How-To Productivity BisnisLebihBaik

7 Inspirasi Menu Takjil Hemat & Kekinian untuk Bisnis di Bulan Ramadan

By Rani Mutiara Hati on May, 16 2019
Rani Mutiara Hati

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.

menu inspirasi takjil ramadanIbadah puasa di bulan Ramadan selalu identik dengan yang namanya takjil. Karena selama bulan Ramadan, paket makanan ini menjadi salah satu produk yang paling dicari untuk berbuka puasa. Hal ini tentunya menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, setiap tahunnya momen ini selalu dimanfaatkan untuk berjualan dan meraup untung yang cukup besar. Lalu, di 2019, menu takjil seperti apa sih yang hemat dan kekinian itu? Simak terus artikelnya ya.

Baca Juga: 14 Ide Bisnis Menguntungkan yang Bisa Anda Coba saat Ramadan

Tipikalnya, menu takjil dihidangkan berupa makanan dan minuman manis seperti buah kurma dan teh manis. Sebab rasa manis dan kandungan glukosa yang ada di dalamnya bisa membantu mengembalikan energi dengan cepat setelah seharian penuh berpuasa. Ada banyak jenis menu takjil yang sering dijumpai dan biasa dijual selama bulan Ramadan, dari minuman dingin seperti es sirup atau jus buah hingga makanan ringan seperti kue basah atau jajanan pasar.

Jika tertarik untuk berbisnis menu takjil, Anda bisa mulainya dengan menjual makanan yang sehat namun kekinian. Siapa tahu bisa jadi bisnis ini memiliki prospek yang menjanjikan, bukan saat bulan Ramadan saja. Selain tidak membosankan, menu takjil yang sehat dan kekinian dapat Anda jadikan tren memulai hidup sehat di bulan Ramadan. Oleh karena itu, mari simak daftar 7 sajian sehat dan kekinian berikut yang cocok menjadi inspirasi memulai bisnis menu takjil Anda di bulan Ramadan.

 

1. Smoothie Bowl

menu inspirasi takjil ramadan

Smoothie bowl sempat menjadi tren di salah satu sosial media karena cara penyajiannya dan presentasinya yang manis. Makanan sehat ini sendiri merupakan menu kudapan yang terbuat dari buah-buahan dan berbagai jenis sayuran yang disajikan dalam mangkuk yang ditata dengan indah. Selain segar untuk disantap saat berbuka puasa, menurut para ahli, semangkuk smoothie bowl dapat memenuhi kebutuhan buah dan sayur selama satu hari. Sehingga walaupun sedang berpuasa selama kurang lebih tiga belas jam, kita tidak perlu khawatir tubuh kita akan kekurangan nutrisi karena tidak mendapat asupan buah dan sayuran yang cukup.

Baca Juga: Berrywell, Makanan Sehat untuk Gaya Hidup Idaman Kaum Milenial

 

2. Press Juice

menu inspirasi takjil ramadan

Produk kuliner sehat selanjutnya yang bisa Anda jadikan takjil adalah press juice. Berbeda dengan jus pada umumnya yang diblender, minuman ini dibuat dengan cara menggiling buah atau sayuran, kemudian diperas hingga intisarinya keluar. teknik pemerasan seperti ini juga tidak menyisakan ampas buah yang terlalu banyak atua bahkan tidak ada sama sekali. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa, press juice juga bisa digunakan untuk membersihkan racun di dalam tubuh.

Baca Juga: Poke Mob, Bisnis Makanan Sehat yang Mengikuti Tren Kekinian

 

3. Kelapa Muda

menu inspirasi takjil ramadan

Kelapa muda menjadi pilihan paling mudah untuk melepaskan dahaga setelah seharian berpuasa. Kandungan air kelapa muda bisa mengembalikan ion tubuh yang hilang ketika berpuasa. Sebagai menu takjil, Anda bisa mencampurkan es ke dalam air kelapa agar terasa lebih segar dan Anda juga bisa menambahkan gula merah untuk rasa yang lebih manis. Selain itu, kelapa muda merupakan salah satu bahan yang mudah dipadukan dengan bahan lainnya. Oleh karena itu, kelapa muda bisa Anda jadikan sebagai bahan dasar atau tambahan untuk membuat jenis minuman lainnya seperti es campur atau coconut coffee.

Baca Juga: 5 Jenis Bisnis Kuliner Paling Dicari selama Bulan Ramadan

 

4. Sop Buah

menu inspirasi takjil ramadan

Untuk menu takjil yang satu ini, dari anak-anak sampai orang tua pasti mengetahuinya. Sop buah merupakan salah satu menu kudapan yang berbahan dasar buah-buahan. Untuk membuat sop buah, dibutuhkan banyak sekali jenis buah-buahan yang kemudian dipotong-potong dan lalu disiram dengan kuah sirup atau air gula. Saat ini, isian sop buah tidak hanya berupa buah-buahan saja, tetapi juga terdapat tambahan beberapa bahan lainnya seperti tapai, kolang kaling, dan agar-agar. Menu yang biasanya disantap sebagai hidangan penutup ini, selain cocok sebagai takjil, juga kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Michelle's Organic Corner, Penuhi Kebutuhan Bahan Makanan Sehat

 

5. Oats

menu inspirasi takjil ramadan

Oats memiliki kandungan yang kaya akan serat dan dapat membuat rasa kenyang lebih cepat. Hal ini bagus untuk dikonsumsi ketika melakukan diet. Memilih oats sebagai menu sajian berbuka puasa, merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang melaksanakan program diet. Selain itu, oats juga merupakan bahan yang sangat mudah dibuat dan dikombinasikan. Anda bisa menambahkan campuran buah-buah segar, madu, dan susu rendah lemak untuk mendapatkan rasa yang lebih beragam. Ada juga sajian oats lainnya, yaitu overnight oat jar dan havermut cookies. Keduanya merupakan sajian berbahan dasar oats.

Baca Juga: Chef Berumur 23 Tahun Ini Sudah Sukses Berbisnis Makanan

 

6. Salad

menu inspirasi takjil ramadan

Sayur dan buah kaya akan vitamin dan serat tentu adalah pilihan yang tidak salah untuk dijadikan takjil. Memilih sayur dan buah untuk takjil berbuka puasa dapat mengembalikan tenaga yang hilang. Dengan mengonsumsi sayur dan buah juga tidak akan membuat perut terasa begah, sehingga Anda bisa nyaman beribadah tarawih nantinya. Untuk inspirasi bisnis menu takjil Anda, selain dapat menyajikan menu salad dengan berbagai campuran, Anda juga bisa memberikan tampilan yang lebih menarik dengan membuatnya dalam bentuk roll atau wrapped, sehingga konsumen bisa lebih mudah dalam menikmatinya.

 

7. Kurma

menu inspirasi takjil ramadan

Kurma dapat menjadi pilihan menu buka puasa yang sehat dan praktis. Buah kurma menjadi sunnah Rasulullah untuk menu berbuka puasa karena buah ini menyimpan kandungan zat besi, gula alami, serat, dan mineral di dalamnya. Sebagai inspirasi untuk bisnis menu takjil, Anda bisa menjadikan buah kurma sebagai bahan dasar membuat aneka macam makanan dan minuman lain. Sebagai contoh Anda bisa membuat menu coklat kurma, kue nastar isi kurma, susu kurma, smoothie buah kurma dan lainnya.

Baca Juga: Harga Bahan Baku Melonjak Pas Ramadan? Tenang, Ini 5 Trik Mengelolanya

Bagaimana? Apakah Anda terinspirasi untuk memulai bisnis menu takjil hemat, sehat dan kekinian di atas? Jika iya, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat perencanaan dan menyiapkan modal. Manfaatkanlah momen di bulan Ramadan ini dengan sebaik-baiknya untuk memulai bisnis. Mungkin saja jika usaha jualan menu takjil yang Anda mulai ketika bulan Ramadan ini bisa membuka peluang bagi Anda untuk memiliki bisnis yang sukses kedepannya.

Semangat mencoba!

Unduh juga e-book terbaru kami tentang strategi memaksimalkan penjualan di bulan Ramadan.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia