Business Insight COVID-19

10 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home

By Sintia Astarina on March, 19 2020
Sintia Astarina

Sr. Content Editor MOKA

10 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home - Banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan terkait fleksibilitas dalam bekerja, termasuk memperbolehkan karyawan untuk bekerja dari rumah alias work from home.

Work from home sendiri dipercaya dapat meningkatkan motivasi kerja dan kreativitas seseorang. Mungkin, suasana kantor yang begitu-begitu saja terasa membosankan. Dengan bekerja dari rumah, yang mana tentunya memiliki perbedaan suasana dan pemandangan, bisa menjadi penyegar bagi karyawan yang sedang suntuk.

Baca juga: 12 Keuntungan dan Kerugian Work From Home, Apa Saja?

Memang, work from home memiliki banyak keuntungan, baik dari segi perusahaan maupun karyawan. Namun, apabila bekerja dari rumah tidak dilakukan secara bertanggung jawab, hati-hati kerugiannya akan menjadi lebih banyak.

Adakah cara untuk meningkatkan produktivitas saat work from home? Jawabannya, ya. Untuk itu, silakan simak artikel berikut ini, terutama untuk Anda yang lebih senang bekerja dari rumah daripada di kantor.

 

10 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home

1. Bangun pagi seperti biasa

meningkatkan produktivitas saat work from home (2)

Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas saat work from home adalah bangun pagi seperti biasa. Bekerja dari rumah bukan berarti Anda bisa bangun siang dan bermalas-malasan. Mari pikirkan skenario berikut ini. Biasanya Anda bangun pukul 6 pagi dan berangkat pukul 7 dengan harapan bisa sampai di kantor sebelum pukul 9.

Baca juga: 9 Tips Jika Ingin Resign untuk Membangun Bisnis Online

Ketika bekerja dari rumah, Anda tetap bisa bangun pagi pukul 6 atau 7. Kemudian, awalilah kegiatan pagi Anda dengan hal-hal yang bisa menambah motivasi kerja, misalnya minum kopi atau teh hangat, membaca koran atau berita online, bermeditasi, dan sebagainya.

Persiapkan diri Anda terlebih dahulu untuk bekerja supaya otak dan badan Anda lebih siap.


2. Mandi dan berpakaian rapi

meningkatkan produktivitas saat work from home - mandi

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan supaya work from home menjadi lebih efektif adalah... mandi (dan tentu saja menggunakan sabun anti bakteri untuk membersihkan badan). Ya, sama halnya ketika Anda hendak berangkat ke kantor.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat jika Anda mandi di pagi hari, meski hanya beraktivitas di rumah saja.

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di tengah merebaknya wabah corona, menjaga imunitas tubuh sangatlah penting. Jika perlu, mandilah dengan air dingin supaya kadar sel darah putih bisa meningkat. Sel darah putih dapat memberikan ketahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.
  • Mengatasi depresi. Pekerjaan kantor yang menumpuk membuat stres? Bekerja di rumah bikin bosan? Yuk, atasi hal tersebut dengan mandi pagi. Salah satu manfaat mandi adalah memperlancar aliran oksigen ke selutuh tubuh yang mana dapat membantu untuk mengurangi stres.
  • Memperlancar sirkulasi darah. Selalu merasa segat sehabis mandi? Ya, kesegaran tersebut akan membuat tubuh Anda lebih terjaga. Mandi air dingin akan mempercepat peredaran darah ke selutuh tubuh sehingga sirkulasi darah akan lebih lancar.
  • Mengurangi risiko darah tinggi. Karena sirkulasi udara dalam tubuh lebih lancar, Anda pun juga bisa terhindar dari risiko darah tinggi.

Setelah mandi, kenakanlah pakaian bersih dan wangi. Bila perlu, Anda juga bisa mengenakan pakaian kantor Anda supaya feel-nya tidak berbeda ketika sedang work from home. Ya, meningkatkan produktivitas saat work from home tidak sulit, kan?


3. Jangan lupa sarapan dan makan siang

sarapan nasi goreng

Sebelum beraktivitas, ada baiknya Anda sarapan terlebih dahulu. Dengan sarapan, Anda bisa mendapatkan energi lebih untuk beraktivitas sepanjang hari, menjaga konsentrasi selama bekerja, menyegarkan otak, menyehatkan tubuh, serta menambah nutrisi yang Anda perlukan.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona, Pebisnis Wajib Tahu!

Kemudian, jangan lupa juga untuk makan siang, ya. Tak jauh berbeda dengan sarapan, makan siang dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi, menambah vitamin, melepas stres yang membebani, dan Anda pun bisa mencukupi kebutuhan gizi.

Sedikit tips, hindari makan siang sambil bekerja, ya! Anda pasti butuh untuk meregangkan otot (setidaknya berjalan dari ruang kerja ke ruang makan) dan butuh pemandangan baru juga, kan?


4. Buat To Do List

meningkatkan produktivitas saat work from home (1)

Setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan dengan deadline mepet dapat Anda cegah dengan membuat daftar pekerjaan. Daftar pekerjaan ini dapat Anda lakukan di pagi hari atau satu hari sebelumnya.

Baca juga: Slack, Tools untuk Komunikasi Bisnis yang Lebih Efisien

Susunlah daftar pekerjaan tersebut berdasarkan prioritas dan deadline-nya sehingga Anda bisa menyelesaikan semuanya dengan maksimal dan tepat waktu. Bagaimana cara membuat To Do List? Anda bisa membuatnya secara manual di kertas, mencatat di notes laptop, atau menggunakan aplikasi To Do List.

Di bawah ini adalah contoh To Do List sederhana yang bisa Anda tiru:

No. Tasks Deadline Priority
1. Membuat E-book Peluang Bisnis 2020 19 Maret 2020 High
2. Membuat E-book Tren Media Sosial 2020 20 Maret 2020 High
3. Menulis artikel "7 Cara Mencegah Virus Corona" 26 Maret 2020 Medium
4. Posting video Nasi Goreng Simongol di Instagram 30 Maret 2020 Low

5. Siapkan koneksi internet yang stabil

cloud computing - teknologi

Tak dimungkiri, salah satu kerugian bekerja dari rumah yang harus dihadapi adalah Anda harus menyiapkan koneksi internet yang stabil. Internet yang stabil akan membantu Anda untuk lebih produktif, juga menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan dengan cepat.

Selain menggunakan Wi-Fi di rumah, Anda juga bisa tethering internet dari ponsel Anda. Ya... sudah pasti akan memakan banyak kuota, sih. Namun, demi kelancaran seluruh pekerjaan, berkorban selama bekerja dari rumah tidak masalah, kan?


6. Bersihkan meja kerja

meningkatkan produktivitas saat work from home - meja harus rapi

Demi meningkatkan produktivitas saat work from home, coba deh bersihkan meja kerja Anda. Buang barang-barang yang tidak diperlukan, seperti kertas yang berserakan. Kemudian, atur meja dan berikan space yang cukup untuk menaruh laptop, mouse, atau catatan Anda. Gunakanlah kursi yang nyaman agar Anda betah duduk berlama-lama. 

Baca juga: 25 Ide Bisnis Online dan Offline Buat Tambah Cuan 2020

Pastikan ruang kerja Anda cukup terang dan bila perlu, siapkan hal-hal mendukung yang dapat memotivasi Anda untuk bekerja dari rumah.

Misalnya, speaker untuk memainkan musik-musik kesukaan, aromaterapi untuk menambah semangat kerja, makanan dan minuman untuk mengatasi rasa lapar, dan sebagainya.

7. Rajin cek kalender untuk mengetahui jadwal meeting

meningkatkan produktivitas saat work from home - bekerja dari rumah (1)

Bekerja dari rumah bukan berarti tidak dapat meeting jarak jauh, Maka dari itu, demi meningkatkan produktivitas saat work from home, jangan lupa untuk mengecek kalender secara rutin untuk mengetahui apakah pada hari itu Anda memiliki jadwal meeting. Entah dengan rekan kerja, klien, partner, dan seterusnya. Bila perlu, masukan jadwal meeting tersebut di To Do List Anda supaya tidak lupa.

Nah, ketika sedang bekerja dari rumah, adakah tools yang bisa digunakan untuk meeting jarak jauh? Tentu saja. Anda bisa memanfaatkan Zoom atau Google Hangouts. Atau bila kepepet, menggunakan WhatsApp Video Call juga bisa.


8. Tetap lakukan aktivitas fisik 2 jam sekali

meningkatkan produktivitas saat work from home - bekerja dari rumah - stretching

Sebagian orang merasa bekerja dari rumah dapat membuat mereka sungguh produktif. Sampai-sampai, mereka tidak sadar sudah duduk berjam-jam di laptop lamanya, tanpa minum, tanpa melakukan aktivitas fisik? Apa implikasinya? Selain dehidrasi, otot-otot Anda juga bisa kaku.

Pada dasarnya, seseorang bisa fokus pada pekerjaan yang dikerjakan selama 1,5-2 jam saja. Setelah itu, seseorang butuh 15-20 menit untuk istirahat sejenak untuk mengisi tenaga kembali supaya pekerjaan selanjutnya bisa diselesaikan dengan lebih baik.

 
Maka dari itu, dibandingkan duduk di depan laptop selama 9 jam sehari, lebih baik Anda membagi waktu Anda, di mana Anda bisa melakukkan aktivitas fisik 2 jam sekali.
 
Apa aktivitas fisik yang bisa dilakukan? Misalnya, berjalan-jalan mengitari seisi rumah, mengambil atau mengisi ulang botol minum Anda, atau stretching.

9. Tidak korupsi waktu kerja

Aplikasi Pembukuan Online dapat menghemat waktu

Dibanding bekerja di kantor, bekerja dari rumah rasanya lebih bebas dan fleksibel. Akan tetapi, tentu saja para karyawan harus bertanggung jawab dalam menjalani pekerjaannya.

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Kasir Excel untuk Segala Jenis Bisnis

Lebih baik Anda mengoptimalkan 8-9 jam kerja di rumah dengan maksimal, yakni dengan tidak melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan. Misalnya, menonton film, tidur-tiduran sampai ketiduran, jalan-jalan di mal, dan sebagainya.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik perusahaan dan karyawan saling bekerja sama dalam memantau pekerjaan masing-masing. Dengan begitu, meningkatkan produktivitas saat work from home tidak akan terasa sulit.

10. Ponsel dan kanal komunikasi lainnya aktif

meningkatkan produktivitas saat work from home - bekerja dari rumah (3)

Cara lain untuk meningkatkan produktivitas saat work from home adalah Anda tetap harus standby. Pastikan ponsel dan kanal komunikasi lainnya aktif untuk menunjukkan bahwa Anda memang sedang bekerja, responsif, dan dapat diandalkan.

Nah, itulah dia 10 cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan produktivitas saat work from home. Kalau Anda sendiri, lebih suka bekerja di kantor atau bekerja dari rumah? Mana yang lebih efektif untuk Anda?

Baca juga:

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia