Product Knowledge

Moka Terintegrasi dengan Eatsy demi Tingkatkan Pengalaman Kuliner Pelanggan

By Sintia Astarina on November, 25 2019
Sintia Astarina

Sr. Content Editor MOKA

Moka Terintegrasi dengan Eatsy demi Tingkatkan Pengalaman Kuliner Pelanggan - Tahukah Anda, salah satu tantangan yang sering dihadapi pebisnis F&B adalah ketika outlet mereka sedang berada di jam-jam ramai, pelanggan harus mengantre panjang dan lama demi mendapatkan makanan dan minuman yang ingin dipesan.

Melihat antrean yang mengular, pelanggan yang baru datang bisa saja tidak jadi membeli karena malas menunggu lama. Belum lagi, ketika ada pelanggan yang sudah mengantre lama-lama, tiba-tiba makanan atau minuman yang ingin dibeli tiba-tiba habis sehingga mereka tak jadi membeli. Hal ini tentu tidak efisien dalam segi waktu.

Di sisi lain, untuk Anda yang memiliki restoran, tantangan lain yang harus dihadapi adalah ada pelanggan Anda yang tidak kedapatan tempat duduk ketika restoran sedang ramai. Ketika dapat pun, proses order-nya lama karena sumber daya terbatas atau harus menunggu antrean makanan dan minuman dibuat dulu.

Lantas, adakah aplikasi yang memudahkan para pebisnis F&B untuk meminimalisir hal tersebut? Ya, Eatsy, jawabannya.

Apa Itu Eatsy?

Aplikasi kasir Moka bekerja sama dengan Eatsy, aplikasi asal Singapura yang memungkinkan setiap pelanggan untuk memesan makanan dan minuman sebelum datang ke restoran.

Ketika mereka sampai di restoran, menu yang dipesan sudah siap dibawa pulang sehingga bisa menghemat waktu para konsumen. Namun, apabila pelanggan juga ingin dine in atau makan di tempat, mereka pun juga bisa memesannya terlebih dulu sebelum datang.

Hal ini pun menjawab tantangan para pebisnis F&B yang ingin meningkatkan pengalaman kuliner dengan menyediakan layanan yang lebih cepat dan praktis.

Dengan demikian, para pelanggan tidak perlu membuang waktu untuk menunggu hingga mendapatkan meja di restoran, kedai, atau outlet. Plus, pelanggan pun tak perlu memesan makanan di tempat, lalu kembali menunggu hingga makanan dan minuman siap dihidangkan.

Di sisi lain, pelanggan juga bisa memperoleh keuntungan lain, yakni menikmati promo diskon 70% (maksimal Rp20.000) untuk pengguna baru, hanya dengan memasukkan kode BARU. Kemudian, pelanggan juga bisa mendapatkan diskon 50% (maksimal Rp15.000) hanya dengan memasukkan kode SETIA, yang mana penggunaannya hanya maksimal 1 kali dalam sehari.

Bukan cuma itu, pelanggan Anda juga bisa menikmati cashback karena aplikasi Eatsy sudah terintegrasi dengan OVO, lho! Ternyata, meningkatkan layanan kepada pelanggan tak pernah semudah ini!

Lalu, bagaimana dengan para pemilik bisnis?

Apa Keuntungan yang Akan Didapat Merchant?

1. Semua serba digital

Masih zaman serba manual? Kini, para pebisnis dapat menerima pesanan secara online dengan teknologi yang mudah untuk diimplementasikan.

2. Penjualan meningkat minimal 10%

Antrean yang panjang bisa menjadi salah satu penyebab pelanggan tidak jadi membeli di restoran atau outlet F&B Anda. Untuk itu, jika Anda menggunakan Eatsy, Anda bisa meningkatkan efisiensi secara operasional dan mengurangi angka penurunan pelanggan lantaran antrean yang panjang.

3. Mengurangi beban petugas kasir

Setiap hari saat closing, mungkin Anda harus menghitung penjualan dan membuat rekapannya. Namun, ketika memanfatakan fitur Eatsy yang telah terintegrasi dengan Moka, Anda tidak perlu memusingkan hal tersebut karena Anda bisa mendapatkan laporan penjualan setiap hari di Backoffice Anda.

4. Mengurangi human error

Keuntungan lain yang akan didapatkan merchant adalah dapat meminimalisir pesanan yang salah akibat human error sehingga operasional bisnis bisa lebih efektif dan maksimal.

5. Laporan penjualan sudah terintegrasi

Berbagai merchant F&B yang sudah menggunakan fitur-fitur Moka, juga bisa memanfaatkan layanan dari Eatsy. Cukup dengan satu aplikasi Moka saja, segala transaksi bisa terintegrasi.

Kemudian, para pebisnis bisa melihat laporan penjualan terpusat di Backoffice Moka sehingga Anda tidak perlu melihat laporan terpisah di masing-masing aplikasi.

6. Ada opsi Online Order di Frontoffice Moka

Untuk di Frontoffice Moka sendiri, pebisnis juga bisa melihat opsi Online Order sehingga apabila ada konsumen Anda yang meng-order makanan atau minuman, akan langsung ter-input di aplikasi Moka.

Tentu, hal ini juga akan meningkatkan efektivitas layanan karena karyawan Anda tak perlu pergi ke meja pelanggan, mencatat makanan, baru meng-input-nya di kasir.

Pencatatannya pun juga lengkap dan praktis. Anda bisa melihat apa yang dipesan pelanggan, atau memonitor apakah pesanan sudah siap atau belum.

7. Menu juga sudah terintegrasi dengan stok bahan baku

Bahkan, menu makanan dan minuman yang dipesan pelanggan lewat Eatsy juga akan terintegrasi dengan jumlah stok bahan makanan di aplikasi Moka sehingga Anda pun bisa memonitor persediaan bahkan makanan dengan mudah dan praktis.

8. Mendapatkan exposure lebih luas

Dengan memberikan pengalaman kuliner yang lebih mudah dan menyenangkan bagi para pelanggan, bisnis F&B Anda pun memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas!

Integrasi ini pun juga meningkatkan peluang berbagai merchant untuk mendapatkan exposure lebih karena nama merchant akan terdaftar di aplikasi Eatsy secara otomatis, beserta menu-menu yang dimiliki. Dengan demikian, para pelanggan bisa menemukan restoran, kedai, atau outlet Anda, serta mengetahui menu dengan lebih mudah.


Adakah biaya lain yang harus dibayar merchant?

Untuk setiap merchant yang memanfaatkan fitur Eatsy akan dikenakan biaya komisi sebesar 10%, tanpa harus membayar biaya berlangganan. Biaya komisi tersebut sudah termasuk Merchant Discount Rate, banner, event campaign, serta promosi di media sosial.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada khalayak ramai, juga meningkatkan penjualan bersama Moka dan Eatsy

Ingin mencoba langsung bagaimana Eatsy bisa membantu bisnis F&B Anda maju lebih pasti? Klik tombol di bawah ini.

Coba Sekarang

Apabila Anda ingin tahu lebih lanjut bagaimana mengatur Eatsy di Backoffice Moka, silakan lihat panduan halaman ini.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia