Moka Logo
10 Ciri Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran

Tips Bisnis

10 Ciri Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran

3 min
JordhiJordhi

10 Ciri Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran – Peran mesin kasir dalam bisnis restoran sangatlah krusial. Bagaimana tidak, segala transaksi dengan pelanggan dilakukan di mesin kasir. Penjualan harian yang dilakukan pasti tercatat oleh mesin kasir. Inilah mengapa Anda harus benar-benar memilih mesin kasir yang tepat.

Seperti apakah mesin kasir yang tepat untuk restoran? Untuk bantu Anda menentukan pilihan, Berikut ini ciri mesin kasir yang cocok untuk restoran.

Baca juga: Perlukah Standardisasi Menu Restoran? Baca 5 Alasannya Berikut Ini

10 Ciri Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran

1. Tidak Makan Tempat

Kasir yang compact dan ergonomis akan sangat memudahkan penataan di restoran Anda. Kasir yang besar seperti kasir-kasir terdahulu kini sudah mulai ditinggalkan karena memerlukan meja atau buffet yang lebih besar lagi, sehingga kurang cocok untuk restoran-restoran kecil yang masih baru berdiri.

2. Bisa Memproses Transaksi dengan Cepat dan Tepat

Dalam bisnis pelayanan, kecepatan dan ketepatan adalah kunci kepuasan pelanggan. Mesin kasir terdahulu yang masih dioperasikan secara manual akan cukup menghambat kecepatan proses transaksi. Jika operator melakukan kesalahan, penghapusan pesanan pun sulit untuk dilakukan.

3. Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran adalah yang Mudah Digunakan

Strategi Marco’s Chop Shop Tingkatkan Mutu Layanan Bisnis Barbershop - aplikasi salon, aplikasi kasir excel gratis full, atau program kasir sederhana gratis - Cara Menjadi Kasir yang Baik - Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran

Mesin kasir konvensional mengharuskan operator untuk memasukkan harga dan besaran potongan diskon secara manual. Langkah-langkah untuk mendapatkan jumlah subtotal pun cukup panjang, sehingga rentan terjadi kesalahan. Untuk itu, di era digital ini, sebaiknya Anda sudah menggunakan mesin kasir digital dengan interface berbasis sentuh, layaknya smartphone dan tablet.

Baca juga: Terapkan 3 Strategi Pemasaran Ini Jika Anda Punya Restoran Baru

4. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Mesin kasir menyimpan data transaksi dan juga uang tunai hasil penjualan. Untuk itu, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari, pastikan mesin kasir Anda memiliki fitur pengamanan. Misalnya seperti password tertentu agar bisa menggunakan mesin kasir tersebut.

5. Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran adalah yang Mampu Mengelola Inventaris Stok

Popoluca The Label - bisnis fashion - aplikasi kasir moka pos - Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran

Mesin kasir restoran seharusnya bukan hanya mampu digunakan sebagai alat pencatat transaksi saja, tetapi juga mampu mencatat ketersediaan stok bahan baku. Gunanya adalah agar Anda memiliki data yang cukup untuk mengetahui kapan waktunya memesan bahan baku ke supplier. Jadi, Anda bisa terus melayani pesanan pelanggan.

6. Bantu Menyusun Laporan Penjualan

Kebanyakan mesin kasir hanya menyajikan data penjualan yang belum terolah. Sehingga Anda harus mengolah data penjualan tersebut secara manual.

Mesin kasir yang cocok untuk restoran seharusnya sudah mampu mengolah data penjualan secara otomatis, sehingga Anda bisa tahu persis bagaimana performa penjualan restoran Anda. Dengan data yang lengkap dan akurat, Anda bisa akan terbantu untuk menyusun strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan di restoran Anda.

7. Bisa Menerima Pembayaran Nontunai

Mesin kasir yang cocok untuk restoran saat ini adalah mesin kasir yang mampu memproses pembayaran nontunai. Masyarakat kini sudah mulai banyak yang menggunakan e-wallet, kredit, dan debit untuk pembayaran, terlebih lagi di era pandemi ini. Jadi, demi kenyamanan pelanggan, pastikan mesin kasir restoran Anda sudah menerima pembayaran nontunai.

8. Terkoneksi dengan Internet

tugas kasir - aplikasi kasir Moka (1) - Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran

Koneksi internet pada mesin kasir masih terbilang baru. Namun, fungsinya sangatlah penting. Jika mesin kasir restoran Anda terkoneksi internet, maka data-data penjualan tersebut dapat tersimpan di cloud, sehingga bisa Anda akses dari mana saja dan kapan saja. Anda tidak perlu lagi data ke restoran hanya untuk mengecek data penjualan harian.

Baca juga: 5 Alasan Aplikasi Kasir Restoran adalah Kunci Sukses Bisnis Anda

9. Menyimpan Data Pembelian Customer dengan Baik

Mesin kasir yang cocok untuk restoran adalah mesin kasir yang bantu Anda mengenali kebiasaan belanja pelanggan Anda. Mesin kasir yang baik akan membantu Anda mengenali apa produk yang paling laku dan tidak laku, serta kapan waktu pembelian tertinggi dan terendah.

10. Bantu Memulai Loyalty Program

Repeat customer atau pelanggan tetap sangatlah penting dalam bisnis restoran. Mesin kasir yang cocok untuk restoran Anda adalah yang mampu membantu Anda untuk memiliki lebih banyak pelanggan setiap. Caranya adalah dengan membuat loyalty program yang memberikan reward khusus kepada setiap pelanggan tetap yang sudah tercatat di database aplikasi kasir.

Itu dia 10 ciri mesin kasir yang cocok untuk restoran. Seluruh ciri-ciri di atas sudah dimiliki oleh Moka POS. Jadi, Moka POS memang aplikasi kasir restoran yang terbaik untuk Anda.

Dengan dibekali oleh beragam fitur canggih, Moka POS siap mendukung restoran Anda jadi lebih sukses. Jadi, percayakan Moka POS untuk aplikasi kasir restoran Anda!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka