Moka Logo
Pelayanan Prima adalah Alasan Konsumen Sukai Bisnis Anda, Ini Tipsnya!

Tips Bisnis

Pelayanan Prima adalah Alasan Konsumen Sukai Bisnis Anda, Ini Tipsnya!

3 min
YovitaYovita

Terdapat berbagai strategi untuk membuat sebuah bisnis menjadi sukses. Tidak hanya bermodalkan strategi pemasaran yang andal, bisnis juga harus diimbangi dengan adanya pelayanan terbaik. Pelayanan prima adalah hal yang akan membuat pelanggan merasa senang dan nyaman.

Pelayanan prima adalah upaya yang dilakukan oleh sebuah instansi, organisasi, atau badan usaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Pelayanan prima sering disebut juga dengan excellent service. Tujuan dari pelayanan prima adalah adanya kepuasan pelanggan terhadap pelayanan sehingga dapat meningkatkan penjualan serta keuntungan.


Pelayanan Prima itu yang Seperti Apa?

 

Pelayanan prima adalah suatu tindakan pelayanan terbaik yang dapat memenuhi harapan serta kebutuhan pelanggan. Pelayanan prima berperan penting dalam mengembangkan serta meningkatkan profit pada bisnis yang ditawarkan. Ketika produk yang Anda jual sudah mempunyai branding yang bagus, tetapi masih kurang dalam hal pelayanan, maka hal tersebut hanya akan menjadi percuma. 

Sebaliknya, jika Anda mengimbangi antara kualitas produk dengan pelayanan prima, tentu pelanggan akan merasa senang. Mereka akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang maksimal dan akan membuat mereka kembali berbelanja di tempat Anda. Terdapat tujuh konsep dasar dalam menghadirkan pelayanan prima, yakni berkaitan dengan sikap, perhatian, tindakan, kemampuan, penampilan, bertanggung jawab, dan simpati.

Baca juga: 4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM


Pentingnya Pelayanan Prima

pelayanan prima adalah 1

Pelayanan prima adalah salah satu kunci penting dalam membangun sebuah bisnis. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menawarkan produk atau jasa serupa, hanya saja dengan pelayanan yang berbeda. Hal pelayanan inilah yang mampu menjadi pembeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Tujuan utama dari adanya pelayanan prima adalah memberikan rasa puas pada pelanggan yang datang. Adanya rasa kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan sering kali menjadi alasan mereka untuk datang kembali pada kesempatan berikutnya. Lambat laun, hal ini bisa menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap yang loyal terhadap perusahaan.

Tidak hanya itu, pelanggan yang merasa puas juga kemungkinan akan merekomendasikan tempat usaha Anda kepada orang-orang terdekatnya. Tentunya, hal ini dapat bermanfaat bagi pengembangan usaha serta berpotensi meningkatkan pendapatan perusahaan.

Baca juga: Sync Bill, Fitur Terbaru Moka untuk Meningkatkan Pelayanan


Berbagai Cara Memberikan Pelayanan Prima

Setiap perusahaan tentu dapat menghadirkan pelayanan berkualitas dengan berbagai cara yang dilakukan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan pelayanan prima.

1. Ramah dan sabar

Ketika menghadapi pelanggan, sebisa mungkin harus menyapa dengan ramah. Menyapa pelanggan dengan senyuman ramah menjadi langkah pertama dalam memberikan pelayanan terbaik. Menyapa dengan ramah akan membuat pelanggan merasa nyaman karena merasa “diterima”, sehingga tidak segan untuk membeli produk Anda.

Selain itu, Anda juga harus sabar menghadapi permintaan maupun kemauan pelanggan. Jangan terbawa emosi saat pelanggan melakukan komplain.

2. Responsif

Saat melayani pelanggan secara langsung, Anda harus responsif terhadap suatu masalah, apalagi jika berhubungan dengan kebutuhan pelanggan. Jangan sampai membuat pelanggan menunggu terlalu lama terkait hal yang dibutuhkan.

Menunggu terlalu lama dapat memberikan dampak bahkan review yang buruk pada usaha Anda. Anda dapat menghindari hal tersebut dengan membuat pembagian tugas yang detail dan jelas untuk seluruh karyawan.

3. Survei dan evaluasi

Salah satu cara untuk melihat tingkat pelayanan yang diberikan sudah sesuai dan memuaskan adalah dengan mengadakan survei kepada para pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat polling suara ke pelanggan.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur polling di Instagram stories atau bisa juga dengan memberikan polling saat pelanggan selesai bertransaksi. Hasil survei yang diperoleh dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja pelayanan. Anda dapat memilah bagian mana yang harus dikembangkan berdasarkan hasil survei.

Baca juga: 10+ Bisnis Waralaba/Franchise yang Sukses di Indonesia 2022

4. Atasi keluhan pelanggan

Cara lainnya untuk menghadirkan pelayanan terbaik adalah menyiapkan strategi khusus untuk mengatasi keluhan pelanggan. Bahkan, sebaiknya, strategi ini sudah harus dipikirkan sejak masih dalam tahap business plan.

Anda tidak boleh merasa ragu untuk meminta maaf terhadap pelanggan apabila terdapat kesalahan dalam pelayanan. Berikan pengertian kepada pelanggan jika diperlukan. Anda juga bisa memberikan ganti rugi atau kompensasi.

5. Bersifat terbuka dan sederhana

Keterbukaan perlu dilakukan pada setiap urusan atau kegiatan yang memerlukan perizinan. Hal ini akan memberikan kejelasan informasi kepada masyarakat atau pelanggan. Tidak hanya itu, prosedur atau cara pelayanan juga sebaiknya dipermudah dan tidak berbelit-belit dalam pelaksanaannya.


Kini, Anda sudah paham bahwa pelayanan prima adalah suatu pelayanan terbaik yang memenuhi standar kualitas dan sesuai dengan harapan maupun kepuasan pelanggan. Adanya pelayanan terbaik akan memberikan dampak terhadap perkembangan bisnis yang Anda bangun.

Anda bisa terus meningkatkan dan mengembangkan pelayanan terbaik untuk membuat pelanggan merasa puas, misalnya dengan beralih ke digital Moka POS. Aplikasi ini memungkinkan Anda mencatat transaksi dengan lebih mudah dan efisien. Tertarik untuk mencobanya?

social commerce-Jul-14-2022-02-58-59-18-PM

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.