Moka Logo
7 Peluang Bisnis Online yang Belum Banyak Diketahui

Tips Bisnis

7 Peluang Bisnis Online yang Belum Banyak Diketahui

3 min
SaminaSamina

Peluang bisnis online melimpah saat ini. Jika Anda sedang mengembangkan usaha, maka Anda perlu mengetahuinya dengan baik.

Pandemi mempengaruhi bisnis konvensional yang menggunakan pemasaran offline. Para pelaku bisnis pun harus memutar otak untuk mengubah cara memasarkan produk mereka dan strategi jualan online adalah salah satu yang ampuh untuk mengembalikan keadaan bisnis mereka.

Bagi Anda si pemula, peluang bisnis online memberikan banyak peluang dan cara yang bisa membantu Anda meraup keuntungan yang maksimal. Bisnis online juga bisa menjadi tambahan pendapatan bagi Anda. Dengan semua kemudahannya, Anda pun bisa melakukannya di rumah.

Lalu, apa saja jenis atau contoh peluang bisnis online yang bisa Anda lakukan? Simak beberapa contoh peluang bisnis online berikut ini!

Baca juga: 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil

7 Peluang Bisnis Online 

1. Menjadi dropshipper 

Peluang bisnis online 2

Dropshipping bisa menjadi salah satu peluang bisnis online, bahkan tanpa harus mengeluarkan modal. Berbeda dengan reseller yang Anda harus menyimpan barang sebelum menjualnya, dropshipping tidak memerlukan gudang untuk menyimpan barang-barang tersebut. Lalu, bagaimana cara kerja dropshipping? Anda hanya perlu bekerja sama dengan supplier dan memasarkan produk mereka melalui platform digital seperti website, media sosial, dan sebagainya.

Ketika pembeli ingin membeli barang tersebut, Anda menerima uang dari pembeli dan memberikannya kepada supplier. Kemudian, supplier langsung mengirim barang tersebut kepada pembeli. Sederhana, bukan?

2. Membuka kursus online 

Semenjak pandemi, semua aktivitas harus dilakukan di rumah termasuk kegiatan belajar mengajar. Inilah kesempatan Anda untuk membuka kursus online bagi para pelajar. Bahkan tidak hanya pelajar, Anda pun bisa memberikan kursus online kepada karyawan perusahaan untuk menambah skill mereka dalam bekerja. Namun tentunya, Anda harus memahami apa keahlian yang ingin Anda tawarkan dan Anda pun bisa membuka kursus online tersebut.

3. Menjadi blogger 

Peluang bisnis online 4 copy

Apakah blogger masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan? Tentu saja iya! Apalagi dengan kemajuan digital di zaman sekarang, Anda bisa menghasilkan uang dari keahlian Anda dalam menulis. Ketika Anda membuat sebuah blog yang menarik dan blog Anda memiliki banyak pembaca, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari iklan. Anda juga bisa bergabung dengan Google Adsense. Ada juga bisnis yang ingin membayar Anda untuk sponsored post. Menarik, bukan?

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Terlengkap

4. Jasa desain grafis 

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang desain, peluang bisnis online yang satu ini bisa Anda manfaatkan. Untuk mendapatkan klien, Anda bisa bergabung dengan website yang mengumpulkan para freelancer. Di sana akan ada banyak project yang bisa Anda ambil. Semakin banyak project yang Anda ambil, reputasi Anda pun semakin meningkat dan pundi-pundi penghasilan Anda pun semakin bertambah.

5. Menjadi social media influencer 

Peluang bisnis online 3

Media sosial menjadi platform digital yang memiliki banyak sekali pengguna. Bahkan, tidak sedikit brand yang menggunakan media sosial sebagai strategi jualan online mereka. Oleh sebab itu, dengan menjadi social media influencer, Anda bisa berpeluang untuk mempengaruhi audiens menggunakan produk suatu brand tertentu.

Dengan memanfaatkan ketenaran Anda di media sosial, brand akan mengajak Anda bekerja sama untuk memasarkan produk mereka. Namun sebagai social media influencer, Anda harus branding diri Anda dengan postingan-postingan di akun media sosial. Anda juga harus memiliki banyak followers.

6. Membuka online shop 

Karena masa pandemi, penggunaan platform digital semakin meningkat. Itulah sebabnya masyarakat pun mulai memanfaatkan digital untuk memberi barang-barang yang mereka inginkan. Peluang ini yang bisa Anda manfaatkan! Dengan menjual produk Anda secara online, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membuka toko offline.

Anda hanya perlu memasaknya dengan cara bergabung dengan beberapa platform e-commerce, membuka website dengan membeli hosting dan domain, serta bisa memasarkannya melalui media sosial.

7. Agensi Konten Sosial Media 

Jika Anda memiliki kemampuan membuat konten dan mengelola sosial media, Anda bisa menjadikan keahlian Anda sebagai peluang bisnis online. Sekarang ini, banyak sekali brand yang membutuhkan pihak ketiga untuk mengembangkan akun media sosial mereka.

Anda bisa mengajak teman-teman Anda yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda untuk mengembangkan agensi.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan

Itu tadi beberapa contoh peluang bisnis online yang bisa lakukan dengan mudah. Pilih yang benar-benar Anda sukai dan berhubungan dengan skill yang Anda miliki karena menjalankan bisnis memerlukan komitmen serta keahlian.

Selain itu, untuk memperlancar usaha atau bisnis Anda nantinya terutama dalam mengatur keuangan, Anda perlu Moka POS. Moka POS adalah aplikasi kasir online yang dapat Anda andalkan untuk kelancaran bisnis dan usaha Anda.

Moka POS juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda. Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.