belanja para milenial dan Gen Z. Kalau dulu generasi Y adalah konsumen terbesar dalam ekonomi makro, kini para milenial dan Gen Z adalah kuda hitam yang baru.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin memulai bisnis di 2020 mendatang atau ingin melakukan diversifikasi usaha, berikut ini 15 peluang usaha di bidang jasa yang bisa Anda coba tahun ini. Siapa tahu, bisnis Anda laris manis!

15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

1. Cuci sepatu

Ini dia peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan pada tahun ini. Tahukah Anda, kini pengguna sneakers berharga jutaan rupiah telah banyak. Sneakers mahal ini tentu saja membutuhkan perawatan yang tidak sembarangan.

Diperlukan bahan-bahan khusus, alat pembersih khusus, serta skill khusus supaya sneakers mahal ini bisa kembali kinclong tanpa adanya kerusakan.

Baca juga: Cara dan Tips Ampuh Memulai Bisnis Laundry Sepatu bagi Pemula

Maka dari itu, bisnis cuci sepatu akan menjadi salah satu tren bisnis service yang akan booming pada tahun 2020 mendatang.

Beruntungnya kini Anda tidak lagi perlu mendirikan brand cuci sepatu sendiri karena telah banyak usaha waralaba yang bergerak di industri ini. Jadi, Anda bisa menjadi franchisee saja. 


2. Barbershop

Disadari atau tidak, potong rambut adalah salah satu bisnis yang paling potensial untuk langgeng. Hal ini dilatarbelakangi oleh tendensi bahwa setiap orang biasanya hanya percaya segelintir barbershop sepanjang hidupnya.

Bagi kebanyakan orang, urusan rambut adalah urusan yang personal karena sangat memengaruhi citra yang ingin mereka bangun. Maka dari itu, banyak orang yang rela potong setiap dua minggu sekali untuk mempertahankan penampilannya.

Baca juga: 5 Zodiak yang Bakal Sukses Memulai Bisnis pada 2020

Meskipun demikian, pemain di industri potong rambut kini sudah sangatlah banyak, sehingga akan memunculkan pertanyaan: apa yang membuat bisnis Anda berbeda?

Oleh karena itu, disarankan Anda untuk meningkatkan pelayanan kepada setiap pelanggan. Wujud pelayanan ini bisa dari segi keramahan barber, pengetahuan mereka akan tren terkini, skill yang terus di-upgrade, dan masih banyak lagi.


3. Cuci kendaraan bermotor

pencucian motor atau mobil - bisnis rumahan modal kecil - carwash

Tahukah Anda kalau bisnis cuci kendaraan mampu menghasilkan omzet hingga puluhan juta rupiah? Dari luar, bisnis ini mungkin terlihat biasa-biasa saja, tapi ternyata bila dilihat dari sisi pembukuan, cukup mencengangkan.

Selain itu, bisnis cuci kendaraan terbilang cukup fleksibel karena bisa dilakukan di tempat Anda sendiri atau menyewa lahan dan dapat dilakukan oleh Anda sendiri atau menyewa tenaga.

Tertarik untuk menjajal peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan 2020 ini?


4. Mendesain dan menjahit pakaian

mesin jahit - bisnis rumahan modal kecil

Media sosial telah membuat industri fashion semakin mudah memasarkan produknya. Dengan demikian, kini telah banyak pemain baru yang hadir dengan ide-ide kreatif yang diterima oleh masyarakat. Oleh karena itu, bisnis pakaian lokal diprediksi akan bertumbuh cukup positif di tahun 2020 mendatang. 

Baca juga: Yuk, Intip Ramalan Zodiak 2020 Soal Bisnis dan Keuangan Anda

Atas dasar alasan tersebut, Anda juga bisa ikut terjun ke dalam industri kreatif satu ini. Hanya saja, disarankan untuk memilih target pasar yang cukup niche supaya brand Anda memiliki pembeda dengan yang lainnya.

Misalnya, dengan khusus mendesain dan menjahit pakaian-pakaian plus size, khusus busana muslim modern tapi tetap syar’i, atau pun dengan menargetkan khusus untuk ibu-ibu menyusui.


5. Modifikasi motor

Bengkel modifikasi motor kian menjamur seiring minat masyarakat akan motor custom semakin tinggi. Bahkan, kini spirit dari motor custom pun mulai diterima oleh pabrikan besar sehingga mereka mulai meluncurkan produk-produk yang menyerupai motor-motor karya bengkel custom.

Ini adalah bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia mulai bisa mengapresiasi keindahan dari sebuah motor yang dimodifikasi dengan gaya khusus.

Baca juga: 12 Peluang Bisnis yang Menjanjikan Berdasarkan Shio pada 2020

Untuk dapat memulai bisnis modifikasi motor memang tidak  mudah dan murah. Anda butuh sumber dana yang cukup banyak, baik untuk membayar bahan baku, atau pun untuk membayar tenaga profesional.

Selain itu, bisnis ini juga akan sulit ditekuni oleh mereka yang kurang antusias dengan kultur motor custom. Sebab, antusiasme inilah yang akan memengaruhi hasil akhir dari modifikasi motor. 


6. Laundry

menjalankan bisnis laundry - peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan pada 2020

Selanjutnya, bisnis laundry menjadi peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan. Seiring dengan pembangunan hunian-hunian ramah milenial, potensi bisnis laundry pun semakin tinggi.

Hal ini tidak lepas dari pola hidup milenial yang jadwalnya dipenuhi oleh beragam kesibukan sehingga mereka membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan tugas-tugas hariannya seperti mencuci.


7. Rental mobil

sewa mobil modal kecil

Rental mobil juga merupakan salah satu tren bisnis yang diprediksi akan booming pada tahun 2020 mendatang. Selain didorong oleh peningkatan industri pariwisata, bisnis rental mobil akan berkembang karena meningkatnya jumlah pengemudi taksi online.

Mengingat tak semua orang mampu untuk membeli mobil sendiri, menyewa mobil jadi salah satu alternatif yang bisa mereka pilih.

Baca juga: 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan Berdasarkan Zodiak 2020

Anda bisa membuat skema perjanjian yang beragam. Mulai dari bagi hasil dengan perbandingan yang bisa disepakati, hingga perjanjian harian saja.

Hanya saja untuk memulai bisnis ini dibutuhkan modal yang cukup besar. Jadi, perlu dipersiapkan proses pembiayaannya apabila Anda memang ingin memulai peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan tahun ini.


8. Rental proyektor beserta screen-nya

sewa proyektor dan layarnya

Saat ini segalanya sudah hadir dalam bentuk digital, sehingga fungsi proyektor semakin krusial. Mulai dari mahasiswa hingga organisasi kecil pun mulai membutuhkan proyektor untuk beragam keperluan.

Selain itu, bisnis ini juga cukup fleksibel dalam hal target pasar. Anda bisa menyasar pengguna perorangan langsung, bisa juga menyasar bisnis-bisnis.

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol

Apabila Anda menyasar pengguna perorangan maka strategi pemasarannya tentu berbeda dengan konsumen perusahaan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan e-commerce dan juga media sosial untuk menjangkau calon konsumen. Buat juga penawaran bundling untuk menarik minat mereka.


9. Pembuatan website

laptop - menulis - penghasilan pasif

Saat ini millennial dan Gen Z lebih banyak menghabiskan waktunya di internet sehingga hidupnya sangat bergantung dengan dunia daring.

Bila ada suatu hal yang ingin mereka ketahui, pasti langkah pertama yang mereka ambil adalah dengan mencarinya di internet terlebih dahulu. Mulai dari informasi sehari-hari, hingga barang-barang yang sedang mereka inginkan. Inilah yang membuat website menjadi krusial bagi dunia usaha.

Selain itu, bisnis digital perlahan telah menggerus beberapa industri lainnya, salah satunya adalah advertising yang fokus pada iklan billboard.

Baca juga: 7 Kutipan Bisnis Steve Jobs Paling Inspiratif

Sebab, banyak brand besar yang mulai memperbanyak iklan di website-website dengan traffic tinggi. Ini juga yang membuat banyak orang membuat website untuk mengejar keuntungan.

Saat ini sudah banyak pebisnis yang sadar akan hal itu, sehingga membutuhkan jasa pembuat website. Inilah yang membuat bisnis jasa pembuatan website makin menguntungkan. Apakah Anda tertarik untuk menekuninya? Kalau iya, tidak salahnya untuk membuat bisnis yang sifatnya one-stop.

Artinya, Anda menawarkan jasa pembuatan website sekaligus pembelian domain dan hosting. Dengan demikian, Anda dapat melayani lebih banyak pelanggan dengan lebih baik. 


10. Desain interior

jasa interior rumah untuk menambah penghasilan - peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan pada 2020

Bisnis desain interior juga akan berkembang seiring dengan banyaknya millennial yang mulai membeli properti, baik itu rumah tapak atau pun apartemen.

Oleh karena mereka memiliki selera yang khas, gaya interior huniannya tentu akan berbeda dengan orangtuanya. Maka dari itu, mereka membutuhkan seorang design interior untuk mendapatkan ambiance yang sesuai dengan yang mereka mau. 

Baca juga: 7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis yang Ingin Sukses

Untuk menjadi desain interior memang ada pendidikan formalnya, namun percayakah Anda bahwa banyak pengusaha di bidang ini tanpa adanya latar belakang pendidikan formal? Dengan tekad dan keinginan untuk terus belajar, Anda akan bisa memulai desain interior ini.


11. Desain grafis

desain grafis

Masih belum puas dengan peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan di atas? Tenang, masih ada beberapa rekomendasi lainnya yang tak boleh dilewatkan. Salah satunya ialah desain grafis.

Desainer grafis adalah salah satu profesi yang bertumbuh pesat dalam iklim digital. Menjadi desainer grafis juga semakin mudah berkat banyaknya situs-situs freelance yang dapat mempertemukan Anda dengan klien.

Baca juga: Naturesmarket Edukasi Pentingnya Gaya Hidup Sehat Lewat Produk Organik

Selain itu, keberadaan beragam agency pun jadi kesempatan baik bagi para desainer grafis untuk meraup pundi-pundi.

Meskipun demikian, menjadi desainer grafis tentu memiliki tantangannya sendiri. Salah satunya adalah bagaimana mencari klien yang mau bekerja sama dengan Anda.

Untuk itu, disarankan untuk membangun portofolio terlebih dahulu di media sosial dan komunitas-komunitas seni. Cara ini telah terbukti cukup ampuh karena banyak seniman yang berhasil dilirik klien-klien besar dengan cara ini. 


12. Rental kamera, lensa, dan perlengkapan videografi

kamera  fotografi - peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan pada 2020

Kamera-kamera untuk fotografi dan videografi dibanderol dengan harga tinggi sehingga tidak semua orang mampu untuk memilikinya.

Padahal, kebutuhan akan perlengkapan ini cukup tinggi, baik untuk keperluan bisnis atau pun acara-acara kampus. Maka dari itu, bila kebetulan Anda tinggal di kawasan-kawasan kampus, memulai bisnis rental kamera, lensa, dan perlengkapan videografi bisa menjadi pilihan Anda.

Baca juga: Cek Keberuntungan Bisnis Anda dengan Ramalan Shio 2020 Ini

Saat menjalani peluang bisnis di bidang jasa ini, harap diperhatikan aspek keamanannya. Artinya, Anda harus meminta bukti identitas dari sang penyewa dan pastikan kalau identitas ini asli sebelum melepas perlengkapan ke tangan penyewa. 


13. Jasa fotografi dan videografi

fotografi - kamera - 28 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim - peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan pada 2020

Punya hobi foto? Saatnya ubah hobi ini menjadi sesuatu yang menghasilkan uang dengan menjadi seorang profesional.

Saat ini sudah cukup banyak orang dan perusahaan yang membutuhkan jasa seorang fotografer dan videografer. Baik itu untuk kebutuhan dokumentasi atau pun branding.

Baca juga: Ingin Sukses? Ini 5 Shio Paling Beruntung untuk Memulai Bisnis 2020

Maraknya pengakses dunia digital membuat konten-konten foto dan video semakin laku. Apalagi kini semakin banyak perusahaan besar yang ingin menjajaki dunia digital sehingga mereka haus akan konten.

Misalnya, seperti pembuatan web series sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness. Telah banyak brand besar yang menempuh jalan ini dan berhasil membuat masyarakat lebih familiar dengan brand-nya.


14. Jasa Event Organizer atau Wedding Organizer

menikah - bisnis pernikahan (7)

Selain membutuhkan aktivasi di dunia digital, brand besar juga membutuhkan offline activation melalui serangkaian event dalam berbagai skala.

Untuk mengeksekusinya brand-brand ini membutuhkan jasa event organizer yang terpercaya. Inilah yang membuat bisnis event organizer dapat langgeng. Namun, untuk dapat mendirikan usaha event organizer atau pun wedding organizer dibutuhkan beberapa persiapan yang harus Anda perhatikan. 

Pertama, pastikan Anda memiliki pengalaman yang cukup untuk memulainya karena industri ini sangat membutuhkan pengalaman untuk menghadapi masalah-masalah yang bisa muncul kapan saja.

Baca juga: 15 Peluang Bisnis Ritel Tahun 2020 dengan Keuntungan Maksimal

Kedua, miliki tim yang kompeten dan solid karena bisnis ini sangat bergantung pada kerja sama tim yang baik.

Ketiga, pastikan Anda sudah memiliki koneksi atau jaringan klien yang bisa Anda bantu karena bagi EO baru akan kesulitan mendapatkan rasa percaya dari klien apabila belum memiliki rekam jejak.

Maka dari itu, bila memang Anda kurang pengalaman, pastikan tim Anda sudah didukung oleh orang yang berpengalaman dan memiliki koneksi yang luas. Niscaya, peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan ini bisa memberikan banyak keuntungan untuk Anda@


15. Vendor untuk membuat booth, hiasan dekorasi, dan perlengkapan lainnya

menikah - bisnis pernikahan - dekorasi - peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan pada 2020

Milenial kini sudah banyak yang memasuki usia siap nikah pada tahun 2020. Maka dari itu, tahun 2020 diprediksi akan semakin banyak pasangan yang menikah.

Artinya, permintaan akan vendor penyedia booth, hiasan dekorasi, catering, dan perlengkapan pesta pernikahan lainnya akan semakin banyak. 

Jika Anda ingin memulai bisnis ini, maka disarankan untuk bekerja sama dengan vendor-vendor lain supaya bisa membuat paket penjualan yang sama-sama menguntungkan.

Saat ini lebih banyak vendor dekorasi dan booth yang bekerja sama dengan vendor catering karena biasanya pasangan akan mencari vendor catering setelah ia menemukan gedung atau lokasi yang tepat untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.

Baca juga: 15 Tren Bisnis Kuliner yang Masih akan Booming pada 2020

Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan e-commerce yang khusus untuk mempertemukan vendor dengan para pasangan yang akan menikah.

Untuk itu, disarankan Anda menyiapkan portofolio yang lengkap dengan desain yang menarik supaya orang-orang tertarik untuk mengontak Anda. 

Itulah 15 peluang usaha di bidang jasa yang paling dibutuhkan pada 2020 ini. Jadi, bagi Anda yang ingin memulai salah satu dari 15 bisnis di atas, perlu dimulai dari aplikasi kasir yang dapat mendukung segala kegiatan operasional.

Mulai dari pencatatan transaksi, penyajian data laporan penjualan, hingga pencatatan stok barang. Untuk itu, Anda bisa memulai bisnis Anda dengan memercayakan Mokasebagai aplikasi kasir Anda. Tertarik untuk tahu informasinya lebih lanjut?

Aplikasi Kasir Moka POS untuk Coffee Shop

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia