Business Insight Inspiration

5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker yang Bisa Anda Terapkan

By Sintia Astarina on October, 10 2019
Sintia Astarina

5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker yang Bisa Anda Terapkan - Layar bioskop Indonesia tengah diramaikan oleh Joker, film garapan Warner Bros Pictures yang disutradarai oleh Todd Phillips.

Joker sendiri bercerita soal Arthur Fleck, seorang komedian tunggal di Gotham, kota yang terkenal dengan kesenjangan sosial.

Perjalanan kariernya sebagai komedian tunggal tidak berjalan mulus. Profesinya kerap diremehkan masyarakat. Kariernya pun makin suram.

Baca Juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil 

Ditambah lagi, Arthur Fleck yang menderita masalah kejiwaan berupa tawa patologis, mengalami kekerasan mental dan fisik.

Hal itu membuatnya tak punya teman, bahkan menjerumuskannya menjadi seorang pria kejam. Hingga akhirnya, ia berubah menjadi orang yang bengis dan ia ingin orang-orang menyebut dirinya sebagai Joker.

Nah, tahukah Anda, ada 5 pelajaran bisnis dari film Joker yang bisa Anda terapkan, lho. Ada apa saja?

5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker yang Bisa Anda Terapkan

1. Ambil risiko dan hadapilah

5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker yang Bisa Anda Terapkan - filmschoolrejects

Sumber: filmschoolrejects.com

Sadarkah Anda, peluang dan kesempatan selalu ada di depan mata. Namun tentu, risiko di baliknya bisa saja mengintai sewaktu-waktu. Namun, sebagai seorang pebisnis, mengambil risiko adalah hal yang ak bisa Anda elakkan.

Jika tidak melakukannya, Anda tidak akan tahu apakah hal tersebut dapat memberikan dampak baik bagi bisnis atau tidak.

Baca Juga: Ide Bisnis Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil Yang Bisa Dicoba

Ingat, ketika hendak mengambil risiko, kuncinya adalah mencoba dan belajar dari berbagai situasi. Apabila Anda memiliki produk berkualitas baik dan Anda menjualnya dengan sasaran yang tepat, tentu Anda bisa mendulang banyak keuntungan.

Di sisi lain, apabila Anda melakukan kesalahan, janganlah berhenti. Temukan jalan lain untuk melakukan perbaikan secara efisien.


2. Jika rencana tidak berjalan dengan baik, siapkan rencana lainnya!

Joaquin Phoenix beraksi dalam film Joker

Sumber: USAToday.com

Ingat ketika Arthur Fleck alias Joker tidak berhasil menemui Thomas Wayne, kandidat walikota Gotham? Rupanya ia mencari jalan lain.

Dari sini, pelajaran yang bisa diambil adalah ketika Anda telah merencanakan sesuatu untuk bisnis Anda dan hal itu tidak berjalan dengan baik, jangan lupa untuk menyiapkan rencana-rencana lainnya.

Baca Juga: Bisnis Properti Bukan Hal Yang Menakutkan, Simak 8 Tips Suksesnya Berikut Ini 

Anda pasti hapal kan dengan kalimat, “Don’t forget that Plan B” atau “Banyak jalan menuju Roma”? Hal ini pun bisa menjadi salah satu panduan ketika Anda sedang membuat strategi bisnis atau marketing. Dengan demikian, Anda bisa mencapai tujuan tersebut dengan berbagai cara.


3. Taklukkan rasa takut Anda

5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker yang Bisa Anda Terapkan - colider

Sumber: Colider.com

Sebelum memulai bisnis, rasa takut yang menghantui adalah hal yang wajar. Takut gagal, takut produk tidak laku, takut konsumen tidak puas, serta ketakutan-ketakutan lainnya.

Yuk, bercermin dari Joker. Ketika melakukan sesuatu, rasanya ia tidak pernah dirundung rasa takut. Bahkan dalam film The Dark Knight pun, bahkan ia tidak takut dengan Batman. Hal inilah yang membuatnya sebagai penjahat terbaik sepanjang masa.

Baca Juga: 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil 

Nah, dalam berbisnis, taklukan semua rasa takut tersebut! Dengan demikian, Anda bisa merasakan kebebasan untuk mencapai tujuan bisnis Anda, meski tujuan tersebut tampaknya mustahil untuk dilakukan.


4. Riset itu penting

Arthur Flex alias Joker sedang merawat Ibunya - deseret

Sumber: Deseret.com

Bagi Anda yang sudah menonton Joker, pasti tahu bahwa Arthur Fleck sempat mencari tahu soal masa lalu dirinya, juga Ibunya, satu-satunya keluarga yang dimilikinya.

Hal ini pun bisa dijadikan inspirasi bahwa ketika Anda ingin menjual suatu produk, menentukan lokasi toko, membuat nama bisnis, dsb., riset adalah hal yang sangat penting dan jangan sampai dilakukan.

Baca Juga: 9 Tren Bisnis Makanan Terpopuler Sepanjang 2019. Favoritmu yang Mana?

Dengan melakukan riset, Anda bisa mendapatkan bermacam-macam informasi yang mampu mendukung berjalannya bisnis Anda. Bagaimana cara melakukan riset?

Anda bisa melakukan riset di internet, bertanya langsung kepada konsumen potensial, melakukan Focus Group Discussion (FGD), bertanya kepada pemilik bisnis lain, dan seterusnya.


5. Siap akan kemungkinan terburuk

5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker yang Bisa Anda Terapkan - lowyat net

Sumber: Lowyat.net

Pelajaran bisnis dari film Joker yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah Anda harus siap akan kemungkinan terburuk.

Dibandingkan memiliki rencana yang sempurna, Joker lebih memilih untuk melakukan persiapan akan skenario terburuk yang bisa saja terjadi.

Baca Juga: 28 Ide Usaha Kreatif yang bisa Anda Rintis dengan Modal Minim di 2019!

Dalam bisnis, rencana dan strategi adalah dua hal yang krusial untuk mencapai kesuksesan. Namun, bagaimana jika tidak tercapai? Persiapan yang matang, jawabannya.

Sebagai pebisnis, Anda harus bisa beradaptasi dengan berbagai situasi. Sebagai contoh, Anda membuka kedai kopi dengan tempat duduk outdoor.

Salah satu kemungkinan terburuk yang akan terjadi adalah hujan. Maka dari itu, siapkanlah ruangan indoor yang memungkinkan pengunjung untuk tetap bisa menikmati menu di kedai kopi Anda, tanpa takut kehujanan. Jadi, Anda tetap bisa mendapatkan pemasukan.

Baca Juga: 28 Ide Usaha Kreatif yang bisa Anda Rintis dengan Modal Minim di 2019!

Nah, itulah dia 5 pelajaran bisnis dari film Joker yang bisa Anda terapkan. Bisnis apapun yang Anda jalani, Moka siap mendukung Anda! Apabila Anda membutuhkan aplikasi kasir yang memudahkan operasional sehari-hari, andalkanlah Moka POS.

Jika ingin memiliki device pembayaran terintegrasi yang mudah, ada Moka Pay, lho! Lalu, jika Anda membutuhkan suntikan modal usaha untuk mengembangkan bisnis Anda, ajukan saja lewat Moka Capital.

Tertarik untuk tahu lebih lanjut mengenai apa itu Moka?

Coba Gratis Sekarang

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia