Moka Logo
Seberapa Penting Modal Usaha untuk Bisnis Anda?

Tips Bisnis

Seberapa Penting Modal Usaha untuk Bisnis Anda?

3 min
MikyMiky

Seberapa Penting Modal Usaha untuk Bisnis Anda? – Modal, merupakan pondasi penting dalam membangun bahkan mengembangkan sebuah bisnis.

Tidak hanya perusahaan besar, bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) juga memerlukan modal. Meski begitu, pegiat usaha sekarang ini banyak menemui hambatan atau bahkan jalan buntu ketika ingin mendapatkan akses permodalan.

Baca juga: 9 Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

Apalagi, banyak instansi-instansi peminjaman memberikan banyak persyaratan yang menyulitkan mereka untuk mendapatkan modal.

Dengan terbatasnya akses ke permodalan, hal ini akan menyulitkan para pelaku usaha dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya. Pada akhirnya mereka hanya bergantung kepada permintaan pasar terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Seberapa Penting Modal Usaha untuk Bisnis Anda?

Untuk menjalankan sebuah usaha yang sukses, dibutuhkan tidak hanya produk dan pelayanan terbaik untuk dijual demi mendapatkan keuntungan.

Ada beberapa faktor yang menentukan apakah bisnis dapat berkembang hingga periode tertentu atau bahkan hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Salah satu hal terpenting yang membedakan apakah Anda bisa sukses menjalankan bisnis adalah, apakah Anda bisa mengakses ke permodalan dengan mudah atau tidak.

Menurut survey yang dilakukan oleh peneliti di UCLA, NYU dan Texas University, bisnis yang menerima peminjaman modal dapat mempertahankan kelangsungan bisnisnya hingga 50%. Kebalikannya, bisnis yang tidak mengajukan pinjaman memiliki tingkat kegagalan bisnis hingga 70%.  

Baca Juga: Pentingkah Modal dalam Mengembangkan Usaha?

Fleksibilitas keuangan merupakan salah satu kunci penting untuk kesuksesan berbinis dan ini dimulai dari aliran kas yang jelas dan kemampuan untuk membeli perlengkapan dan suplai yang dibutuhkan.

Aliran kas yang tidak lancar akan memberikan reputasi yang buruk kepada investor atau kepada instansi peminjam.


Pemasaran, Kunci untuk Memaksimalkan Penggunaan Modal

handphone - media sosial - instagram - facebook

Faktor kedua terpenting untuk kesuksesan bisnis adalah kemampuan untuk mengomunikasikan bisnis kepada para pelanggan.

Selain itu, pemilik usaha yang sukses adalah mereka yang mengerti akan kebutuhan para pelanggannya. Untuk itu, Anda membutuhkan strategi marketing yang matang yang berasal dari analisa penjualan yang komprehensif.

Pertanyaannya, bagaimana Anda bisa mendapatkan data tersebut?

Jawabannya mudah, di era digital sekarang ini, banyak teknologi yang diciptakan untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

Salah satunya adalah aplikasi point of sale/kasir seperti Moka POS yang menyajikan data-data penjualan yang akurat dan tepat sebagai analisa untuk menyusun strategi marketing.

Baca Juga: 7 Tanda Anda Sudah Siap Mengembangkan Bisnis

Dari analisa tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan campaign/promosi. Campaign melalui brosur atau bahkan radio dan TV mungkin sudah banyak ditinggalkan karena lebih mahal untuk ukuran bisnis UKM.

Media sosial bisa menjadi solusi yang tepat sebagai channel untuk mempromosikan bisnis. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara efisien dan langsung ke pelanggan Anda tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang.

Konten yang menarik pun perlu dibuat karena adanya kesempatan bahwa konten tersebut disebarkan kepada pelanggan potensial.

Cara Mendapatkan Akses Permodalan

modal kerja - uang

Modal tidak hanya berupa uang saja dan bisa berbentuk banyak hal. Aliran kas, penjualan dan pendapatan juga merupakan bentuk dari modal. Uang tunai yang berasal dari kas pribadi pemilik usaha juga bisa disebut sebagai modal.

Kartu kredit merupakan cara termudah untuk mendapatkan modal. Akan tetapi, pemilik usaha juga harus berhati-hati ketika mengajukan untuk usaha mereka dan pastikan bahwa syarat dan ketentuan tidak merugikan pihak Anda.

Tidak hanya kartu kredit, saat ini banyak instasi bank hingga koperasi simpan pinjam yang menawarkan berbagai jenis pinjaman seperti kredit tanpa agunan (KTA).

Bagi pelaku usaha bisnis baru yang belum memiliki aset, Anda bisa mengajukan KTA atau tanpa jaminan di mana pinjaman yang bisa Anda dapatkan yaitu sekitar 25 juta ke atas.

Baca Juga: Mendapatkan Sumber Modal untuk Bisnis UKM

Dua hal di atas bukanlah satu-satunya solusi mudah untuk mendapatkan modal. Anda bisa mendapatkan modal usaha melalui aplikasi digital karena saat ini banyak financial technology (fintech) yang menyediakan jasa untuk pinjaman modal secara online.

Pinjaman online ini menggunakan model peer to peer lending (P2P Lending) di mana mereka menyediakan layanan finansial berupa pinjaman dan investasi, dimana seluruh pengajuan dan prosesnya dilakukan sepenuhnya melalui online.

Baca juga: Moka Capital, Solusi Mudah Pinjaman Online

Tidak perlu khawatir, penyedia layanan fintech tersebut pun sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman dan terpercaya.

Social Media Share :
Miky

Miky

Penulis di Blog Moka