5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

 

rawpixel-798167-unsplash

 

"Instagram adalah media sosial yang paling tepat untuk pemilik bisnis."

Jika ada media sosial yang saat ini menjadi ‘raja’ di kalangan penggunanya, bisa jadi Instagram adalah jawabannya. Bahkan, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Instagram, pengguna aktif bulanannya atau monthly active user mencapai 1 milyar pengguna per bulan Juni 2018 kemarin.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh WeAreSocial.net dan Hootsuite, pengguna aktif Instagram di Indonesia mencapai 53 juta orang. Ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak ketiga di dunia. Tidak heran apabila Indonesia menjadi lahan potensial bagi para pebisnis untuk menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran yang populer.

Salah satu cara yang cukup banyak dipakai oleh para pebisnis untuk memasarkan produknya adalah dengan memanfaatkan micro influencer. Bahkan menurut Subrat Kar, Co-Founder dari perusahaan bernama Vidooly, seseorang tidak perlu memiliki jutaan followers untuk menjadi influence karena semuanya bergantung pada satuan metric bernama engagement.

Untuk itu, Instagram adalah media sosial yang tepat untuk para pemilik bisnis karena mereka dapat memanfaatkan micro influencer untuk menyasar target berdasarkan interest atau minat para pengguna Instagram secara spesifik.

Mereka yang dikategorikan sebagai micro influencer di Instagram sendiri merupakan orang yang memiliki 1.000 sampai 100.000 followers. Namun apakah menggunakan jasa mereka lebih efektif dibandingkan dengan artis yang memiliki followers lebih banyak? Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh HelloSociety, micro influencer memiliki tingkat engagement 60% lebih tinggi dari seorang selebgram.

Jika Anda sudah siap meningkatkan permainan Instagram untuk bisnis Anda dengan memanfaatkan micro influencer, beberapa alasan berikut ini dapat meyakinkan Anda.

1. Dapat menyasar target yang niche

networking-5

Media sosial adalah platform yang efektif untuk memasarkan bisnis Anda namun mempromosikan bisnis Anda dengan menyasar pada target tertentu yang telah ditentukan akan jauh lebih efektif.

Gunanya ketika Anda memakai jasa micro influencer adalah Anda memiliki kesempatan untuk menunjukkan produk yang Anda miliki pada kelompok spesifik yang ingin Anda tuju, misalnya adalah followers dari micro influencer tersebut. Hal ini dapat berujung pada peningkatan engagement yang kemudian berpotensi mengarah pada penjualan.

2. Biaya yang cukup terjangkau

rawpixels_com_-2

Masalah dana adalah masalah yang sangat krusial, terutama bagi Anda yang baru saja menjalankan bisnis. Di waktu yang bersamaan, Anda menginginkan yang terbaik untuk bisnis Anda. Dengan Anda menyewa jasa para micro influencer ini, Anda dapat menghemat biaya. Mengingat biaya untuk menggunakan jasa mereka cukup terjangkau, Anda pun dapat bereksperimen dengan mereka untuk dapat melihat mana yang baik dan mana yang buruk untuk bisnis Anda.

3. Mendapatkan tingkat engagement yang lebih tinggi

blur-drinks-facial-expression-821054

Sebelumnya, mungkin Anda berpikir bahwa semakin banyak followers yang dimiliki seseorang, akan semakin banyak pula engagement yang bisa Anda dapat. Faktanya, hal ini merupakan kesalahan persepsi kebanyakan orang. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa micro influencer cenderung memiliki tingkat engagement yang tinggi dibanding para selebriti. Ini disebabkan karena mereka memiliki followers yang segmented dan memiliki ketertarikan yang serupa.

Singkatnya, jika memang target yang Anda incar adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan serupa, maka Anda berpotensi memiliki tingkat engagement yang lebih tinggi dibanding jika Anda menyewa jasa selebriti yang followers-nya memiliki ketertarikan yang berbeda-beda.

4. Micro influencer terkesan lebih otentik

photo-1472393365320-db77a5abbecc-2

Jika Anda menyewa jasa micro influencer, mereka akan mempromosikan produk Anda ke para followers mereka yang loyal. Di mana, para followers ini mem-follow mereka karena alasan tertentu, misalnya micro influencer tersebut seorang sosok yang ahli di bidang gadget.

Tidak hanya memberikan informasi sebuah produk, micro influencer juga dapat mengajak para pengikutnya untuk mempercayai produk Anda. Ditambah lagi, ketika para micro influencer ini mengunggah produk atau jasa yang Anda tawarkan karena orang-orang mulai bisa relate diri mereka dengan produk Anda.

"Micro-influencer dapat membuat pengikutnya mempercayai produk Anda."

Sejatinya, para micro influencer di Instagram ini cenderung mem-posting kontennya secara pribadi, membalas komentar-komentarnya, dan berperilaku lebih otentik tanpa merasa ada yang ditutup-tutupi.

Itulah tadi beberapa alasan yang bisa kamu gunakan untuk menjawab kenapa micro influncer penting di dalam kehadiran Anda. Nah, untuk menunjang kebutuhan bisnis Anda agar lebih efisien, Anda juga bisa menggunakan aplikasi kasir Moka. Dengan #PercayaMoka, bisnis Anda jauh lebih efisien. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini.

linkedin