Business Insight

Ini 10 Ide Bisnis yang Bisa Anda Manfaatkan saat Momen Hari Ibu

By Himawan Pradipta on December, 26 2018
Himawan Pradipta

Copywriter di Moka Indonesia.

Hari Ibu memang hari perayaan yang cukup unik. Sebab, hari itu bukanlah hari libur nasional, bukan pula hari raya keagamaan, namun mampu memiliki momentum yang cukup besar. Bagi Anda yang ingin menambah penghasilan sebelum akhir tahun, berbagai ide bisnis saat momen hari ibu tentu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu.

Namun begitu, sebagai pebisnis, Anda harus pandai membaca pasar secara jeli agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Beberapa contoh ide bisnis yang bisa Anda buka menjelang hari ibu adalah sebagai berikut:

 

1. Makanan siap santap

ide bisnis hari ibu

Ibu harus menghabiskan banyak waktu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Terkadang, sampai harus mengorbankan waktu senggangnya atau me time-nya untuk kepentingan keluarga. Apakah Anda menyadarinya? Kalau iya, pastinya Anda tahu kalau seorang Ibu akan terangkat salah satu bebannya bila menyajikan makanan ke meja keluarga dipermudah.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan momen hari ibu dengan menawarkan produk-produk makanan siap santap yang menggunakan bahan-bahan berkualitas. Anda juga bisa memasarkannya sebagai menu non-MSG untuk semakin memikat minat para ibu.

Baca Juga: Michelle's Organic Corner, Penuhi Kebutuhan Makanan Sehat

 

2. Pernak pernik rumah tangga

ide bisnis hari ibu

Seorang ibu pasti senang bila rumahnya tertata dengan rapi. Bahkan, ibu bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam hanya untuk menata ulang perabotan supaya rumah terasa lebih lapang dan terlihat lebih cantik. Selama proses penataan ini past seorang Ibu akan merasa kalau ada sesuatu yang kurang, yaitu pernak-pernik hiasan yang bisa jadi pajangan. Oleh karena itu, untuk menangkap animo tersebut, adakan promo barang-barang lucu yang sekiranya disenangi oleh para ibu.

Baca Juga: 23 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif untuk Dapatkan Pendapatan Pasif

 

3. Hiasan bunga

ide bisnis hari ibu

Selain pernak-pernik hiasan, banyak juga para ibu yang menyukai hiasan bunga plastik. Bunga-bunga dengan warna soft biasanya jadi teman yang tepat untuk mengisi meja yang kosong. Guci-guci yang ada di pojok ruangan pun jadi terasa lebih hidup bila ditambahkan hiasan bunga ini. Kalau Anda ingin menawarkan produk satu ini ke ibu-ibu, sebaiknya manfaatkan layanan iklan di Facebook dan Instagram. Sebab, dua media sosial ini sangat digemari oleh ibu-ibu zaman now.

Baca Juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

 

4. Bisnis pakaian

ide bisnis hari ibu

Di Hari Ibu, banyak anak yang ingin membalas jasa-jasa ibunya. Salah satunya adalah dengan memberikannya kado. Seorang anak pasti mencari kado yang tepat bagi ibunya di internet. Mengingat banyak dari milenial yang lebih memilih belanja online atas kemudahan yang ditawarkannya. Oleh karena itu, dirikan lah beberapa akun media sosial untuk memasarkan produk Anda, dan dirikan pula beberapa toko online di situs-situs marketplace. Jangan ragu untuk berlangganan Facebook Ads karena layanan satu ini sangatlah berpengaruh pada penjualan berbagai online shop yang telah sukses.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online untuk Pemula

 

5. Katering

ide bisnis hari ibu

Banyak keluarga yang akan memutuskan untuk mengadakan pesta guna merayakan momen Hari Ibu. Terlebih lagi apabila keluarga tersebut merupakan keluarga besar yang sudah terdiri dari tiga generasi. Sang ibu generasi pertama pastinya akan dihadiahi dengan pesta yang semarak, dengan mengumpulkan semua anggota keluarga. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda memulai bisnis katering Anda dengan menawarkan program khusus Hari Ibu. Dengan demikian, nama katering Anda akan lebih cepat diingat karena promo ini sangatlah unik.

Baca Juga: 7 Strategi Promosi yang Bisa Anda Terapkan di Hari Kemerdekaan

 

6. Menjual perlengkapan bayi

ide bisnis hari ibu

Bagi Anda yang memiliki teman, saudara, atau kerabat yang sudah menikah dan sudah mengandung, tentu ingin menghadiahi mereka dengan perlengkapan bayi bukan? Perlengkapan bayi jadi salah satu bisnis yang mudah berkembang karena setiap hari ada saja bayi yang lahir di dunia ini. Terlebih lagi masa pakai dari perlengkapan bayi yang sangat terbatas, sampai mendorong setiap orangtua untuk membeli yang baru. Momen Hari Ibu pun semakin meningkatkan permintaan akan perlengkapan bayi karena banyak orang baik yang menghadiahi sahabatnya yang sedang hamil atau baru melahirkan.

Baca Juga: 5 Tips Memanfaatkan Hari Libur untuk Meningkatkan Penjualan Anda

 

7. Jasa pembersih rumah

ide bisnis hari ibu

Hari Ibu seharusnya dinikmati bersama dengan keluarga. Artinya, hari spesial ini seharusnya dinikmati tanpa adanya beban dan tanggung jawab rumah tangga yang biasanya dipikul oleh seorang ibu. Salah satunya adalah beberes rumah. Nah, supaya masing-masing keluarga bisa merasakan momen spesial ini, Anda bisa menawarkan jasa membersihkan rumah. Tidak harus Anda pribadi yang melakukannya, karena Anda bisa bekerja sama dengan orang yang memang handal dalam melakukannya.

Baca Juga: Pie Susu Asli Enaaak, Bisnis Keluarga Pelopor Oleh-Oleh Terlaris di Bali

 

8. Aksesoris kerajinan tangan

Traditional Japanese red umbrella

Banyak anak yang ingin memberikan kado spesial kepada ibunya. Bisa berupa pakaian bisa juga berupa aksesoris yang semakin menunjang penampilan. Namun, apakah Anda akan mau memberikan kado biasa-biasa saja kepada orang yang spesial? Tentu tidak bukan? Begitu pula yang dirasakan oleh orang lain. Mereka ingin memberikan kado spesial yang mempunyai makna. Oleh karena itu, aksesoris kerajinan tangan merupakan pilihan yang tepat. Sebab, sang Ibu akan menerima kado yang terasa lebih eksklusif.

Baca Juga: Ruko Roxy Mas, Tampilkan Kerajinan dan Tenunan Bernuansa Indonesia

 

9. Toko Roti

ide bisnis hari ibu

Bagi orang yang merasa kalau sekadar kado itu belum cukup, pasti juga menginginkan adanya cake yang bisa dipersembahkan kepada sang ibunda. Baik itu berapa cake besar yang bisa dinikmati keluarga atau cupcake yang lucu dan lebih personal. Untuk menarik minat banyak pembeli, umumkan kalau Anda mengadakan promo hari ibu di akun instagram pribadi Anda. Supaya promo ini bisa langsung dilihat oleh orang-orang terdekat Anda. Jangan ragu untuk memberikan ke teman-teman Anda secara gratis dan meminta teman Anda mengunggah tanggapannya terhadap cake yang Anda buat di akun media sosialnya.

Baca Juga: Ezo Cheesecake & Bakery, Resep dari Jepang dengan Prospek Usaha Besar

 

10. Spa dan salon

ide bisnis hari ibu

Selain kado berupa barang, banyak pula orang yang ingin memberikan kado yang tak berwujud. Apalagi kalau bukan full body treatment. Rasanya hampir semua wanita bisa menikmati perawatan yang didapatkan di gerai salon dan spa. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengadakan promo khusus hari ibu, atau meresmikan gerai milik Anda bertepatan dengan hari ibu.

Baca Juga: Chillax Spa, Buah Mahakarya Selama 15 Tahun dari Pemiliknya

Itu dia 10 bisnis yang bisa laku keras di Hari Ibu. Sebenarnya bisnis apapun bisa mendulang keuntungan kalau bisa memanfaatkan momen dengan tepat. Namun, kesepuluh bisnis di atas merupakan yang paling dicari di Hari Ibu.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo berbisnis!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia