Business Insight

Merchandise adalah Alat Promosi Bisnis yang Ampuh, Ini Jenisnya

By Samina Sharanani on August, 13 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Merchandise adalah Alat Promosi Bisnis yang Ampuh, Ini Jenisnya ... - Mengeluarkan pernak-pernik atau lebih sering dikenal sebagai merchandise adalah sesuatu yang seringkali digunakan oleh brand dalam upaya untuk meningkatkan perusahaan agar pelanggan tetap setia dan kembali untuk membeli produk atau jasa mereka. 

Dari sticker, tote bag, mug, dan kaos, para perusahaan tersebut akan membuat desain menarik khas brand mereka untuk ditaruh di merchandise mereka. 

Selain dapat membuat pelanggan tetap setia, pernak-pernik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari para pelanggan juga dapat mengundang pelanggan baru yang melihat mereka menggunakan merchandise tersebut, lho.

Tertarik? Baca terus artikel ini hingga selesai untuk mengetahui secara lengkap fungsi dan merchandise apa yang paling cocok untuk bisnis Anda. 

5 Fungsi Merchandise dalam Bisnis

merchandise adalah - sweater

Karena merchandise adalah salah satu aspek penting untuk membantu usaha Anda menjadi lebih dikenal, yuk ketahui berbagai fungsi merchandise berikut ini.

1. Membentuk image brand

Ternyata, selain memiliki akun media sosial, mempunyai merchandise untuk bisnis Anda adalah taktik pemasaran yang sangat penting dalam pembentukan image brand Anda kepada banyak orang secara sekaligus. Dengan adanya merchandise, Anda juga dapat membuka perbincangan mengenai bisnis Anda. 

2. Menarik minat konsumen

Selain dari aspek promosi, merchandise juga dapat menarik minat konsumen saat Anda membuka stand dalam event-event tertentu jika mereka menganggap apa yang mereka lihat menarik. 

3. Menjangkau pelanggan baru

Seperti yang sebelumnya sudah dibahas, merchandise juga dapat menjadi alat promosi dari satu konsumen ke konsumen lainnya. Pertanyaan kecil seperti, “Tote bag kamu beli di mana?” bisa saja membuat bisnis Anda mendapatkan satu pelanggan setia baru. 

4. Menonjolkan daya tarik bisnis

Merchandise juga dapat berfungsi sebagai alat pembeda dari bisnis lainnya. Jika Anda memiliki coffee shop, tentu mempunyai sesuatu yang membuat coffee shop Anda menonjol dari yang lainnya merupakan hal yang penting. Nah, mempunyai merchandise unik dapat membantu Anda untuk mencapai hal tersebut. 

5. Sebagai tanda terima kasih

Anda juga dapat memberi merchandise sebagai tanda terima kasih bagi pelanggan setia yang sudah memenuhi kriteria untuk diberi merchandise bisnis Anda secara gratis.

Walaupun tidak langsung mendapatkan keuntungan, hal tersebut dapat membuat hubungan Anda dengan konsumen tersebut lebih baik dan membuatnya ingin terus kembali mendukung bisnis Anda. 

Nah, setelah memahami pengertian dan fungsi merchandise, berikut ada beberapa jenis merchandise yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda. 

Baca juga: 100+ Contoh Nama Toko Online untuk Bisnis Anda 


Merchandise adalah Alat Promosi Bisnis yang Ampuh, Ini Jenisnya ...

merchandise adalah - tote bag

1. Kaus

Kaus adalah merchandise yang paling banyak dipilih oleh bisnis untuk dijadikan. Kaos bisa menjadi billboard berjalan Anda saat digunakan oleh konsumen, asalkan memiliki desain tersebut benar-benar menarik dan mewakili brand Anda. 

2. Tote Bag

Hampir sama dengan kaos, tote bag juga dapat berfungsi sebagai billboard berjalan. Selain dapat digunakan dalam aktivitas sehari-hari oleh konsumen, memilih tote bag untuk dijadikan merchandise juga hal yang dapat menguntungkan bagi bisnis Anda saat mengikuti berbagai acara.

3. Mug/Tumbler

Merchandise berikut ini secara biaya produksi dapat dibuat lebih murah tetapi memiliki efek yang tidak kalah dibandingkan yang lainnya karena dapat menarik bagi konsumen dari berbagai jenis kalangan dan usia. Lagi pula, siapa yang tidak perlu mug atau tumbler untuk minum air putih, teh, atau kopi dalam kehidupan sehari-harinya? 

4. Pulpen dan Gantungan Kunci

Walau memang dua hal yang berbeda, pulpen dan gantungan kunci dapat Anda berikan kepada pelanggan sebagai paket merchandise. Kedua benda tersebut memang berbeda, namun sama-sama cukup bermanfaat untuk hal-hal sederhana di kehidupan sehari-hari. 

5. Power Bank

Walau memang sedikit extravagant, menyediakan power bank sebagai merchandise untuk bisnis Anda akan menjadi daya tarik yang menarik. Benda ini juga sangat efektif karena akan sangat dicari saat baterai perangkat konsumen sedang habis. 

Nah, itu dia pengertian, fungsi, dan beberapa jenis merchandise yang dapat digunakan dalam bisnis Anda. Menarik bukan? Dengan merchandise, Anda dapat menaikkan citra bisnis Anda untuk lebih sukses!

Tentu, di balik kesuksesan suatu bisnis, harus ada teknologi mumpuni yang mampu membantu Anda dalam mengatur semua kegiatan operasional sehari-hari. Jangan khawatir, ada Moka, aplikasi kasir terbaik yang siap membantu Anda!

Dengan fitur Manajemen Stok, aplikasi kasir Moka dapat membantu Anda membuat laporan inventaris dengan cara yang lebih praktis dan real-time. Tidak hanya itu manfaatnya, Anda juga dapat memantau aliran barang yang keluar masuk agar flow inventaris tetap berjalan dengan lancar.

Dengan Moka, Anda juga bisa mencatat transaksi penjualan secara real-time dan menganalisisnya sehingga memudahkan Anda untuk menentukan strategi bisnis ke depannya!

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana Moka bisa membantu bisnis Anda? Yuk, coba aplikasi Moka secara GRATIS selama 14 hari sekarang juga! 

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia