Business Insight

9 Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda

By Rani Mutiara Hati on February, 28 2020
Rani Mutiara Hati

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.

9 Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda - Sebagai pebisnis sangat penting untuk selalu menjaga kinerja pertumbuhan bisnisnya, terutama dalam hal penjualan.

Saat ingin meningkatkan penjualan Anda pasti akan dihadapkan dengan berbagai macam kendala dan tantangan, salah satunya adalah ketika bertemu dengan konsumen yang ragu  dengan produk Anda. 

Konsumen yang ragu dan cenderung takut adalah hal lumrah untuk ditemui ketika menjalankan sebuah bisnis, terutama jika bisnis Anda melakukan proses transaksi atau jual-beli secara online melalui internet. 

Baca Juga : Praktekan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

Oleh sebab itu menawarkan produk kepada konsumen tidak bisa dilakukan secara sembarang. Salah-salah bukannya tertarik, tapi bisa jadi konsumen tersebut malah berpaling dan membeli di tempat lain. Apalagi jika produk yang Anda tawarkan memiliki banyak kompetitor yang juga menjual produk serupa. 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam meyakinkan konsumen, bukan berarti produk yang ditawarkan tidak berkualitas atau menarik. Tetapi mungkin strategi atau cara mempromosikan yang Anda lakukan kurang tepat, sehingga konsumen menjadi kurang berminat untuk membeli produk Anda. 

Baca Juga : 4 Cara Branding Produk Sehingga Dikenal Konsumen

Lalu bagaimana caranya agar konsumen bisa yakin dan mau membeli produk yang Anda tawarkan? Lakukan 9 cara berikut ini untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk yang Anda tawarkan. 


9 Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda

1. Produk Harus Berkualitas

es kopi susu - E-book Bocoran Peluang Bisnis F&B, Retail, dan Servis pada 2020

Hal yang paling mendasar dan merupakan pertimbangan utama konsumen dalam membeli suatu produk adalah kualitas dari produk itu sendiri.

Tentu tidak mungkin jika seandainya Anda mempunyai bisnis kuliner dan Anda ingin mendapatkan keuntungan padahal rasa masakan Anda sangat buruk.

Baca Juga : Strategi Promosi untuk Usaha Kecil Menengah

Maka dari itu, pastikan produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik untuk membuat konsumen Anda puas.

Jangan segan untuk berinvestasi untuk melakukan riset dan pengembangan produk demi mendapatkan kualitas produk yang baik. Sebab, tidak ada cara meyakinkan konsumen yang lebih baik daripada menciptakan produk yang luar biasa.


2. Tawarkan pada Konsumen yang Tepat

meningkatkan penjualan bisnis fashion - baju - 7 Tantangan Bisnis Fashion Pria dan Wanita dan Cara Mengatasinya

Untuk mempermudah menjual produk kepada konsumen, produk yang Anda tawarkan haruslah ditujukan kepada konsumen yang benar-benar membutuhkan produk Anda. 

Pastikan terlebih dahulu secara jelas siapa yang menjadi target pasar bisnis Anda. Anda bisa menentukannya berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat ekonomi, dan lainnya.

Dengan begitu Anda dapat mempertegas siapa konsumen potensial Anda, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk berpromosi kepada orang yang tidak membutuhkannya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Perilaku Pembelian

Ditambah lagi jika konsumen sudah tertarget, tugas Anda akan menjadi jauh lebih mudah. Anda dapat menentukan tempat yang cocok untuk berjualan dan bertemu dengan calon konsumen potensial yang kemungkinan besar akan tertarik dan ingin membeli produk Anda. 


3. Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

berikan penawaran diskon atau potongan harga - meningkatkan penjualan bisnis fashion

Tingkat pengetahuan setiap konsumen terhadap suatu produk tidak bisa disamaratakan. Ada beberapa konsumen yang betul-betul memahami produk secara mendetail, namun ada juga konsumen yang kurang begitu memahaminya. 

Disinilah Anda harus mampu menyederhanakan bahasa yang Anda gunakan untuk menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan produk.

Misalnya, Anda berjualan kamera mirrorless. Tidak semua orang yang suka foto memahami istilah-istilah dalam kamera dan fotografi, seperti kata “aperture” dan “eksposure”.

Agar lebih mudah dipahami, Anda bisa mengganti kedua kata tersebut dengan lubang lensa untuk aperture dan pencahayaan untuk eksposure.

Baca Juga : Sukses dari Bawah dengan 10 Tips Memulai Usaha Kecil Ini

Dengan semakin pahamnya konsumen akan produk yang sedang Anda tawarkan, makan akan semakin mudah bagi Anda untuk meyakinkan konsumen tersebut agar mau membeli produk Anda. 


4. Produk yang Ditawarkan Harus Memiliki Keunggulan

berjualan boba bubble milk tea

Selain kualitas yang baik, produk Anda akan semakin meyakinkan konsumen agar mau membeli apabila produk tersebut juga memiliki keunggulan.

Apalagi jika produk yang Anda jual merupakan produk yang sama dengan harga yang sama yang ditawarkan pesaing Anda, maka dapat dipastikan Anda akan semakin kesulitan untuk meyakinkan konsumen. Sebab, konsumen tersebut tidak harus membelinya dari Anda.

Oleh karena itu, pastikan produk Anda memiliki suatu keunggulan. Misalnya dari segi pelayanan,  jika banyak orang yang menjual produk serupa, Anda bisa menawarkan garansi produk yang lebih lama, gratis biaya pengiriman, atau pelayanan customer service selama 24 jam.

Baca Juga : 4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM

Yang perlu diingat adalah memberikan sesuatu yang lebih dari apa yang diharapkan oleh konsumen merupakan cara paling ampuh untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk Anda.


5. Tunjukkan Pencapaian Bisnis Anda

mengetahui laporan penjualan lewat aplikasi kasir - membuka bisnis pakaian - manfaat aplikasi kasir - aplikasi kasir toko untuk PC

Apakah bisnis Anda telah memiliki pencapaian? Jika iya, maka itu akan menjadi nilai lebih yang dapat dipamerkan kepada konsumen. Misalnya bentuk-bentuk pencapaian seperti produk Anda pernah meraih suatu penghargaan, sudah ribuan orang menggunakan produk Anda, dan lain sebagainya. 

Dengan menunjukkan bukti-bukti pencapaian tersebut, Anda akan dapat mengubah pandangan konsumen dan semakin memperkuat citra bisnis yang Anda miliki.

Konsumen yang awalnya ragu, bisa saja menjadi yakin dan akhirnya mau membeli produk Anda setelah melihat pencapaian bisnis Anda.


6. Tunjukkan Testimoni dari Konsumen yang Pernah Membeli

memberikan rating bagus untuk bisnis - testimonial

Cara meyakinkan konsumen bisa juga dengan menunjukkan testimoni dari konsumen lain yang sudah membeli produk Anda. Terlebih lagi jika terdapat testimoni pembeli dari kalangan public figure atau figur-figur inspiratif, maka calon konsumen akan semakin tertarik dan diyakinkan.

Baca Juga : 6 Alasan Mengapa Tanggapan Konsumen Penting Bagi Usaha Anda

Oleh sebab itu, coba kumpulkan testimoni dari para pembeli tersebut. Cukup penting untuk mengumpulkan testimoni ini, karena pasalnya konsumen baru yang sulit diyakinkan dapat luluh dengan menunjukan beberapa pengalaman positif dari konsumen lain yang pernah membeli produk Anda.


7. Biarkan Konsumen Mencobanya

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar - es krim taiyaki

Ketika Anda menawarkan suatu produk baru, membiarkan calon konsumen untuk mencobanya akan dapat membuat mereka lebih yakin terhadap produk tersebut. Karena tentunya mereka ingin merasakan sendiri secara langsung dan mengetahui seberapa bagus produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga : 5 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Restoran Cepat Saji Anda Dicintai Konsumen

Jadi, siapkan sampel gratis, contoh produk atau free trial yang bisa dicoba oleh calon konsumen. Langsung tanyakan bagaimana pendapat mereka setelah mencobanya dan jelaskan kembali tentang produk Anda untuk sekali lagi meyakinkan mereka membeli produk Anda.


8. Konsisten Berpromosi

promosi bisnis di media sosial

Bagi pebisnis, penting untuk melakukan promosi secara konsisten. Karena dengan promosi merupakan landasan untuk mulai membangun keyakinan konsumen terhadap produk maupun bisnis Anda. Jika Anda jarang melakukan promosi atau bahkan terlalu sering berpromosi, hal tersebut dapat membahayakan bisnis Anda. 

Baca Juga : Efektifkah Melakukan Promosi Produk Bisnis Lewat Foto dan Video?

Maka dari itu, langkah berpromosi yang tepat adalah dengan melakukannya secara konsisten. Misalnya seperti launching Produk baru setiap beberapa bulan sekali, setiap mendekati momen perayaan tertentu dan lain sebagainya.


9. Perbanyak Relasi 

cashless society, anak muda - 9 Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Fresh Graduate - bisnis untuk fresh graduate

Memperluas jaringan dan memiliki banyak relasi akan sangat membantu Anda untuk lebih meyakinkan konsumen agar mau membeli produk Anda. 

Baca Juga : 5 Keuntungan dalam Membangun Jaringan dan Relasi dalam Bisnis

Sebab dengan semakin luasnya jaringan dan banyaknya relasi yang Anda miliki, maka bisnis Anda akan terbantu untuk semakin banyak dikenali oleh konsumen, terutama oleh konsumen yang membutuhkan produk Anda. 

Dengan demikian, secara otomatis akan ada banyak konsumen yang mulai familiar dan percaya bahwa Anda adalah penjual yang mereka kenal dengan baik. Jadi mereka tidak akan ada lagi perasaan khawatir untuk membeli produk Anda.

Baca Juga : Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Nah, itulah beberapa cara untuk meyakin konsumen agar mau membeli produk yang Anda tawarkan. Anda tentu masih bisa lebih bereksplorasi lagi sesuai dengan tipe bisnis yang Anda jalankan, sehingga calon konsumen yang Anda targetkan bisa semakin yakin untuk mau membeli produk Anda.

Selain beberapa cara penting diatas untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk, Anda pun perlu untuk mengoptimalkan proses penjualan di toko Anda. Dengan Aplikasi kasir Moka POS Anda dapat terbantu dalam mempercepat proses penjualan dan mengelola transaksi di toko Anda. 

Terlebih lagi masih banyak fitur-fitur Moka lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membantu menjalankan bisnis yang lebih efektif dan efisien. Anda bisa mencoba free trial selama 14 hari dari kami untuk merasakan secara langsung manfaat dari fitur-fitur Moka dengan klik banner di bawah. 

Selamat mencoba dan semoga Anda sukses tingkatkan penjualan!

Coba Gratis 14 Hari

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia