Business Insight

9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok

By Samina Sharanani on June, 15 2020
Samina Sharanani

A word crafter

9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok - TikTok adalah platform sharing video singkat yang sebelumnya mempunyai nama Musical.ly. Platform media sosial ini ramai digunakan untuk upload konten kreatif yang menghibur seperti mengikuti challenge yang sedang viral, menari, bernyanyi, lipsync lagu, akting, tutorial makeup, dan banyak kreasi lainnya.

Baca juga: 15 Rekomendasi Akun TikTok tentang Bisnis dan Keuangan

Kini, aplikasi dengan 800 juta pengguna aktif ini menjadi salah satu sumber video dan meme viral terbesar di internet. Tingginya minat dan cepatnya persebaran konten dari TikTok ke seluruh platform media sosial ini menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia marketing online.

Apakah bisnis online Anda termasuk yang cocok untuk tingkatkan penjualan di TikTok? Yuk, simak strateginya berikut ini!


Perlukah Bisnis Anda Punya Akun TikTok?

15 Rekomendasi Akun TikTok tentang Bisnis dan Keuangan

Sebelum memutuskan untuk membuat akun bisnis TikTok, cari tahu terlebih dahulu tentang media aplikasi TikTok itu sendiri. Meski pengguna aktif TikTok sudah ratusan juta di seluruh dunia dan punya jaminan meningkatkan brand awareness, Anda perlu tahu karakteristik dan perilaku penggunanya.

Informasi tentang seperti apa karakter dan rentang usia pengguna akan membantu Anda menentukan apakah produk atau jasa Anda cocok untuk dipasarkan di TikTok. Hingga saat ini, TikTok didominasi oleh pengguna berusia 16-24 tahun.

Baca juga: Mau Uang Tambahan? Ini 7 Tips Bisnis Online untuk Anak Muda

Nah, apakah produk atau jasa bisnis online Anda memiliki target marketing dalam rentang usia tersebut? Jika iya, Anda bisa mulai tentukan strategi dengan matang.

Namun, jika Anda memang sedang menjangkau konsumen lebih luas dapat melakukan peningkatan penjualan dengan TikTok. Sudah banyak brand-brand yang mulai memasang iklan di TikTok dan cukup berhasil menyita perhatian para konsumennya.


9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok

1. Gunakan hashtag yang sesuai

hashtag-1

Ini dia cara pertama untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Konten video TikTok bergantung pada hashtag untuk katalog dan pencarian sesuai judul. Melalui menu Discover, video akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang trending. Penggunaan hashtag ini akan membantu Anda meluaskan penyebaran konten pemasaran bisnis.

Baca juga: 11 Akun YouTube untuk Belajar Bisnis Online Gratis

Dengan persebaran yang luas, semakin tinggi juga kemungkinan penambahan angka followers. Melalui hashtag, Anda juga bisa melihat dan menentukan kompetitor Anda. Namun, Anda perlu hindari hashtag yang terlalu umum dan populer. Penggunaan hashtag populer akan membuat konten Anda terkubur.

Lebih baik gunakan hashtag spesifik dan tidak terlalu populer agar konten bisnis Anda mendapat spotlight. Pilihlah hashtag yang relevan saja, jangan gunakan hashtag terlalu banyak seperti di Instagram. Lalu, tambahkan hashtag #fyp agar muncul di halaman depan pengguna.


2. Ikuti tren di TikTok dan buat konten seru

tren media sosial 2020 - augemented reality

Selalu pantau tren apa yang sedang ramai dicoba oleh pengguna. Namun, seperti tren internet lainnya, tren hashtag TikTok juga berubah dengan cepat.

Maka dari itu, Anda harus tetap update dengan semua perubahannya. Jadikan setiap konten yang ada sebagai inspirasi untuk membuat sesuatu yang kreatif dan relevan dengan tren. Adaptasikan ciri khas bisnis online Anda dalam setiap kontennya, jangan hanya meniru.

Buatlah versi atau bahkan trend baru yang khas dan unik dari brand bisnis online Anda. Konten yang menarik otomatis akan menarik banyak calon pelanggan baru yang datang dan meng-klik tombol follow akun bisnis online Anda.


3. Kolaborasi dengan influencer TikTok

influencer

Bangun hubungan baik dengan influencer yang punya audience sesuai target market Anda menjadi cara lain untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Namun jangan lupa untuk terus bangun reputasi dengan konten berkualitas. Ajak influencer untuk share dan buat review produk atau jasa usaha Anda.

Sebelum memilih influencer, Anda perlu menganalisis audience dari influencers tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah audience influencer ini cocok dengan target pemasaran produk Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online Hingga Sukses bagi Pemula

Akan lebih baik lagi jika memang influencers pilihan Anda adalah orang yang sudah lama menggunakan produk Anda. Setelah itu, beri pointers konten yang jelas kepada mereka, berikan juga kebebasan influencer dalam cara mengemas kreasi konten supaya sesuai selera followers mereka. Pengguna lebih tertarik dengan originalitas, meskipun kualitas kurang baik, reviewnya lebih terpercaya.


4. Buat hashtag challenge

tiktok - media sosial

Hashtag merupakan fitur primadona dari TikTok. Penggunaan hashtag sangat populer digunakan untuk menebar konten sesuai dengan topik, tema, dan ketertarikan pengguna.

Membuat hashtag challenge merupakan cara efektif untuk menambah engagement dan brand awareness bisnis online Anda. Buatlah hashtag yang catchy, mudah diingat, dan relevan dengan brand Anda.

Tuangkan kreativitas Anda dan buatlah challenge seru serta mudah diikuti oleh pengguna TikTok. Pengguna TikTok sangat antusias dalam mengikuti challenge seru dan mengupload hasil kreasinya. Selain review produk, Anda juga bisa ajak influencers untuk mengikuti challenge buatan Anda supaya followers-nya juga tertarik untuk ikut challenge tersebut.


5. Post komentar dan ajak penonton untuk komentar di post Anda

tren media sosial 2020 (1)

Kehadiran dan aktivitas akun TikTok Anda akan membantu akun tetap hidup dan mudah dicari oleh target pemasaran Anda. Media TikTok mendukung yang namanya frequent user engagement.

Semakin banyak interaksi yang dilakukan, semakin baik bagi akun dan citra brand bisnis online Anda. Salah satu caranya adalah dengan posting komentar.

Baca juga: Praktekan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

Bangun percakapan di kolom komentar dengan calon konsumen Anda. TikTok mengurutkan komentar berdasarkan jumlah likes. Maka dari itu, pikirkan dengan matang komentar Anda supaya percakapan tetap menarik dan bermakna.

Anda juga bisa post komentar di video konsumen yang membahas produk Anda. Buatlah komentar dengan tulus, menarik, dan sesuai dengan persona brand bisnis online Anda.


6. Sering posting video

tiktok - video

Selain sering berinteraksi dengan followers, Anda juga bisa meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok Anda dengan sering membuat posting. TikTok memberi penghargaan bagi akun yang sering buat konten di akunnya. Semakin banyak posting dengan beragam topik dan hashtag, semakin luas juga persebaran konten Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Toko Online untuk Pebisnis Pemula

Siapkan setidaknya dua konten setiap harinya. Agar pembuatan konten lebih mudah dan terkontrol, sebelum posting Anda bisa buat editorial content plan serinci mungkin dan sesuai dengan intensitas posting yang Anda inginkan.


7. Gunakan efek video yang tersedia

membuat video di tiktok

Dengan jutaan pengguna di dalamnya, pengguna TikTok perlu kreativitas tinggi untuk menampilkan kontennya dengan baik. Begitu pula dengan akun bisnis online Anda.

Supaya membaur dengan pengguna TikTok lainnya, buatlah konten yang memanfaatkan fasilitas efek dari TikTok. Anda bisa klik tab Effects dan cek macam-macam kategorinya seperti trending, new, interactive, editing, beauty, funny, world, animal, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Business Plan dan Apa Manfaatnya Bagi Usaha Anda?

TikTok juga punya efek green screen yang cukup populer digunakan di berbagai postingan viral. Berkreasilah dengan efek yang ada di TikTok, siapa tau Anda bisa menciptakan tren baru yang mudah diikuti pengguna.


8. Buat video menarik dengan description yang jelas

Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim  (7)

Seperti Instagram, TikTok mempunyai batas durasi video maksimal 1 menit. Durasi terbatas ini perlu Anda manfaatkan dengan baik, jangan hanya buat posting video iklan saja. Sampaikan nilai-nilai tertentu dalam tiap konten supaya menarik dan diminati target pemasaran Anda.

Misalkan, cara memaksimal penggunaan produk Anda, informasi tentang kreasi yang bisa dicoba pengguna, keuntungan yang didapat dalam menggunakan produk, dan lain sebagainya. Buat juga deskripsi video yang jelas dan sesuai dengan aturan SEO.

Baca juga: Strategi Promosi Penjualan Toko Online untuk Pebisnis Pemula

Gunakan kata kunci yang penting dan relevan dalam kalimat yang ringkas, baik, dan benar. Hal ini dilakukan agar konten dan produk yang sedang Anda pasarkan dapat ditemukan dengan mudah.

Anda juga bisa posting ulang video dari akun bisnis Anda di media sosial lain. Sesuaikan durasi dan pastikan konten Anda cocok dengan audience di TikTok.


9. Pasang iklan

marketing plan - Pelajaran Berharga soal COVID-19

Ini dia strategi lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. TikTok juga mempunyai sistem periklanan formal. Jadi Anda bisa memasang iklan dengan mudah.

Beberapa jenis iklan yang disediakan TikTok di antaranya adalah, Pre-roll ads atau iklan video yang muncul setelah buka aplikasi, In-feed ads yang muncul di tengah feed akun, Promoted hashtag challenges atau video promosi hashtag tertentu, dan Branded effects yang menyediakan filter yang dapat menampilkan informasi brand tertentu.

Dengan berbagai macam fitur iklan ini, Anda bisa berkreasi sesuai dengan tren dan fasilitas yang ada. Buatlah iklan yang tidak hanya mencuri perhatian penonton, tapi juga membangun keinginan penonton untuk coba gunakan produk atau jasa Anda.

Baca juga: 7 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Memiliki strategi merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalani bisnis. Begitu pula dengan meningkatkan penjualan bisnis online melalui TikTok. Segalanya perlu Anda pertimbangkan dan disesuaikan dengan target pemasaran Anda. Kenali juga perilaku pelanggan Anda dan apa saja yang sedang mereka butuhkan saat ini.

Supaya Anda bisa lebih fokus mengamati pelanggan, bisnis Anda perlu dibantu dengan aplikasi kasir terintegrasi seperti Moka POS. Dengan Moka, Anda tidak perlu pusing dengan catatan bisnis yang berceceran. Semua tercatat rapi dan siap untuk Anda jadikan referensi strategi bisnis Anda ke depannya. Mau tahu informasinya lebih lanjut? Mau coba pakai Moka gratis selama 14 hari?

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia