Business Insight

5 Tips Jitu Mengatasi Modal Minim, Pasti Berhasil!

By Moka on September, 8 2020

5 Tips Jitu Mengatasi Modal Minim, Pasti Berhasil! - Salah satu hal yang seringkali menjadi kendala selama merintis usaha adalah kepemilikan modal yang sangat minim.

Tidak sedikit calon pengusaha yang justru gagal dan berhenti di tengah jalan karena kendala terbatasnya modal. Padahal tidak seharusnya keterbatasan modal ini menjadi kendala cukup berarti untuk mengembangkan usaha. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati modal minim yang Anda miliki.

5 Tips Jitu Mengatasi Modal Minim, Pasti Berhasil!

1. Pola pikir wirausaha

stratagi bisnis - mengambil peluang bisnis - Mengatasi Modal Minim

Ini dia tips mengatasi modal minim yang pertama. Merintis usaha mandiri tidak hanya berkaitan dengan jiwa entrepreneur yang sudah terpendam cukup lama. Minat pada usaha mandiri yang Anda miliki tidak cukup untuk menunjang kerja keras Anda membangun usaha.

Karena minat ini harus ditunjang dengan banyak hal lainnya untuk memastikan bisnis yang Anda rintis dapat berkembang dan meraih kesuksesan. Memiliki pola pikir wirausaha atau entrepreneurship akan menjadikan Anda lebih kuat membangun usaha.

Baca juga: Seberapa Penting Modal Usaha untuk Bisnis Anda?

Pola pikir entrepreneurship sangat penting bagi calon pengusaha yang baru merintis bisnisnya. Minat wirausaha yang Anda miliki harus ditunjang dengan pola pikir yang sama sehingga Anda dapat bertahan selama merintis usaha.

Terutama saat modal usaha yang Anda miliki sangat terbatas, pola pikir entrepreneurship ini akan membantu Anda lebih fokus menghadapi tantangan dan perlahan-lahan mengembangkan usaha.


2. Antara rencana dan mitra bisnis

menjalin kerja sama dalam bisnis - Mengapa Usaha Anda Perlu Status Hukum dan Apa Manfaatnya?

Pola pikir entrepreneurship akan memastikan Anda tidak memulai bisnis dengan modal kosong. Dengan kata lain, Anda tidak akan memulai suatu bisnis jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bidang usaha yang Anda bangun.

Seseorang dengan pola pikir entrepreneur akan memastikan memiliki rencana bisnis yang matang sebelum memulai bisnis. Rencana bisnis ini berisi analisis mendalam mengenai strategi mengembangkan bisnis.

Baca juga: 9 Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

Seseorang dengan pola pikir entrepreneur akan mencari cara terbaik untuk memastikan bisnisnya dapat berjalan meski memiliki modal terbatas. Salah satu langkah yang ditempuhnya adalah dengan mencari mitra bisnis.

Memilih mitra bisnis juga tidak dapat dilakukan sembarangan. Mitra bisnis dengan minat yang sama saja tidak cukup. Anda harus memastikan mitra tersebut berprospek cukup baik untuk membantu membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Dengan demikian, modal minim pun tak jadi masalah.


3. Bekerja paruh waktu hingga investasi

investasi - performa bisnis 1

Memiliki modal yang minim tidak berarti akhir dari mimpi Anda untuk membangun bisnis mandiri. Seeorang dengan pola pikir entrepreneur akan menjadikan kepemilikan modal yang minim sebagai tantangan yang harus diatasi. Anda dapat menyiasatinya dengan bekerja paruh waktu.

Baca juga: Ingin Sukses Mendapatkan Pinjaman Modal? Berikut Ini 7 Langkah Praktisnya

Tidak sedikit calon pengusaha baru yang merintis usaha dengan tidak meninggalkan pekerjaan utama. Dengan demikian, dari pekerjaan utama tersebut, Anda bisa mendapatkan kucuran modal.

Modal minim selama merintis usaha juga dapat diatasi dengan menjalankan investasi yang dilakukan pada usaha Anda. Anda dapat menambah modal dengan menjalankan investasi dari para investor yang tertarik dengan prospek keuntungan bisnis yang Anda rintis.

Tentunya investor yang harus Anda pilih adalah investor terpercaya yang mampu menilai bisnis Anda. Dengan investasi ini Anda dapat menambah modal sehingga bisnis dapat berkembang dan sukses.


4. Fokus mulai dari yang ada

seorang pengusaha yang sedang menjalankan bisnis rumahan (2)

Terbatasnya modal usaha lebih banyak membuat calon pengusaha gagal merintis usaha. Hal ini dapat dimaklumi mengingat ada banyak kebutuhan yang harus diwujudkan sehingga usaha dapat mulai dirintis.

Padahal, kepemilikan modal yang kecil tidak berpengaruh cukup banyak dalam membangun sebuah usaha. Dengan pola pikir entrepreneur yang Anda miliki, cobalah untuk fokus memulai bisnis dengan modal yang ada.

Baca juga: 11 Cara Mencari Modal untuk Bisnis Mahasiswa

Beberapa calon pengusaha justru gagal memulai bisnisnya hanya karena terbatasnya modal uang untuk membangun atau menyewa tempat usaha. Padahal kondisi tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan garasi di rumah sebagai tempat usaha.

Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat toko online. Di toko online ini, Anda tidak memerlukan tempat tetap tetap dapat menjalankan usaha sekaligus melakukan promosi.

Sudah mencoba tips mengatasi modal minim yang satu ini?


5. Mengajukan pendanaan kala modal minim

modal bisnis 1 - Mengatasi Modal Minim

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi modal minim selama merintis usaha adalah dengan mengajukan pinjaman modal usaha. Cara ini dapat dikatakan sebagai jalan pintas untuk Anda para pemilik usaha yang membutuhkan tambahan modal usaha dengan cepat dan praktis.

Baca juga : Moka Capital, Solusi Mudah Pinjaman Online

Ada banyak penyedia pinjaman modal usaha yang tidak memerlukan agunan, misalnya Moka Capital. Dua produk utama yang bisa menjadi pilihan Anda ialah

a. Moka Capital Lending: Anda bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp2 miliar dari mitra institusi finansial yang telah dimonitor dan diregulasi OJK.

b. Moka Capital Investment menawarkan modal usaha dari investor lewat sistem equity crowdfunding.

Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Moka Capital dan bagaimana pendanaan ini dapat bermanfaat dengan maksimal untuk usaha Anda, silakan kunjungi halaman ini atau klik banner di bawah.

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia