Business Insight Focus

20 Peluang Bisnis Modal Kecil untuk Mahasiswa

By Sintia Astarina on September, 2 2019
Sintia Astarina

20 Peluang Bisnis Modal Kecil untuk Mahasiswa yang Bisa Dilakukan Kala Senggang - Siapa bilang kalau ingin mencari penghasilan sendiri, harus tunggu lulus kuliah dulu?

Nope, saat masih menjadi mahasiswa, tentu Anda sudah bisa mulai mengumpulkan pundi-pundi uang. Bahkan, ini merupakan langkah yang tepat sebelum Anda benar-benar memasuki dunia kerja.

Baca Juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Dengan berbisnis, Anda bisa belajar bagaimana meningkatkan penjualan, mempromosikan produk, mengatasi kekurangan modal, dan sebagainya.

Untuk Anda yang tertarik menekuni bisnis sejak dini, berikut ini adalah 20 peluang bisnis kecil untuk mahasiswa.

20 Peluang Bisnis Modal Kecil untuk Mahasiswa

1. Jasa Desain Grafis

desain grafis

 

Untuk Anda yang senang menggambar, membuat ilustrasi, mengedit foto, dan sebagainya, mengapa tidak membuka jasa desain grafis?

Untuk menjalankan bisnis modal kecil ini, Anda hanya memerlukan gadget untuk menggambar atau mendesain. Bisa juga laptop dengan software tertentu, misalnya Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator.

Untuk range harga bisa bermacam-macam, tergantung seberapa ahli Anda dalam desain grafis dan seberapa lama jam terbang Anda.


2. Menjadi Penulis Lepas

menulis  - penulis lepas


Untuk Anda yang gemar mengungkapkan buah-buah pemikiran lewat kata, menjadi penulis lepas pasti cocok untuk dijalankan. Dengan kemampuan menulis, imajinasi, juga kreativitas yang dimiliki, Anda bisa menulis cerpen, puisi, menulis artikel untuk berbagai website, atau bahkan menerbitkan novel sendiri!

Baca juga: 7 Buku Inspiratif yang Harus Dibaca Pebisnis Perempuan di 2019


3. Menjadi Blogger

menulis - laptop


Zaman sekarang, banyak sekali orang yang menjadikan blogging sebagai pekerjaan utama mereka. Jelas, blogger sering dikaitkan sebagai influencer atau KOL yang akan membantu meningkatkan exposure atau trust berbagai brand.

Jika Anda memiliki blog berkualitas bagus, akan sangat mungkin Anda memperoleh tambahan penghasilan.


4. Membuka Les Privat

belajar kelompok - les privat


Untuk Anda yang senang belajar dan juga mengajar orang lain, membuka les privat menjadi salah satu peluang bisnis kecil untuk mahasiswa yang bisa Anda jalani. Anda bisa mengajar murid SD, SMP, SMA, atau bahkan sesama mahasiswa. Pilih pelajaran yang memang Anda kuasai betul, ya!


5. Membuat Website

blogging - laptop


Website menjadi corong informasi berbagai perusahaan atau brand. Tentu, ini pun bisa menjadi peluang menggiurkan bagi Anda mahasiswa yang memang jago membuat website.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Untuk menyebarluaskan jasa Anda kepada calon konsumen, Anda bisa memasang informasi di job listing berbagai website, mempromosikannya di media sosial, atau menyebarluaskan informasi tersebut dari mulut ke mulut.


6. Jasa Fotografi dan Videografi

fotografi - kamera

 

Akrab dengan kamera dan senang mengabadikan berbagai momen? Jangan melewatkan kesempatan untuk meraih lebih banyak penghasilan dengan peluang bisnis kecil untuk mahasiswa yang satu ini.


7. Edit Video

audio digital - edit video

 

Tahukah Anda, ada banyak YouTuber yang sangat menseriusi pembuatan video dan tidak sedikit yang membutuhkan freelancer untuk masuk ke dalam tim mereka.

Salah satu yang harus dikerjakan ialah mengedit video. Bila Anda ahli dalam hal ini, coba pamerkan kemampuan Anda, siapa tahu Anda bisa kebanjiran job mengedit video!


8. Menjual Pulsa Elektrik

handphone - jual pulsa

 

Dulu, apabila ingin membeli pulsa, seringnya harus datang langsung ke counter penjual pulsa. Namun, sekarang tidak lagi demikian.

Baca juga: Inilah 3 Jenis Literasi Penunjang Skill Pengusaha, Wajib Dikuasai

Maka dari itu, yuk tangkap peluang ini! Meski keuntungan menjalani bisnis pulsa elektrik tidak terlalu banyak di awal, tapi ingat… pulsa sudah menjadi kebutuhan banyak orang yang artinya, Anda bisa mengumpulkan keuntungan demi keuntungan, sedikit demi sedikit hingga lama-lama menjadi bukit!


9. Event Organizer

ulang tahun

 

Senang membuat dan mengorganisir berbagai acara? Yuk, manfaatkan peluang bisnis kecil untuk mahasiswa dengan membuat Event Organizer (EO) sendiri.

Untuk memulainya, jangan lupa perbanyak koneksi Anda dengan berbagai vendor yang akan memudahkan Anda merealisasikan acara sesuai permintaan klien, ya!


10. Jasa Print

bisnis printing


Namanya juga mahasiswa, pasti banyak tugas atau laporan yang perlu di-print. Apabila Anda memiliki printer dan tinta sendiri, mengapa tidak membantu teman-teman Anda saat mencetak tugas atau laporan mereka? Meski untung tak seberapa, pahala bisa jadi milik Anda.


11. Online Shop

belajar-bisnis-online-1


Punya banyak waktu luang di kampus? Yuk, jalani bisnis online shop. Anda bisa menjual pakaian, aksesoris gadget, dan sebagainya.

Namun sebelumnya, Anda perlu menentukan siapa yang akan menjadi target market Anda, cari tahu apa yang mereka sukai, jual barangnya, dan jangan lupa promosi!


12. Dropshipper

Antar barang - menjadi dropshipper - peluang bisnis modal kecil untuk mahasiswa


Tidak memiliki barang sendiri untuk dijual? Tenang saja, Anda masih bisa menjadi dropshipper! Kelebihan menjadi dropshipper adalah Anda tidak perlu menyetok barang karena Anda langsung memesan dari si penjual dan penjual lah yang akan mengirimkannya ke pembeli.


13. Jastip

bisnis rumahan - karyawan - peluang bisnis modal kecil untuk mahasiswa


Peluang bisnis modal kecil untuk mahasiswa selanjutnya ialah membuka jastip alias jasa penitipan. Barang yang bisa “dititip” pembeli ialah kosmetik, skincare, buku, obat, dan masih banyak lagi.


14. Menjual Makanan Ringan

hotdog - menjual makanan ringan - peluang bisnis modal kecil untuk mahasiswa


Suka masak? Coba deh, jual makanan ringan ke teman-teman atau dosen di kampus. Makanan ringan ini bisa berupa, risol, pastel, atau snack lain yang bisa jadi pengganjal perut kala lapar di kelas.


15. Jasa Penerjemah

Bisnis-Modal-5000-2


Kemampuan berbahasa asing dapat menjadi nilai plus yang bisa Anda jual kepada klien. Untuk menjalani bisnis ini, Anda cuma perlu laptop, PC, atau gadget. Untuk fee-nya sendiri, Anda bisa mematok harga per kata atau per halaman.


16. Membuat Agen Perjalanan

traveling - travel agen - jalan-jalan

Pergi ke tempat-tempat baru sembari menjelajah sudah pasti menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari perjalanan tersebut.

Nah, Anda pun bisa membuat agen perjalanan dan membantu mahasiswa lain yang ingin pergi ke suatu tempat, dengan membuatkan itinerary, mengatur budget, atau bahkan menjadi tour guide.


17. Jual Kaos Buatan Sendiri

menjual kaos - kaos sablon - peluang bisnis modal kecil untuk mahasiswa


Hmm… belum ada ide bisnis yang cocok? Bagaimana kalau menjual kaos buatan sendiri? Ya, Anda bebas menentukan desain, warna, harga, dan semua tergantung dari kreativitas yang dimiliki.

Baca juga: 8 Trik Menggunakan Gim untuk Tingkatkan Engagement Media Sosial Bisnis

Supaya lebih dikenal, tentukan ciri khas dari kaos buatan Anda. Misalnya, memiliki kata-kata yang eye-catchy, desain premium, atau harganya yang pas di kantong mahasiswa.


18. Membuat Souvenir Custom

membuat suvenir nikah - handmade - suvenir custom (1)


Ide bisnis lain yang cocok untuk dijalankan mahasiswa ialah membuat souvenir custom. Misalnya, membuat bantal ilustrasi, medali hadiah ulang tahun, kartu ucapan anniversary, bunga kering untuk hadiah wisuda, dan sebagainya.


19. Pembuatan Konten di Media Sosial

handphone - membuat konten di media sosial - instagram - facebook


Coba deh, ajak teman-teman Anda untuk membuat agensi kecil-kecilan dan bantu klien untuk membuat konten di media sosial. Selain bisa memperbanyak network, Anda juga bisa belajar membuat konten keren di era digital.


20. Membuka Kelas-kelas Pelatihan Online/Offline

membuka kelas dan pelatihan online / offline


Peluang kerja selanjutnya yang bisa bikin dompet Anda tebal ialah membuka kelas pelatihan baik online maupun offline. Bedanya dengan les privat adalah, di sini Anda bisa mengajar apa saja.

Bisa soal personal branding, content marketing, bagaimana menggambar dengan cat air, dan sebagainya.

Nah, dari 20 peluang bisnis kecil untuk mahasiswa di atas, mana yang menurut Anda paling menghasilkan cuan? Jika Anda berminat untuk menseriusi bisnis di atas dan membutuhkan lebih banyak modal, Moka Capital siap membantu Anda!

Moka Capital siap memberikan pendanaan hingga Rp2 miliar dengan bunga rendah mulai dari 0.75%, dan tenor 18 bulan. Siapa tahu, lebih banyak modal, lebih banyak untung di masa depan nanti!

Tertarik? Kunjungi halaman ini untuk info selengkapnya dan selamat berbisnis!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia