Moka Logo
7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis yang Ingin Sukses

Tips Bisnis

7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis yang Ingin Sukses

4 min
SaminaSamina

7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis yang Ingin Sukses – Siapa yang tak kenal Jack Ma? Pendiri Alibaba Group ini adalah figur inspirasional yang membuktikan bahwa istilah from zero to hero bukan sebatas angan-angan saja.

Berkat usaha keras dan ide-ide briliannya, usaha dan kesuksesannya dengan Alibaba selalu meningkat. Kini tokoh bisnis terkemuka asal Tiongkok ini sudah memutuskan untuk pensiun dari Alibaba Group.

Namun kegigihan, kisah inspiratif, dan kata-kata motivasinya akan terus dijadikan pelajaran bagi para pengusaha lainnya. Berikut kami ulas tujuh pesan dari kutipan kata-kata Jack Ma khusus untuk Anda para pengusaha sukses.

Baca Juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol 

7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis yang Ingin Sukses

1. Bijak Menghadapi Pesaing

“Anda harus belajar dari pesaing Anda, tapi jangan pernah menjiplak. Jika Anda menjiplak, maka Anda ‘mati’.”

seorang pebisnis sedang bekerjaPesaing bukanlah sosok yang harus dipandang sebagai musuh bagi pelaku usaha. Usaha milik pesaing juga merupakan hal yang bisa Anda pelajari, baik dari segi produk, pelayanan, strategi bisnis, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Pengusaha Sukses Luar Negeri yang Bikin Makin Semangat Berbisnis

Namun, gunakanlah pelajaran tersebut untuk berinovasi. Dengan terus belajar dan memperbarui strategi usaha, bisnis Anda akan terus bersaing dan berkembang di bidangnya.

Selain itu, Jack Ma juga berpesan untuk tetap mengutamakan pelanggan di atas mempelajari pesaing. Karena, sematang apapun strategi bisnis Anda, jika tidak memberi manfaat serta layanan yang baik bagi pelanggan Anda, maka usaha tersebut tentu tidak akan berjalan dengan baik.


2. Uang Bukan Satu-satunya Modal Sukses

“Kita tidak pernah kekurangan uang. Kita hanya kekurangan orang-orang pemimpi yang mampu berjuang keras untuk mimpinya.”

modal kerja - uang

Selain keuangan, mimpi dan semangat juang merupakan faktor pendorong paling kuat dalam membangun usaha. Ketika banyak cobaan datang di jalan kita, impian lah yang akan menguatkan untuk tetap berjuang

Baca Juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Kisah Jack Ma merupakan bukti dari kegigihan dan kerja keras yang dapat mewujudkan mimpinya. Meski ditolak oleh 30 perusahaan dan membanting setir menjadi guru Bahasa Inggris, dengan segala usaha dan ide-ide briliannya, ia dapat menggarap usaha inovatif di bidang teknologi tanpa memiliki latar belakang dalam bidang tersebut.


3. Kenali Ranah Bisnis Anda dan Ciptakan Inovasi

“Beradaptasi dan berubahlah sebelum ada tren atau perubahan besar.”

boba milk tea - bisnis minuman kekinian

Mengetahui lawan dan medan perang yang akan Anda hadapi adalah langkah awal yang baik untuk memulai usaha Anda.

Namun, jangan terjebak dengan kenyamanan atas pengetahuan Anda di awal berbisnis. Dunia berubah dengan sangat cepat.

Baca Juga: Inilah 3 Jenis Literasi Penunjang Skill Pengusaha, Wajib Dikuasai 

Perusahaan dalam segala bidang terus bersaing memenangkan hati pelanggan-pelanggannya dan berinovasi untuk menciptakan tren baru.

Maka dari itu beradaptasi, belajar, dan memperbarui bisnis Anda secara strategis merupakan hal penting yang perlu diterapkan untuk bertahan di dunia usaha.


4. Berdayakan Orang-orang Terbaik untuk Usaha Anda

“Jika Anda ingin juara di abad 21, Anda harus memberdayakan orang lain dan memastikan mereka adalah orang-orang yang jauh lebih baik dari Anda. Dengan begitu Anda akan sukses.”

menjalani bisnis bersama temanPernah dengar istilah hargailah orang lain agar dapat dihargai orang lain? Jack Ma adalah pengusaha yang senang dan fokus kepada bagaimana usahanya memberikan manfaat.

Beliau selalu bahagia ketika membicarakan betapa usahanya membantu pelanggannya dan membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Jack Ma juga menyampaikan untuk mempekerjakan orang-orang yang kemampuannya lebih baik dari kita. Karena dengan begitu, pengetahuan dan usaha Anda akan memiliki potensi berkembang secara beriringan.

Baca Juga: 7 Buku Inspiratif yang Harus Dibaca Pebisnis Perempuan di 2019


5. Selalu Awas Terhadap Peluang yang Ada

“Peluang-peluang yang tidak dapat dilihat semua orang adalah peluang-peluang yang sesungguhnya.”

menjadi pebisnis di usia muda (2)

Berawal dari ketidaksengajaan saat menggunakan internet, inspirasi datang kepada Jack Ma. Beliau melihat peluang bisnis dari kemampuan bahasa Inggrisnya dan betapa kurangnya  informasi tentang produk-produk dari Tiongkok.

Peluang tersebut datang dan terpikirkan oleh beliau ketika orang-orang pada masa tersebut belum memikirkannya.

Baca Juga: 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil

Dengan semangat dan ide briliannya, Jack Ma selalu bergerak dan mewujudkan visinya dalam berbisnis hingga menghasilkan kesuksesan yang melimpah hingga masa pensiunnya saat ini.


6. Pantang Menyerah dalam Berjuang

“Dalam jalan menuju sukses, Anda akan sadar bahwa orang yang sukses bukanlah orang yang suka merengek maupun yang sering mengeluh.”

menggunakan pembayaran digital dan mendukung cashless society - karyawan bisnis

Bagaimana jadinya jika Jack Ma menyerah di tengah jalan saat lamaran kerjanya ditolak oleh 30 perusahaan?

Bagaimana jadinya jika beliau tidak berusaha mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya dengan baik?

Baca Juga: Mau Sukses? Ini 3 Strategi Jitu Mengatur Keuangan untuk Bisnis 

Mungkin inspirasi tidak akan datang dengan cara yang sama seperti yang beliau dapatkan sekarang. Bagi Jack Ma, kesuksesan adalah sesuatu yang hanya bisa diraih dan dijalani tanpa banyak berkeluh kesah.

Kelelahan itu pasti, karena segalanya tidak mungkin terus berjalan sesuai dengan keinginan kita. Hal tersebut sebaiknya diatasi dengan istirahat yang cukup dan berusaha sesuai dalam jangkauan kemampuan Anda. Tetap imbangkan usaha dan menjaga kesehatan Anda, ya!


7. Tempatkan Fokus terhadap Pelanggan dan Pegawai Anda

“Kesuksesan dan keuntungan adalah hasil dari fokus terhadap pelanggan dan pekerja, bukan tujuan.”

menjalani bisnis bersama teman

Pelanggan dan tenaga kerja adalah pelaku utama yang mempertahankan usaha Anda untuk tetap berjalan. Memiliki visi atau tujuan dalam usaha tentu juga merupakan hal yang tak kalah pentingnya dengan dua elemen tersebut.

Namun, Jack Ma membuktikan bahwa kesuksesan dan keuntungannya dalam bisnis datang atas hasil kegigihan dan fokusnya terhadap kepuasan pelanggan dan kesejahteraan tenaga kerjanya, bukan hanya dari visinya dalam berbisnis.

Karena, siapa lagi kalau bukan pelanggan dan pekerja Anda yang akan membantu Anda mencapai impian Anda?

Baca Juga: Cara Mengelola Kebahagiaan Karyawan Anda

Dari ketujuh pesan-pesan motivasi tersebut, Jack Ma banyak menekankan bahwa hal yang perlu pelaku usaha fokuskan dalam menjalani bisnisnya adalah bagaimana usahanya memberi manfaat kepada pelanggan dan pekerjanya.

Perjuangannya juga menunjukkan bahwa status, pendidikan, dan keadaan ekonomi seseorang tidak selalu menjadi hal yang esensial dalam memulai bisnis.

Usaha keras dan kemampuan melihat peluang lah yang mengantarkan Jack Ma menjadi dirinya sekarang.

Ikuti langkah emas Jack Ma dan mulai tingkatkan fokus Anda kepada pelanggan dan pekerja Anda bersama Moka.

Dengan menggunakan Moka sebagai aplikasi kasir Anda, segala urusan laporan finansial dan inventaris usaha Anda akan terdata dengan rapi dan akurat tanpa ribet dengan tumpukan kertas.

Kontrol usaha lebih mudah, keputusan bisnis pun jadi lebih akurat. Rasakan langsung manfaatnya dan ikuti masa percobaan selama 14 hari, tanpa kontrak dan kredit!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.