Business Insight

Order Manager Bisa Tingkatkan Penjualan, Ini Tips Lengkapnya

By Yovita on August, 9 2022

Dalam merancang business plan agar jualan online laris, jangan lupa siapkan pelayanan atau strategi operasional dan marketing terbaik, salah satunya dengan menggunakan aplikasi order manager.

Sekarang ini, cara bertransaksi telah mengalami perubahan besar-besaran. Jika dulu konsumen harus pergi ke toko untuk bisa membeli produk yang diinginkan, kini dengan bantuan teknologi internet, transaksi bisa dilakukan secara online. Konsumen tak perlu lagi keluar rumah untuk bisa mendapatkan kebutuhannya, cukup dengan beberapa scroll dan klik, barang kebutuhan sudah berada di tangan.

Bagi konsumen, perubahan ini jelas sangat menguntungkan. Mereka bisa menghemat lebih banyak waktu dan tenaga untuk mendapatkan barang yang diperlukan. Namun, bagaimana dengan para pelaku usaha? Transisi dari model transaksi offline ke online tentu akan berpengaruh pada operasional. Mustahil menerapkan tahapan-tahapan dalam transaksi offline pada transaksi online karena keduanya adalah hal yang berbeda.

Di sinilah aplikasi order manager bisa menjadi solusi yang tidak sekadar memecahkan masalah, tapi juga efisien. Sebab, pemanfaatan order manager bisa menghemat waktu, tenaga, dan bahkan biaya dalam pengelolaan order atau pesanan dari konsumen secara online. Memangnya, bagaimana order manager ini bekerja dalam menyederhanakan manajemen order konsumen? Mari pelajari dalam ulasan berikut!


Apa itu Order Manager?

Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo - mesin kasir digital - aplikasi kasir - order manager

Sebelum bicara lebih jauh, sebenarnya apa itu order manager? Seperti namanya, order manager berfungsi untuk mengelola orderan, utamanya yang berasal dari transaksi online. Saat ini, pemilik bisnis bisa dengan mudah menerima pesanan secara online melalui berbagai platform seperti media sosial maupun marketplace atau e-commerce.

Dengan memanfaatkan order manager, Anda bisa mengelola seluruh aktivitas online bisnis, mulai dari menerima, melacak posisi, memastikan status, hingga menerima pembayaran atas orderan dari konsumen. Anda bahkan bisa mengurus stok barang dan bahkan mengukur performa bisnis karena order manager mencatat seluruh transaksi yang terjadi. Semuanya bisa dilakukan dengan satu teknologi saja sehingga Anda tidak perlu berpindah-pindah platform.

Dari tadi, istilah ‘orderan’ terus muncul. Memangnya, apa itu orderan? Sebenarnya, istilah ini berasal dari bahasa Inggris, ‘order’, yang kemudian diserap ke bahasa Indonesia. Jika diartikan secara bebas, orderan punya arti yang mirip dengan pesanan. Dalam dunia bisnis online, kata orderan berarti pesanan dari konsumen yang perlu diproses dan dikirimkan oleh penjual.

Baca juga: Purchase Order adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contoh


Manfaat Menggunakan Order Manager

Order manager merupakan suatu inovasi teknologi yang hadir untuk memudahkan kegiatan bisnis. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa menikmati manfaat berikut:

Mengurangi terjadinya human error

Human error adalah sesuatu yang sangat wajar terjadi, namun bukan berarti tidak bisa diantisipasi sama sekali. Sebab, bagaimanapun juga, human error bisa menimbulkan potensi rugi dalam jumlah besar jika terjadi berulang kali. Nah, dengan adanya order manager ini, Anda bisa mengurangi terjadinya human error ketika menangani orderan dari konsumen. Bagaimana bisa?

Order manager memiliki sistem yang mencatat seluruh transaksi. Jadi, Anda bisa dengan mudah melacak pesanan, baik posisi maupun statusnya. Selain itu, order manager juga telah menerapkan otomatisasi. Mulai dari menerima pesanan hingga melacak statusnya, semua dilakukan secara otomatis dengan bantuan sistem, sehingga tidak ada lagi human error seperti salah menulis alamat pesanan atau lupa mengirim pesanan sebelum tenggat waktu.

Pekerjaan jadi lebih mudah

Otomatisasi order manager juga akan membuat pekerjaan Anda menjadi jauh lebih mudah. Dalam metode tradisional, Anda perlu mencatat satu per satu orderan konsumen agar sesuai. Selain rentan human error, cara ini juga menguras waktu dan tenaga. Jika pesanan tak lebih dari sepuluh buah saja, mungkin tidak masalah. Tapi kalau pesanan sudah mencapai angka puluhan atau bahkan ratusan? Menerapkan cara lama justru akan sangat berisiko.

Dengan order manager, Anda bisa menghemat banyak waktu dan tenaga. Pekerjaan pun jadi lebih simpel dan mudah. Bahkan dengan penguasaan order manager yang baik, Anda tidak perlu melibatkan terlalu banyak orang. Bisnis pun jadi lebih ringkas dan efisien.

Baca juga: 3 Manfaat Pemisahan Ordering Station dan Payment Station

Laporan tepat dan akurat

Sering mengalami laporan keuangan yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya? Hal semacam ini sangat sering terjadi dalam bisnis. Meski begitu, Anda tidak boleh membiarkannya terjadi karena lama-kelamaan bisa menimbulkan kerugian dan tidak baik untuk perkembangan bisnis.

Sistem otomatis order manager mampu meminimalisir problem tersebut. Ini karena sistem order manager secara otomatis mencatat semua transaksi yang terjadi. Anda pun bisa dengan mudah melacak transaksi dan juga statusnya. Berbekal informasi dari sistem pencatatan ini, penyusunan laporan menjadi lebih mudah dan hasilnya pun sesuai situasi yang sebenarnya.

Meningkatkan layanan pada pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah segalanya dalam menjalankan usaha. Pemanfaatan aplikasi order manager dapat membantu Anda untuk mencapai kepuasan pelanggan. Contoh sederhananya adalah ketika calon konsumen menanyakan ketersediaan barang. Jika dalam metode tradisional Anda harus mengecek stok secara manual, namun dengan order manager, pengecekan bisa dilakukan secara otomatis. Informasi ketersediaan pun bisa segera disampaikan kepada calon pembeli.

Meningkatkan pengawasan

Terkadang, sulit untuk melacak posisi pesanan dalam metode tradisional. Sebab, Anda harus mengecek satu per satu pesanan melalui sistem tracking pihak pengiriman. Namun, dengan order manager, Anda tak perlu menghadapi situasi tersebut. Sistem order manager yang telah terintegrasi dengan pengiriman akan menampilkan informasi mengenai posisi dan status pesanan sehingga Anda bisa melacaknya dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Adjust Inventory adalah Hal Penting dalam Bisnis, Alasannya?


Pentingnya Menggunakan Order Manager?

Dengan memanfaatkan order manager, manajamen persediaan barang pun menjadi jauh lebih baik. Stok bisa terus di-update dengan mudah tanpa harus melakukan pengecekan manual secara berulang. Ini tentu akan membantu melancarkan alur pemrosesan pesanan online.

Pesanan online di sini berarti barang jualan Anda ditawarkan secara online (baik itu melalui e-commerce, marketplace, maupun media sosial), kemudian transaksi pembeliannya pun dilakukan secara online oleh konsumen. Nah, dengan order manager, proses tersebut menjadi lebih sederhana karena dijalankan secara otomatis. Proses pemesanan yang lebih simpel tentu akan menarik lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Pentingnya Mengelola Inventaris Bagi Bisnis UKM

Biar jualan Anda di e-commerce maupun online makin laris, selain memanfaatkan aplikasi order manager, yuk ikuti tips berikut ini. Anda bisa simak poin pembahasan selanjutnya.

aplikasi kasir canggih


8 Tips Memaksimalkan Penjualan Online agar Lebih Laris

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan penjualan online di samping menggunakan aplikasi order manager. Apa saja?

1. Perluas target pasar

Semakin luas target pasar yang Anda bidik, maka semakin banyak calon konsumen yang datang. Namun, bagaimana cara memperluas target pasar? Agar target pasar semakin luas, Anda harus giat melakukan promosi. Sebisa mungkin, tempat Anda berpromosi tidak hanya terpusat di satu titik saja agar bisa menarik lebih banyak lagi calon konsumen.

Namun, Anda harus selalu ingat bahwa promosi juga harus dilakukan dengan strategis. Pastikan target pasar yang Anda bidik memang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Dengan begitu, peluang promosi terkonversi menjadi pembelian pun jadi lebih besar.

2. Tingkatkan kualitas produk dan layanan

Setiap konsumen pasti menginginkan produk dan layanan yang berkualitas, sebab nantinya mereka menggunakan produk yang dibeli. Produk yang berkualitas tentu akan menghasilkan pengalaman yang baik juga. Terlebih, dengan kualitas yang baik, pelanggan tidak akan ragu untuk merekomendasikannya kepada orang lain. Itu berarti, secara tidak langsung pelanggan telah mempromosikan produk Anda. Jadi, jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas produk.

3. Utamakan kepuasan pelanggan

Desa-Desa Resto Resep Rahasia Bisnis Resto dan Kafe Masa Kini (3) - order manager

Kepuasan pelanggan adalah aspek krusial dalam menjalankan bisnis online. Selain memuaskan pelanggan dengan meningkatkan kualitas produk, sebaiknya Anda juga memikirkan tentang customer service.

Dalam bisnis online, customer service sangat luas cakupannya, mulai dari layanan konsultasi sebelum pembelian hingga layanan after sales atau setelah pembeli menerima produk dan menggunakannya. Customer service yang baik akan membuat pelanggan merasa dihargai dan tentunya berpengaruh pada penilaian mereka terhadap bisnis Anda.

Anda bahkan bisa memulai customer service ini sebelum pelanggan melakukan transaksi. Caranya adalah dengan membalas pertanyaan pelanggan di media sosial. Selain membantu calon konsumen, cara ini bisa menghadirkan citra yang baik. Sebisa mungkin, sediakan waktu untuk berkomunikasi dengan pelanggan maupun calon konsumen melalui platform yang ada.

4. Berikan promo menarik

Siapa yang tidak suka promo? Memberikan promo atau aneka penawaran menarik selalu menjadi strategi yang efektif untuk mendatangkan pembeli. Bagi Anda yang baru merintis bisnis, strategi ini pun bisa diterapkan.

Promo bisa bermacam-macam bentuknya. Ada promo diskon atau potongan harga hingga cashback yang diberikan setelah transaksi pembelian selesai. Untuk meningkatkan urgensi, Anda juga bisa memberikan promo dengan batasan waktu tertentu. Meski sederhana, cara ini akan mendorong pembeli untuk segera melakukan transaksi pembelian.

5. Maksimalkan penggunaan media sosial

Media sosial bisa menjadi strategi promosi yang sangat efisien. Platform media sosial gratis dan cakupannya amat luas, bahkan Anda bisa menjangkau konsumen dari mancanegara tanpa mengeluarkan tambahan biaya. Terlebih, kini media sosial juga menghadirkan fitur yang bisa mendukung bisnis online seperti Ads dan juga insight (berfungsi untuk menampilkan performa akun bisnis Anda di media sosial).

Selain itu, usahakan terus konsisten dalam membuat konten untuk diunggah di media sosial. Konten ini bisa berupa foto, video, atau bahkan artikel. Selain itu, Anda juga bisa mengajak konsumen berkomunikasi melalui fitur live. Fitur live juga merupakan media yang bagus untuk berpromosi karena audiens yang bergabung pasti akan memperhatikan informasi yang disampaikan.

Baca juga: 5 Tips Jitu Membuat Iklan di Media Sosial yang Berhasil

6. Tonjolkan review baik

Selain memanfaatkan media sosial, untuk berpromosi Anda juga bisa memanfaatkan feedback dari para pelanggan. Tampilkan review positif pada seluruh platform yang Anda miliki. Mengapa cara ini bagus untuk promosi?

Review dari orang yang sudah melakukan pembelian akan terdengar lebih meyakinkan. Sebab, mereka benar-benar menggunakan produk dan bukanlah pihak yang berhubungan langsung dengan penjual sebelum melakukan transaksi. Untuk itu, kumpulkan feedback dari para pelanggan dan kemudian kurasi untuk menonjolkan review positif yang bisa menunjukkan kelebihan produk Anda.

Namun, jangan sekali-kali memalsukan review dari pelanggan. Cara curang ini justru akan membuat bisnis Anda terlihat tidak meyakinkan dan tidak bisa dipercaya. Bukan tidak mungkin calon konsumen justru akan merasa ragu dengan produk karena review yang ditampilkan terlihat mencurigakan. Hindarilah cara curang seperti ini demi kesuksesan bisnis Anda.

7. Order manager berfungsi untuk jaga komunikasi dengan pelanggan

Selalu jaga komunikasi dengan pelanggan Anda. Banyak bisnis yang melupakan konsumen mereka setelah transaksi pembelian selesai dan fokus mencari calon konsumen baru. Padahal, mempertahankan pelanggan sama pentingnya dengan mencari konsumen baru.

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, pelanggan yang puas pasti tak ragu untuk melakukan pembelian ulang. Mereka pun bisa menjadi “agen pemasaran” Anda dengan merekomendasikan produk kepada orang lain. Untuk itu, selalu jaga komunikasi dan pertahankan pelanggan tetap Anda. Bagaimana caranya?

Menjalin komunikasi dengan pelanggan kini bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya dengan menghubungi mereka melalui email berlangganan. Anda bisa mengirimkan voucher diskon pada bulan kelahiran mereka atau saat event-event spesial, seperti Hari Kemerdekaan atau Harbolnas. Bisa juga dengan menyediakan layanan after sales untuk membantu pelanggan setelah pembelian.

Baca juga: 8 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

8. Gunakan aplikasi kasir Moka POS

Terakhir, manfaatkan teknologi yang ada. Sekarang ini, ada banyak sekali teknologi untuk mendukung operasional bisnis. Menariknya lagi, aksesnya pun sangat mudah dan tidak perlu prosedur yang berbelit-belit. Salah satunya adalah aplikasi kasir Moka POS.

Aplikasi kasir Moka POS dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan bisnis Anda. Seluruh proses, mulai dari transaksi pembelian hingga penyusunan laporan, bisa dilakukan dengan Moka POS. Selain itu, tersedia manajemen menu terpusat sehingga pelanggan tidak perlu bertanya lagi masalah ketersediaan menu. Tentu saja, di Moka POS Anda bisa menemukan fitur order manager.

Moka POS menyediakan fitur order manager untuk manajemen pesanan makanan online. Dengan satu aplikasi ini saja, Anda sudah bisa mengelola pesanan dari berbagai online food delivery di Indonesia. Tampilannya yang practical membantu Anda mengelola pesanan online. Tak ada lagi pesanan yang terlewat karena semuanya akan diproses secara otomatis melalui Moka POS!

Baca juga: Point of Sales adalah: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya


Dari pembahasan ini, bisa diketahui bahwa order manager adalah sebuah inovasi yang memungkinkan Anda untuk mengelola pesanan (order) dengan mudah, terutama untuk pesanan online. Dengan memanfaatkan inovasi ini, Anda dapat menerima pesanan, melacak posisinya, hingga memastikan posisinya tanpa perlu prosedur yang berbelit-belit.

Apakah saat ini Anda sedang menjalankan bisnis yang menerima pesanan online dan sering menghadapi kesulitan dalam mengelola pesanan? Tak perlu bingung, kini sudah hadir fitur Online Order Management dari aplikasi kasir Moka POS. Melalui fitur ini, Anda bisa mengelola pesanan dari berbagai online food delivery di Indonesia dengan mudah. Operasional pun menjadi lebih efisien dengan adanya manajemen pesanan yang terintegrasi.

Bukan hanya itu, fitur baru ini juga menghadirkan laporan yang terintegrasi. Seluruh pesanan, baik online maupun offline, tercatat secara otomatis dan disatukan di Moka Back Office, jadi Anda tak perlu lagi melakukan konsolidasi manual.

Begitu juga dengan perihal menu. Fitur Online Order Management dari Moka POS membantu Anda dalam mengelola menu di seluruh platform pemesanan online melalui sistem manajemen inventaris terintegrasi. Tampilan menu di perangkat konsumen pun akurat sesuai situasi terkini di tempat Anda!Apakah aplikasi Moka POS adalah solusi yang Anda cari? Untuk informasi lebih lanjut dan pengajuan demo, silakan klik di sini!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia