Menyambut Hari Kopi Internasional, Ini 8 Kedai Kopi Terfavorit Versi Moka

Setiap tanggal 1 Oktober, para pecinta kopi boleh berbangga hati.

Pasalnya, hari itu ditetapkan sebagai Hari Kopi Internasional. Pertama kali diperingati pada tahun 2015, hari istimewa ini dirayakan sekaligus untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap petani kopi.

hari kopi internasional

Budaya kopi pun juga termasuk yang populer di Indonesia. Sebagai salah satu produsen biji kopi terbesar di dunia, konsumsi kopi di kalangan masyarakat Indonesia juga cukup banyak.

Baca Juga: Habis Gowes Minum Kopi, Ini Rahasia Sukses Cyclo Coffee & Apparel!

Pagi-pagi berangkat kerja minum kopi, siang hari pesan kopi, hingga saat meeting pun juga minum kopi. Selain itu, tahukah Anda bahwa hari minum kopi paling populer di Indonesia terdapat di hari Sabtu dan Minggu? Mungkin saja, Anda termasuk orang yang lebih sering ngopi di akhir pekan.

"Hari minum kopi paling populer di Indonesia adalah hari Sabtu dan Minggu."

Nah melalui artikel ini, kami akan menjelaskan sejumlah kedai kopi di Indonesia yang menjadi favorit hingga yang dijadikan kiblat oleh para pecinta kopi untuk sekadar ngumpul atau bahkan membuka kedai kopi sendiri.

Tidak hanya menyajikan cita rasa kopi yang lezat, kedai kopi yang akan Moka jelaskan ini juga telah menuai sukses dari segi bisnis. Yuk, simak daftarnya.

 

1. Disini Koffie

hari kopi internasional

Salah satu tempat ngopi yang berlokasi di Bisnis Park, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini memiliki kedai kopi dengan desain yang cukup minimalis, sebagaimana layaknya kedai kopi pada umumnya. Soal harga, Disini Koffie mematok harga yang relatif murah dengan kualitas rasa kopi yang tidak kalah berkualitas dengan kopi-kopi premium.

Baca Juga: Mantan Arsitek Ini Memilih untuk Membangun Studio Olahraga dan Kedai Kopi

Tidak mengherankan apabila cukup banyak pelanggan setia mereka yang kembali ke sana untuk menikmati secangkir kopi nikmat. Untuk menarik para pelanggannya, Disini Koffie memanfaatkan fitur Loyalty Program dari Moka, di mana para pelanggannya dapat menjadi member tanpa memiliki kartu. Cukup dengan nomor telepon saja, mereka bisa mendapatkan reward setiap membeli produk yang ditawarkan kedai kopi ini.

 

2. Dua Coffee

hari kopi internasional

Kedai kopi yang satu ini berlokasi di daerah Jakarta Selatan tepatnya di Cipete. Dua Coffee merupakan salah satu dari sekian banyak kedai kopi di Jakarta Selatan yang selalu ramai dengan pengunjung. Kedai ini dibangun oleh dua sahabat yang menjadi co-owner-nya, yaitu Rinaldi Nurpratama dan Omar Karim.

Bagi mereka, dalam membangun bisnis apapun, masing-masing mitra harus lah memiliki kesamaan niat untuk menjalankannya. Kekompakan inilah yang dapat membawa Dua Coffee bertahan selama lebih dari dua tahun.

Baca Juga: Di Ulang Tahunnya yang ke-23, Chef Ini Sudah Sukses Berbisnis Makanan!

Selain itu, keramahan terhadap pengunjung juga jadi salah satu kunci kenapa banyak pelanggan yang mau untuk kembali ke sana. Kemudian berbicara soal namanya yang sederhana, nama ‘Dua’ ini muncul dari kerja sama yang dilakukan oleh Rinaldi dan Omar serta merefleksikan ‘doa’ dan ‘keinginan’ dalam Bahasa Arab.

 

3. Sana Studio

hari kopi internasional

Sana Studio adalah bukti bahwa sebuah brand dapat melakukan ekspansi bisnis ke sebuah bidang yang sama sekali berbeda. Bagi Anda yang belum tahu, Sana Studio merupakan sebuah klub kesehatan yang sering mengadakan kelas kebugaran seperti yoga dan zumba.

Bertempat di satu area dengan Sana Studio, Sana Coffee menyajikan ruangan terbuka yang mungil untuk tempat ngopi sekaligus dihiasi dengan beragam tanaman hijau yang menyegarkan. Tentunya jadi tempat nongkrong yang cukup asyik sembari melepas lelah sehabis olahraga di Sana Studio.

Baca Juga: Padukan Musik Cadas dan Restoran, Ini Rahasia Sukses Lawless Burgerbar

 

4. Lantai Bumi

hari kopi internasional

Lantai Bumi Coffee & Space merupakan sebuah kedai kopi unik yang bertempat di Jalan Pogung Baru, Yogyakarta. Kedai kopi ini dibangun oleh Dedy, mahasiswa kedokteran di Universitas Gadjah Mada, karena kecintaannya terhadap kopi. Ia belajar beragam teknik meracik kopi bersama-sama temannya. Ia pun sempat melakukan riset dan belajar ke beberapa negara, termasuk hingga ke Jepang dan Eropa.

Keunikan nama Lantai Bumi sendiri diambil karena memiliki filosofi bahwa kedai kopinya harus tetap merakyat meski terus berkembang. Lantai Bumi yang kerap dijadikan tempat nongkrong sekaligus belajar para mahasiswa Yogyakarta ini juga senantiasa menjaga kualitas produknya. Misalnya dengan melakukan quality control melalui proses kalibrasi setiap pagi, serta menjaga konsistensi dengan standarisasi yang dimiliki seperti memastikan berat tiap gram kopi setiap melakukan penggilingan.

Baca Juga: Michelle's Organic Corner, Penuhi Kebutuhan Bahan Makanan Sehat

 

5. Laju Kopi Cepat

hari kopi internasional

Jika Anda berpikir bahwa sistem drive-thru hanyalah milik restoran cepat saji semata, nampaknya Anda harus berpikir ulang. Para penikmat kopi di Yogyakarta kini bisa membeli kopi melalui kendaraan di sebuah kedai kopi bernama Laju. Berlokasi di Jalan Kaliurang, Yogyakarta, konsep drive-thru ini diusung untuk para pelanggan yang ingin pelayanan cepat. Proses pelayanannya sendiri hanya memakan waktu sekitar satu menit hingga kopi berada di tangan Anda.

 

6. Kopi Becak

hari kopi internasional

Meski terbilang baru, kedai kopi asal Surabaya ini boleh dibilang cukup ramai didatangi. Dimas, sebagai pemilik dari bisnis kopi ini mengaku terinspirasi dari keluarganya yang gemar minum kopi. Alasan mengapa kedai kopinya dinamakan Kopi Becak pun sederhana, yakni karena tukang becak yang kerap mangkal di depan toko ayahnya.

Tidak hanya sebatas namanya saja, di dalam kedainya pun terdapat becak yang sudah dimodifikasi sebagai tempat pijakan untuk mesin kopi yang ia miliki. Menghadirkan ornamen berupa becak juga jadi salah satu cara Dimas ingin membawa kearifan lokal hingga mendunia, selain dengan menggunakan bahan kopi lokal.

Baca Juga: Slice of Cali, Hadirkan Pizza a la New York dengan Cita Rasa Indonesia

 

7. Caturra Espresso

hari kopi internasional

Kedai kopi yang berada di Surabaya ini terbilang memiliki ruangan yang cukup besar hingga menampung lebih banyak orang. Uniknya, Caturra mengusung konsep kedai kopi yang cukup unik, yakni menggunakan alat-alat a la laboratorium.

Aksen putih yang menghiasi hampir di setiap sudut ruangan juga semakin membuat Anda serasa di sebuah laboraturium. Meski memiliki menu spesial berupa kopi, menu non kopi yang ditawarkan juga cukup variatif sehingga banyak para pelanggan yang juga betah berlama-lama di sana.

 

8. Karakter Kopi

hari kopi internasional

Karakter Kopi merupakan kedai kopi yang berada di Denpasar, Bali. Kedai kopi ini khusus menyajikan kopi Indonesia yang sebagian besar berasal dari Sulawesi. Uniknya, interior kedai kopi ini merupakan sebuah rumah panggung milik nenek dari pemilik Karakter Kopi, Muhammad Fitrawan Syah. Ia sengaja mendatangkan langsung rumah panggung tersebut ke kedai miliknya agar para pengunjung dapat merasakan warisan budaya Indonesia yang cukup kental.

Konsep yang ditawarkan pun agak sedikit berbeda dengan kedai kopi yang lain. Anda diharuskan untuk menaiki rumah panggung dan memesan langsung kopinya di meja kasir, Ya, para pelanggan tidak akan didatangi oleh para pelayan untuk memberikan menunya. Konsep self-service ini merupakan prinsip kekeluargaan yang ingin diterapkan Karakter Kopi dalam melayani pelanggannya.

Baca Juga: Utamakan Pelanggan dan Karyawan, Ini Rahasia Sukses Patriot Barbershop

Itulah tadi 8 kedai kopi terfavorit versi Moka. Tidak hanya menyajikan konsep yang unik, dari segi bisnis pun kedelapan kedai kopi ini cukup berkembang pesat hingga digemari oleh pelanggan dari berbagai macam kalangan.

Bagaimana dengan kedai kopi favorit Anda?

Baca juga kisah-kisah sukses para merchant lainnya untuk inspirasi berbisnis Anda!

linkedin